Benson Amps, Amplifier Handmade Bertenaga Klasik

Benson Amps, Amplifier Handmade Bertenaga Klasik

  • By:
  • Rabu, 12 May 2021
  • 77 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Amplifier gitar atau bass memang jadi komponen yang penting demi melancarkan aktivitas bermusik kalian, Superfriends. Sudah banyak juga kehadiran amplifier yang dijual secara massal untuk memenuhi kebutuhan para musisi. Namun, terkadang kalian akan membutuhkan waktu lama untuk melakukan penyesuaian pada amplifier yang dimiliki dalam menentukan kualitas dan karakteristik sound yang sesuai. Benson Amps milik Chris Benson mencoba untuk menghilangkan proses tersebut dengan menawarkan amplifier yang dirancang secara handmade, sehingga saat memesan amplifier yang diinginkan, kalian juga bisa sekaligus memberi arahan mengenai karakteristik suara yang diinginkan.

Awalnya, bermain dengan papan sirkuit elektronik dari amplifier hanya merupakan pekerjaan sambilan saja bagi Chris Benson. Sebelum mendirikan Benson Amps, Chris Benson memilih untuk memiliki penghasilan tambahan dengan cara membuka reparasi dan modifikasi skala kecil untuk amplifier. Chris Benson mengakui bahwa dirinya tidak punya ilmu dasar tentang elemen elektronik yang ada di dalam amplifier. Ilmu tersebut dirinya dapatkan dari menonton video yang ada di Youtube. Merasa ada prospek usaha yang cukup baik di dalam aktivitas tersebut, akhirnya Chris Benson mencoba untuk magang di sebuah bengkel custom amplifier yang cukup terkenal di kawasan Seattle, Verellen Amps. Keahlian Chris Benson dalam melakukan reparasi dan modifikasi amplifier pun diakui oleh pemilik Verellen Amps dan tidak lama akhirnya Chris Benson menjadi salah satu teknisi terbaik di dalam perusahaan tersebut. Selain itu, Chris Benson juga pernah bekerja untuk Old Town Music di kota Portland.

Chris Benson mengakui bahwa dirinya orang yang tidak bisa terlalu lama diam. Ketika aktivitas di tempat kerja sedang tidak terlalu padat, Chris Benson sering kali mengambil papan sirkuit bekas untuk dimodifikasi. Papan sirkuit tersebut jadi sebuah proyek personal yang terus dilakukan dan dikembangkan oleh Chris Benson. Akhirnya dari papan sirkuit elektronik, Chris Benson bisa membuat beberapa amplifier purwarupa untuk Benson Amps. Purwarupa atau prototype yang dimiliki Benson Amps saat pertama kali tercipta adalah Monarch, Tall Bird reverb, dan Gnostic bass amp. Agar tidak merugi, Chris Benson hanya mengerjakan ketiga amplifier ciptaannya jika ada pesanan langsung. Garasi di rumahnya disulap jadi workshop kala Chris Benson pertama kali mendirikan Benson Amps. 

Dalam menjalankan Benson Amps, Chris Benson menyatakan bahwa dirinya cukup sering melakukan refleksi terhadap dirinya sendiri. Chris Benson mengakui, meskipun dianggap sebagai builder dan founder untuk Benson Amps, dirinya tetaplah seorang musisi yang gemar membuat hal-hal baru. Chris Benson cukup terobsesi dengan suara dan musik. Menurutnya, segala bentuk elemen musik merupakan sebuah inspirasi valid bagi dirinya untuk terus menjalankan Benson Amps sebagai model bisnis yang baik. 

Jika dirinya sedang tidak bisa membuat musik, Chris Benson memilih untuk mengulik amplifier dan papan sirkuit elektronik yang dimilikinya demi mendapatkan karakter suara unik dan khas agar jadi pembeda di pasaran. Menurutnya, jika hasil karya tangan di Benson Amps dapat membantu para musisi lainnya untuk berkarya, Chris Benson merasa hal tersebut sudah cukup untuk membuat hatinya senang. Chris Benson juga dikenal sebagai sosok yang sangat peduli dengan kualitasnya. Ada kalanya Chris Benson tidak mau mengurangi spesifikasi atau kualitas komponen yang disematkan ke dalam produk Benson Amps. Maka, kalian mungkin bisa menemukan beberapa harga amplifier Benson Amps dengan banderol yang cukup tinggi, Superfriends. Berada di dalam kategori pasar butik, cukup menguntungkan bagi Benson Amps, karena Chris Benson bisa membanderol harga sesuai dengan perhitungannya dan masih ada yang mau membeli meskipun mahal. 

Chris Benson juga sering menginformasikan kepada pelanggan yang baru mengenal Benson Amps. Chris Benson merancang produk-produk Benson Amps bukan sebagai produk kloning dari amplifier yang lebih dulu terkenal dan banyak peminatnya. Namun, semaksimal mungkin Benson Amps merancang amplifier-nya untuk dapat menghasilkan karakteristik suara yang klasik. Karakteristik suara tersebut juga dimaksimalkan dengan desainnya yang dibuat selaras dengan napas klasik nan minimalis. Chris Benson juga menganjurkan agar para pembelinya bisa melakukan perbandingan secara mandiri mengenai kualitas yang ditawarkan dengan amplifier klasik milik mereka sebelumnya. Chris Benson akan menjamin kualitas suara yang diinginkan oleh pelanggannya bisa mencapai ekspektasi yang diberikan. Keyakinan tersebut datang karena Benson Amps dirancang secara handmade

Casing yang terbuat dari kayu dikerjakan oleh pihak Benson Amps dengan lini produksi tersendiri. Rangka amplifier rancangan Benson Amps juga menggunakan aluminium tingkat tinggi yang tidak hanya ringan namun juga mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut diperlukan karena Benson Amps menginginkan produknya juga dapat digunakan sebagai amplifier untuk tur dan konser besar. Selain itu, hanya ada beberapa orang saja termasuk Chris Benson yang dapat merangkai kelistrikan yang dibutuhkan dalam produk Benson Amps. Dengan kata lain, Benson Amps memang dikerjakan dengan attention to detail tingkat tinggi dengan waktu pengerjaan selama 16 jam untuk satu buah amplifier. Untuk nama-nama musisi yang menggunakan Benson Amps di antaranya adalah David Bazan, and Chris Funk dan Colin Meloy dari The Decemberists, Nathan Junior (The Dandy Warhols, M. Ward, Fruit Bats), hingga musisi rock bonafit, Ryan Adams.

Chris Benson juga menjelaskan bahwa saat ini Benson Amps pun tetap melakukan inovasi. Chris Benson berharap bahwa dalam beberapa waktu ke depan, perusahaan amplifier miliknya dapat menghadirkan amplifier dengan spesifikasi watt kecil namun memiliki suara yang cukup untuk mengakomodasi ruangan gig. Tidak hanya itu, Benson Amps juga dikabarkan akan merancang sebuah amplifier hybrid untuk mengamplifikasi suara direct channel lebih bertenaga dan berkarakter.

Image courtesy of Benson Amps

0 COMMENTS