Pusakata

Bercerita Melalui Musik, Pusakata Rilis 'Dua Buku'

  • By: NND
  • Kamis, 1 August 2019
  • 395 Views
  • 5 Likes
  • 3 Shares

Pusakata—proyek solo Mohammad Istiqamah Djamad, yang akrab disapa Is (eks-Payung Teduh), baru-baru ini telah merilis album debut bertajuk Dua Buku.

Dua Buku dirilis dalam format dua CD, dan merupakan persembahannya bagi para penggemar musik-musiknya. Melalui siaran pers, Is mengaku ini adala album yang  disusun bermodalkan cinta, semangat dan hasrat bermusik.

Dibantu squad The Panganans, yaitu Ronald Fristianto (drum), Denny Chasmala (gitar), Adhitya Pratama (bass), Eugen Bounty (klarinet) dan Sadrach Lukas (keyboard dan synth), Pusakata berhasil menyelesaikan 8 lagu yang dikemas ke dalam Buku Dua (disc 2). Sedangkan, Buku Satu (disc 1) berisi empat lagu yang semuanya dikerjakan oleh Pusakata.

Peluncuran album Pusakata menyusul empat single yang telah rilis lebih dulu, “Cemas”, “Kehabisan Kata”, “Jalan Pulang” dan “Kumpul Famili dan Teman”. Bersamaan dengan peluncuran Dua Buku, Pusakata serentak melepas single keempat dan terakhir, “Kita”.

Dalam penggarapanya, Pusakata—sebagai penulis lagu—juga merangkap sebagai eksekutif produser. Dua Buku dapat disebut sebagai album yang memajang musik sejuk tanpa gagasan yang terlalu rumit.

Dua Buku juga mengemban narasi berupa kumpulan jurnal perjalanan Pusakata selama beberapa tahun. Kembali ke kampung halaman dan berkeliling Indonesia, Pusakata menulis banyak kisah sekaligus kegundahan yang kemudian disusun menjadi Dua Buku.

Dalam Dua Buku, banyak cerita yang muncul ke permukaan. Sebagai contoh, ada “Cemas” yang memotret kegundahan anak-anak lintas daerah. Ada pula “Jalan Pulang” berisi perkara aktualisasi diri—sebuah perenungan mengingat rumah, mencari jalan dan melangkah pulang.

Sedangkan “Kehabisan Kata” diadaptasi dari naskah karya Agnes Purwanti (istri Is) yang mengisahkan kehidupan di kota besar. Lalu “Kumpul Famili dan Teman” justru berbeda dengan “Jalan Pulang”, karena lebih menitikberatkan topik keluarga.

Album debut dari Puskata, Dua Buku, sudah bisa didengarkan di layanan streaming dan musik digital. Kalian juga bisa mendengarkannya di bawah ini:

1 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    khas banget musiknya

Info Terkait

superbuzz
312 views
superbuzz
300 views
supershow
233 views
superbuzz
186 views