bandcamp

Bandcamp Fridays Akan Terus Dijalankan Sepanjang Tahun 2020

  • By: NND
  • Selasa, 28 July 2020
  • 68322 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Karena pandemi, banyak musisi yang tidak bisa tampil dan tur. Menyikapi kehilangan pendapatan para musisi tersebut, Bandcamp memulai sejumlah penggalangan dana bulanan.

Sudah beberapa bulan selama pandemi menghambat industri musik, sekarang ia dikenal sebagai “Bandcamp Fridays”--hari di mana retailer musik digital tersebut memberikan keutuhan pendapatan dari setiap penjualan kepada para musisi dan label.

Sekarang, telah diumumkan bahwa Bandcamp akan menjalankan “Bandcamp Fridays” ini sepanjang tahun 2020.

Merekam jejak, perubahan mendadak terkait industri musik karena pandemi ini mendorong Bandcamp untuk mulai menjalankan Bandcamp Fridays. Penggalangan pertama dimulai pada bulan Maret kemarin, dan hasilnya memuaskan. Bandcamp berhasil mengumpulkan $4.3 juta untuk para musisi dalam sehari, melalui 800.000 keping penjualan.

Setelah itu, Bandcamp Friday pun dilanjutkan pada tanggal 1 Mei 2020 yang berhasil menghasilkan $7.1 juta hanya dalam satu hari. Penggalangan dana juga terus dijalankan pada tanggal 5 Juni dan 3 Juli 2020.

Penggalangan dana ini dijalankan untuk mendorong pembelian dan membantu musisi yang kesusahan selama pandemi. Banyak musisi yang menyajikan rilisan eksklusif untuk Bandcamp Fridays, mulai dari materi tak tayang, arsip-arsip, album akustik, album live, hingga materi baru. Beberapa juga turun dan menjual merch mereka.

Kali ini Bandcamp memutuskan untuk membuka penggalangan dana tersebut selama tahun 2020. Pada tanggal 23 Juli, mereka mengumumkan lima tanggal baru untuk Bandcamp Fridays. Mereka juga mengumumkan bahwa lebih dari $20 juta berhasil disalurkan kepada musisi dan label semenjak Maret 2020.

“Melalui empat Bandcamp Fridays, fans telah menyumbang lebih dari $20 juta dari kantong mereka masing-masing kepada para musisi dan label. Kita akan terus melakukannya sepanjang tahun 2020,” ujar mereka, dilansir dari Altpress.

Untuk lima tanggal berikutnya, Bandcamp Fridays akan diadakan pada 7 Agustus, 4 September, 2 Oktober, 6 November dan 4 Desember 2020.

Apa pendapat kalian terkait perpanjangan Bandcamp Fridays ini? Tulis di kolom komentar di bawah ini, ya!

0 COMMENTS