Benarkah Program SOUNDCLOUD Premier Berpotensi Rugikan Musisi?

  • By: EA
  • Senin, 29 October 2018
  • 1070 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Saat pertama kali dilepas, versi beta SoundCloud Premier yang awalnya dilepas sejak tahun 2014 kini telah terbuka untuk semua pengguna yang telah berlanggalan. Namun, seperti dilansir dari The Verge, program ini justru berpotensi merugikan musisi dan band independen pengguna SoundCloud Premier.

Hal ini dikarenakan program tersebut berpotensi “mendorong musisi untuk menyetujui kerjasama tertutup dengan tanggal pembayaran ambigu serta persentasi pembayaran yang bisa berubah kapan saja.”

SoundCloud Premier juga mengharuskan musisi dan band untuk menyerahkan hak mereka dalam menuntut SoundCloud apabila terjadi sengketa. Hal ini mengakibatkan hilangnya ruang negosiasi dalam perjanjian kontrak SoundCloud Premier.

Menurut juru bicara SoundCloud, Sheri Ladner, program ini “memberlakukan pembagian keuntungan sebesar 55% dan pembayaran royalti bulanan 45 hari setelah pembukuan untuk para kreator”, dan “hak cipta serta hak untuk mencabut diri dari program kapan saja ada di tangan para kreator.”

Sementara di sisi lain, kontrak SoundCloud Premier menyatakan bahwa perusahaan ini “dapat tiap saat, tanpa potensi kerugian apapun, mengubah atau menghentikan program monetisasi SoundCloud Premier.” Selain itu, SoundCloud juga dapat “mengubah, memodifikasi atau memungut biaya yang berhubungan dengan program ini, atau menawarkan kesempatan bagi beberapa atau semua partisipan program.”

Walaupun kontrak program ini menyatakan akan membayar musisi dan band selama 45 hari setelah periode akunting, SoundCloud tidak akan membayar mereka setelah mereka mengakumulasi pendapatan setidaknya 100 USD. “SoundCloud akan menghitung Pendapatan Net Bulanan Anda menurut basis penghitungan bulanan, caturwulan atau periode lain.”

Dengan persaingan yang ketat, ada banyak cara untuk musisi mempromosikan karya mereka. Namun di era jasa musik streaming yang terus maju, apakah musisi indie akan segera meninggalkan platform musik ini? Atau SoundCloud akan mengubah prasyarat tersebut?  

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
1349 views
superbuzz
1303 views
superbuzz
1078 views
superbuzz
1184 views