Beavis and Butt-Head, Duo Berandalan Favorit Anak Nongkrong MTV 90-an

  • By: OGP
  • Rabu, 14 March 2018
  • 3658 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Bagi penikmat musik yang tumbuh besar pada dekade 90-an, tentu akrab dengan tokoh kartun ikonis Beavis and Butt-Head. Serial televisi berdurasi pendek ciptaan Mike Judge itu pertama kali tayang di saluran MTV pada 8 Maret 1993, dan sempat menjadi tayangan andalan favorit pemirsa. Tontonan dewasa ini sukses menuai atensi para penonton, khususnya kalangan remaja. Bahkan sejak perdana ditayangkan, serial ini telah menarik jutaan pemirsa.

Selama masa penayangannya, Beavis and Butt-Head telah menyentuh delapan musim, dengan menorehkan sebanyak 222 episode. Selain dalam format serial televisi, Beavis and Butt-Head juga sempat muncul dalam film layar lebar berjudul Beavis and Butt-Head Do America (1996).

Beavis and Butt-Head menceritakan tentang kisah keseharian dua remaja slengean bernama Beavis dan Butt-Head. Keduanya merupakan pencinta musik rock sejati. Bisa dilihat dari kaus yang mereka kenakan sehari-hari. Beavis yang selalu menggunakan kaus berwarna biru bertuliskan Metallica, sementara itu Butt-Head setia memakai kaus berlogo AC/DC.

Layaknya para remaja pada umumnya, mereka juga doyan menghabiskan waktu dengan menonton televisi, gemar bolos sekolah, berbuat onar, sampai saling menampilkan tingkah-tingkah konyol. Namun di balik hal-hal ‘negatif’ tersebut, tampaknya Mike Judge ingin mengkritik sosial lewat pesan humor yang dipasangnya pada duo karakter ikonisnya itu.

Tak seperti kartun pada umumnya, Beavis and Butt-Head kerap menyelipkan unsur satire dan muatan rock n’ roll yang kentara ke dalam plot cerita mereka. Sang kreator juga menampilkan adegan yang jadi ciri khas mereka, di mana karakter Beavis dan Butt-Head sedang menonton video klip musik di televisi, sembari memberikan komentar tajam dan absurd pada video klip itu.

Paralel antara dunia Beavis and Butt-Head dan musik rock merupakan benang merah dalam cerita. Berbagai deretan band lintas genre kena ocehan duo remaja tersebut. Di antaranya adalah Ramones, Motörhead, AC/DC, Metallica, Alice in Chains, Beastie Boys, Green Day, Foo Fighters hingga Radiohead tak luput disemprot.

Awalnya karakter fiksi Beavis dan Butt-Head diciptakan Judge pada tahun 1992 untuk film pendek miliknya berjudul Frog Baseball (1992). Film itu diikutsertakan dalam ajang Sick and Twisted Festival of Animation, yang kemudian ditayangkan oleh Liquid Television. Namun melihat animo dan peluang yang besar pada karyanya itu, Judge mantap untuk menayangkan secara khusus Beavis and Butt-Head ke dalam format serial kartun.

Kendati demikian, tayangan Beavis and Butt-Head sempat dikecam berbagai pihak, lantaran memicu seorang anak kecil berusia lima tahun untuk membakar rumahnya sendiri di Moraine, Ohio, AS pada Oktober 1993. Karena insiden ini, MTV terpaksa harus menarik episode tersebut, serta menyensor dan mengganti kata yang diucapkan oleh Beavis, “Fire! Fire!” menjadi “Liar! Liar!”

Pada 2011 lalu, serial Beavis and Butt-Head kembali tayang di layar kaca setelah 13 tahun vakum. Animo penggemar pun tak surut, meski telah memasuki dekade 2000-an. Serial kartun ini mampu menarik 3,3 juta penonton selama penayangan perdananya dalam waktu seminggu.

0 COMMENTS

Info Terkait