Beastie Boys Lelang Memorabilia untuk Kegiatan Amal

Beastie Boys Lelang Memorabilia untuk Kegiatan Amal

  • By:
  • Minggu, 28 February 2021
  • 117 Views
  • 1 Likes
  • 3 Shares

Beastie Boys menandai hadirnya tahun 2021 dengan kegiatan berbagi. Unit rap rock asal New York Amerika Serikat tersebut melelang beberapa barang berharga termasuk memorabilia Beastie Boys untuk kegiatan amal.

Hal ini dilakukan oleh pentolan Beastie Boys Mike D. Dalam unggahan di akun Instagram resminya, Mike D mengumumkan pelelangan memorabilia dari Beastie Boys termasuk plakat penjualan platinum dan Penghargaan Video Musik dari MTV untuk klip dari lagu Intergalactic.

Selama perjalanan kariernya, Beastie Boys meraih tujuh plakat platinum dari periode 1986 hingga 2004. Catatan ini menjadikan Beastie Boys sebagai grup hip hop paling langgeng di dunia sekaligus salah satu yang paling sukses tentu saja.

Dengan catatan tersebut, Beastie Boys masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2012. Sementara untuk piala penghargaan dari MTV Awards diraih pada 1999 dari single Intergalactic. Single ini sendiri berasal dari album studio kelima Beastie Boys, Hello Nasty, yang rilis pada 1998.

Album ini juga memberi Beastie Boys sukses besar dalam perjalanannya. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya dua penghargaan Grammy Awards pada 1999. Pertama Beastie Boys meraih penghargaan Best Alternative Music Album, yang kedua Best Rap Performance by a Duo or Group.

Adapun, penghargaan MTV Awards itu sendiri selama ini berada di ibu Mike D, Hester Diamond. Mike D mengaku memang selalu memberikan plakat atau penghargaan yang didapatkannya bersama Beastie Boys kepada sang ibu, hingga akhirnya pada 2020 lalu ibunya meninggal dunia.

"Apa kabar? Terasa agak aneh untuk mengunggah hal ini, tetapi pada saat yang sama akan terasa salah jika saya tidak member itahu Anda sebelumnya. Saya tidak pernah merasa nyaman memegang atau melihat penghargaan yang kami (Beastie Boys) selama bertahun-tahun," tulis Mike D.

"Namun, jangan salah paham dulu. Saya menghargai penghargaan-penghargaan itu, meski ini bukan sesuatu yang perlu saya lihat. Saya akan selalu memberikannya kepada ibu saya setiap kali penghargaan itu didapatkan dan dia sangat senang memilikinya," jelas sang pentolan Beastie Boys.

"Sayangnya, dia meninggal tahun lalu. Dia sosok yang sangat luar biasa, tetapi itu cerita lain. Jadi, kami menjual beberapa barang yang dia punya. Saya tahu semua penghargaan itu cukup mahal dan mungkin Anda tidak terlalu berminat memilikinya. Namun, semua dana yang didapatkan akan disumbangkan ke Good Eats, sebuah badan amal yang memberikan makanan untuk anak-anak yang membutuhkan di New York dan sekitarnya."

Good Eats sendiri memiliki program menyediakan makanan gratis di akhir pekan untuk anak-anak yang mengalami kerawanan pangan. Nah, selain "hadiah" dari Mike D, ibu dari Mike D juga memiliki koleksi seni pribadi yang sangat banyak dengan nilai 30 juta USD dan telah dilelang akhir tahun lalu.

Menilik situs Sotheby's sebagai tempat melelang memorabilia Beastie Boys, terdapat 14 barang yang dilelang. Pertama adalah plakat dari RIAA pada 1987 untuk penjualan album debut Beastie Boys pada 1986 bertajuk Licensed to Ill. Album ini juga menjadi album rap pertama yang bisa memuncaki tangga lagu Billboard.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Mike D (@miked)

Ada pula plakat Emas RIAA yang diraih Beastie Boys atas suksesnya penjualan album kedua mereka pada 1989 bertajuk Paul's Boutique. Masih dari album yang sama, Beastie Boys juga meraih plakat platinum dari RIAA yang juga dilelang.

Kesuksesan Beastie Boys dalam berkarier bisa dilihat dari daftar barang yang dilelang berikutnya yaitu plakat platinum untuk album studio keempat mereka, Ill Communication yang rilis pada 1994. Selain plakat penghargaan, Beastie Boys juga melelang beberapa barang unik lainnya.

Salah satunya adalah action figure Beastie Boys dari video musik Don't Play No Game That I Can't Win yang dirilis pada 2011. Semua barang yang dilelang oleh Beastie Boys dipatok dengan harga variatif, mulai dari 1000 USD hingga 10.000 USD.

Berbicara tentang action figure yang dilelang oleh Beastie Boys untuk video musik Don't Play No Game That I Can't Win berasal dari album terakhir mereka di tahun 2011, Hot Sauce Committee Part Two. Satu tahun setelah itu, Adam MCA Yauch meninggal dunia akibat kanker di usia 47 tahun.

Sejak meninggalnya MCA, Beastie Boys vakum dan pada 2014 Mike D menyebut bahwa dirinya bersama satu anggota lainnya, AD Rock, tidak akan membuat musik dengan nama Beastie Boys lagi.

Pada 2019 lalu, Beastie Boys merilis ulang empat album klasik mereka dalam format piringan hitam berwarna. Piringan hitam berwarna berukuran 180 gram dari album-album Paul’s Boutique ( 1989), Ill Communication (1994), Root Down EP (1995) dan To The 5 Boroughs (2004) itu mendarat pada tanggal 4 Oktober 2019.

Piringan hitam seberat 180 gram ini dirilis ulang dalam beberapa versi berbeda. Paul’s Boutique dirilis dalam warna ungu/violet, Ill Communication dengan versi perak untuk merayakan ulang tahun ke-25 dan piringan hitam To The 5 Boroughs dalam piringan hitam biru sebagai perayaan ulang tahun ke-15.

Adam Ad-Rock dan Mike D kini menjalani karier personal masing-masing. Adam Horovitz menikah dengan musisi sekaligus musisi/tokoh feminis, Kathleen Hanna. Belakangan dirinya juga diberitakan kembali fokus memulihkan kesehatan dengan alat bantu medis untuk mengatasi penyakit kejang tonik-klonik yang sudah dideritanya sejak 2003 silam.

Sedangkan Mike D kini fokus sebagai DJ yang malang melintang di beberapa festival besar dunia seperti Riot Fest hingga Pukkelpop. Ad-Rock dan Mike D sempat kembali bertemu dalam sebuah panel diskusi bersama Nathan Brackett dari Amazon Music di gelaran SXSW bulan Maret 2019.

0 COMMENTS