black midi

black midi, Eksperimentasi Rock Tanpa Batas dari Empat Pemuda Inggris

  • By: NND
  • Kamis, 13 February 2020
  • 3142 Views
  • 3 Likes
  • 3 Shares

black midi adalah sebuah unit eksperimental/noise/post-punk/math rock asal Inggris yang berhasil menjadi sensasi baru di penghujung dekade lalu. Kuartet pemuda asal sekolah seni kenamaan Inggris, The BRIT School ini mampu mengeterpretasikan ulang musik rock dengan ekspretimentasi far-out berkarakter kuat.

Sebelum memasuki musik Black Midi yang terbentang luas, band ini merupakan kumpulan sosok misterius. Begitu jadinya, karena mereka kerap menghindari sorotan media, enggan diwawancara. Keputusan itulah yang mungkin juga berpengaruh kepada status kultusan mereka; itu, dan penampilan live jempolan. Intens, liar, seekor "binatang baru" bagi para penonton.

Album debut mereka, Schlagenheim, rilis di pertengahan tahun 2019 lalu. Album ini mendorong kencang nama mereka yang sudah ngebut berkat konsistensi aksi panggung yang menjanjikan. Sebelumnya? Hanya hype yang dilanjutkan dari mulut ke mulut, misterius. Namun, lepas dari selubung misteri Black Midi, ada satu hal yang bisa dengan aman dipastikan: eksperimentasi mereka dalam bermusik memang patut diapresiasi.

Formasi black midi diisi kuartet Geordie Greep (gitar-vokal), Matt Kwasniewki-Kelvin (gitar-vokal), Cameron Picton (bass), dan Morgan Simpson (drums). Keempatnya terbilang cukup muda, tapi di balik instrumen usia tidak lagi menjadi batasan, serupa musik mereka yang sangat anti limitasi.

black midi adalah grup live, pengalaman black midi yang asli adalah dengan menyimaknya di atas panggung. Mengapa? Saat tampil, mereka liar seakan berjudi di setiap celahnya.  Improvisasi-improvisasi yang terdengar penuh resiko tapi selalu sedap, atau chemistry akurasi tingkat tinggi yang memperkuat unsur math rock. Distorsi meracau juga jadi santapan black midi, distorsi melipir noise, terkesan art rock, tak jarang juga menampar terus terang dengan galak.

Album debut yang rilis langsung menjadi sebuah terobosan yang sensasional. Di dalam repertoar sembilan nomor itu, mereka mampu mengemas aksi panggung yang intens ke dalam sebuah rilisan studio. Unsur organik dan energi tersalurkan secara tepat, menjadikan Schlagenheim tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Waspada dengan single-nya, bertajuk “bmbmbm,” yang membuka ruang bagi vokal Greep yang merapalkan mantra “she moves with a purpose” di atas dialog sebuah film horror, dengan permainan gitar dan gebukan drum bermutu “legendaris” dari drummer Simpson. Sudah siap? Dengarkan single-nya di bawah ini. Ingat, you have been warned!

0 COMMENTS