Band Metal Cadas dari Timur Tengah

Band Metal Cadas dari Timur Tengah

  • By:
  • Sabtu, 22 May 2021
  • 83 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sebuah film dokumenter tentang musik dan band metal pernah digarap oleh Sam Dunn dan Scot McFadyen berjudul Global Metal. Pada film yang dirilis 2007 ini, Sam dan tim produksinya berkeliling ke 7 negara seperti Brasil, Jepang, India, China, Indonesia, Israel, dan Dubai (karena mereka gagal mendapat visa Iran).

Film tersebut digarap oleh Sam untuk menunjukkan bahwa musik metal sudah menyebar ke seluruh dunia, termasuk juga di timur tengah. Satu dekade lebih berlalu, skena metal, khususnya di dunia maya, diramaikan dengan musik yang dirilis oleh band metalcore asal Iran, Out of Nowhere.

Band metal dari timur tengah ini merilis lagu dan video klip berjudul Blind Crow di YouTube pada April lalu dan mendapat atensi cukup besar. Namun, Out of Nowhere sebetulnya bukan anak kemarin di skena metal timur tengah.

Sulitnya akses musik metal masuk ke negara-negara di timur tengah menjadi alasan band metal dari sana tak banyak terdengar. Larangan keras terhadap musik metal yang dianggap memiliki lirik kasar menjadi alasan band metal dari timur tengah tak bisa menunjukkan eksistensinya.

Kini dengan kemajuan teknologi dan kemudahan hadirnya internet, membikin band metal dari timur tengah macam Out of Nowhere bisa memperdengarkan musik mereka ke dunia. Loudwire sebagai media musik cadas, mewawancarai band ini untuk mengenal band metal dari timur tengah yang tak banyak orang atau metalhead ketahui.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by CalibreBand (@calibre.band)

Band Metal: Calibre (Iran)

Menurut Out of Nowhere Calibre merupakan salah satu band metal paling banyak diputar atau didengarkan di Iran. Band metal ini digarap oleh vokalis mereka sendiri, Amin, dengan menghadirkan penulisan lagu dan kualitas yang dianggap bagus. Calibre disebut memiliki campuran yang seimbang antara metalcore dan deathcore.

Band Metal: Nex Carnis (Iran)

Disebutkan bahwa Nex Carnis merupakan band metal yang unik dari Iran. Lagu mereka berkisar dari ketukan ledakan yang berat kemudian disusul tempo rendah dengan nuansa doom metal. Out of Nowhere menyarankan para metalhead untuk mendengarkan lagu dari band metal ini berjudul Darkened Rites of Existence.

Band Metal: Phenomy (Lebanon)

Memiliki kualitas musik yang mumpuni sekaligus menyampaikan pesan di balik lagu-lagunya, Phenomy disebut sebagai salah satu band metal timur tengah (Lebanon) terbaik menurut Out of Nowhere. Salah satu lagu mereka berjudul "The Mute, The Deaf, The Blind", digambarkan sebagai lagu yang mengisahkan bagaimana media mengatur perilaku orang-orang.

Band Metal: Coast of Arms (Qatar dan UEA)

Memiliki anggota dari Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA), Coast of Arms menjadi band metal pilihan Out of Nowhere selanjutnya. Memiliki akar metalcore dan djent, Coast of Arms disebut sebagai salah satu band metal dengan penulisan lirik terbaik.

Band Metal: Smouldering in Forgotten (Bahrain)

Tidak banyak yang mengetahui bahwa band metal ini sudah berdiri sejak 2005. Menurut Out of Nowhere, Smouldering in Forgotten adalah salah satu band metal/death metal paling berpengaruh di timur tengah.

Band Metal: Creative Waste (Arab Saudi)

Creative Waste yang menjadi salah satu narasumber di film Global Metal masuk ke dalam daftar band metal pilihan Out of Nowhere. Aktif sejak 1999, mereka adalah band pertama yang memainkan konser metal di Arab Saudi.

Bahkan media besar macam The Atlantic pernah mengulas eksistensi Creative Waste sebagai satu-satunya band grindcore di Arab Saudi. Fawaz Al Shawaf, vokalis Creative Waste, menceritakan bahwa Arab Saudi pernah punya kancah musik metal yang dinamis. Setidaknya ada sekitar 30 band metal di pertengahan 2000-an.

Akhirnya band metal dari timur tengah, khususnya Saudi memilih untuk mengerjakan musiknya di luar negeri. Creative Waste, misalkan. Mereka mengontak promotor musik di New York dan berhasil manggung di Manhattan dan Maryland pada 2010 dan 2011. Creative Waste bahkan pada 2020 lalu baru saja merilis album anyar bertajuk Condemned.

Band Metal: Kimaera (Lebanon)

Untuk daftar band metal dari timur tengah selanjutnya, Out of Nowhere memilih Kimaera. Band metal dari Lebanon ini tercatat sudah berdiri sejak 2000 dengan mengusung musik oriental metal, doom metal, hingga death metal dengan nada gothic bergema melalui selingan melodi biola, piano, dan sesekali vokal wanita.

Hingga kini band metal yang didirikan oleh Jean-Pierre Haddad ini sudah merilis tiga album studio dan tercatat pernah tampil di Eropa pada 2010 di festival Masters of Rock di Republik Ceko.

 

Image source: Metal injection

0 COMMENTS