billie joe armstrong

Billie Joe Armstrong Beberkan Rahasia Sound Album ‘Dookie’

  • By: YAS
  • Rabu, 31 July 2019
  • 522 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

Beberapa waktu lalu, pentolan punk rockers Green Day, Billie Joe Armstrong membeberkan sebuah rahasia penting dari album fenomenal Dookie.

Billy Joe tak sungkan membagi resep kepada para penggemarnya tentang sebuah pedal signature Dookie Drive hasil kerjasama Green Day dengan merek pedal ternama MXR.

“Menurutku suara gitar di album Dookie dan Insomniac terdengar sangat berat,” jelasnya. Dan terangnya lagi, band-band di dekade 70-an juga memberi pengaruh besar saat Green Day mengerjakan album Dookie. “Kami tumbuh dengan mendengarkan The Ramones, Bob Mould dari Hüsker Dü, dan Sex Pistols. Hal-hal tersebut menjadi sesuatu yang tertanam di kepalaku, selalu mencari tone yang tepat dan suara terbaik untuk musik rock.”

Pedal MXR Dookie Drive sendiri dibuat sebagai bentuk perayaan 25 tahun kelahiran album Dookie. Menurut Jim Dunlop USA, pedal ini merangkum suara gitar Billy Joe yang dibentuk dari dua ampli ke dalam satu pedal saja, yang tentunya dapat dikreasikan sesuai selera masing-masing dalam balutan sound khas milik Dookie.

“Jika ada satu hal yang kalian dengar di album Dookie, aku bisa mengatakan bahwa hal tersebut adalah ‘Dookie sound’ yang ada di bagian awal sebuah lagu, tapi saat kami ingin terdengar lebih keras lagi, kami mengubahnya.

Kalian bisa mendengarnya dengan jelas seperti di lagu “She”. Saat verses mulai dimainkan dan lagu memasuki chorus maka terdengar suara gitar yang berat dengan distorsi yang masuk di tengahnya. Itu adalah semacam percobaan untuk mengubah suara yang berisik, menjadi jauh lebih berisik,” tukas Billy Joe.

Bagi para penggemar Green Day, khususnya album Dookie, yang berminat memiliki pedal MXR Dookie Drive ini, produk tersebut kini sudah terjual bebas di pasaran. Dipatok dengan harga mulai dari US$210 atau sekitar Rp 2,9 juta.

0 COMMENTS

Info Terkait

supernoize
838 views
superbuzz
454 views
superbuzz
379 views
superbuzz
645 views
superbuzz
1398 views
superbuzz
1141 views