Black Dice Umumkan Album Baru Setelah 9 Tahun

Black Dice Umumkan Album Baru Setelah 9 Tahun

  • By:
  • Kamis, 22 July 2021
  • 149 Views
  • 0 Likes
  • 18 Shares

Lama tak terdengar kabarnya, Black Dice akhirnya kembali menyapa para penggemarnya di tahun 2021. Tak tanggung-tanggung, grup musik eksperimental ambient yang sudah aktif sejak 1997 tersebut mengumumkan sebuah album baru.

Ini akan menjadi album baru dari Black Dice setelah 9 tahun lamanya. Terakhir kali band yang kini digawangi oleh Bjorn Copeland, Eric Copeland, dan Aaron Warren itu merilis album hadir pada 2012 dengan tajuk Mr. Impossible.

Adapun, album baru dari Black Dice nanti akan diberi tajuk Mod Prog Sic. Rencananya album ini akan resmi dilepas ke pasaran pada 1 Oktober mendatang melalui Four Four Records (label baru mantan kepala label DFA Jonathan Galkin).

Untuk para penggemar Black Dice sudah bisa melakukan pre-order album baru ini, sementara itu sambil menunggu tanggal perilisannya lagu baru dari album ini telah dilepas Black Dice berjudul White Sugar.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Black Dice (@bd_echobro)

Tracklist album Mod Prog Sic dari Black Dice:

01 Bad Bet

02 Tuned Out

03 Swinging

04 Scramblehead

05 White Sugar

06 Plasma

07 Big Chip

08 All the Way

09 Scramblehead II

10 Jocko

11 Downward Arrow

12 Scramblehead III.

Black Dice sendiri merupakan band musik eksperimental yang saat ini berbasis di Brooklyn, New York. Pada awal perjalanannya, mereka mengusung musik hardcore punk dan noise rock, namun arah musik mereka berkembang menjadi lebih luas dengan memasukkan unsur unit efek dan instrumentasi elektronik.

Berubahnya arah musik Black Dice tidak terlepas dari kepindahan mereka ke New York pada 1998 karena Eric Copeland berkuliah di sana. 4 tahun berlalu Black Dice kemudian merilis album debut mereka bertajuk Beaches and Canyons melalui DFA/Fat Cat Records.

Setelah itu Black Dice merilis album kedua bertajuk Creature Comforts yang membawa mereka menuju panggung lebih besar dan atensi lebih luas. Di tahun 2004, Black Dice berpisah dengah drummer mereka, Hisham Bharoocha. 

Meski begitu, Black Dice tetap bisa merampungkan proses perekaman album ketiga mereka bertajuk Broken Ear Record pada 2005. Tanpa drummer, musik mereka beralih ke Afrobeat dan breakbeat. Ini menjadi fase kesekian Black Dice kembali bermetamorfosis.

Setelah kontrak mereka dengan DFA/Fat Cat berakhir, Black Dice mengambil bahan dari DFA yang tersisa pada tahun 2007 dan merilisnya sebagai album keempat bertajuk Load Blown melalui label Animal Collective Paw Tracks. Bersama label ini, Black Dice di tahun 2009 juga merilis album studio kelima mereka berjudul Repo.

Cukup lama Black Dice mengambil jeda untuk merilis album baru setelah itu. Mereka baru mengeluarkan album keenam, Mr. Impossible, pada April 2012. Berjarak sekitar 3 tahun dari album sebelumnya. Mereka juga merilisnya melalui label yang berbeda, Ribbon Music.

Sebelum mengumumkan album baru atau album ketujuhnya, Black Dice sebetulnya sudah beberapa kali merilis single secara eceran. Ambil contoh yang terbaru single berjudul Big Deal yang akhirnya dijadikan tajuk dari EP mereka pada 2017. Kemudian pada 2019 lalu, Black Dice juga merilis kompilasi dari karya-karya lawas mereka dalam sebuah karya bertajuk Natty Light.

Image source: (Gary Wolstenholme/Redferns via Pitchfork)

0 COMMENTS