Blur, The Magic Whip (2015) Album Beraroma Tropis dengan Kenelangsaan

  • By: Lana Syahbani
  • Selasa, 18 August 2015
  • 1459 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

We were making sounds that were not particularly Blur sounds in this very un-Blur city in a very un-Blur studio”. Kalimat singkat Graham Coxon yang ia katakan pada sebuah wawancara memang cukup mendeskripsikan seperti apa kesan yang didapat ketika mendengarkan The Magic Whip. Jauh dari tanah kelahiran di mana mereka melahirkan karya-karya musik Britpop unggulan, Blur menggarap materi album ke-delapan mereka di Hong Kong, dengan fasilitas seadanya.

Lonesome Street” menjadi track pembuka dengan groove malas yang diwarnai melodi stakato dari Damon Albarn pada beberapa bagian. Suatu track yang cukup memuaskan sebagai pembuka, mengantarkan pendengar pada “New World Tower” dengan tempo serupa. Lain dari dua track pembuka, “Go Out” merupakan nuansa dalam The Magic Whip. Permainan gitar Coxon yang begitu maskulin dan bass tebal dari Alex James menjadi nyawa dari lagu yang begitu familiar ini.

Dalam “There Are Too Many of Us”, “Pyongyang” dan “Mirrorball” terdapat kenelangsaan dan rasa kesepian yang muncul secara eksplisit. Mengingat proses pembuatan album yang nampaknya berjalan alot, ketiga lagu ini seakan merefleksikan posisi Albarn yang seakan teralienasi. Adanya rumor perpecahan yang terjadi dalam Blur disebabkan selera musik Albarn terlampau ekletik terpecahkan sudah dengan kemunculan The Magic Whip tahun ini.

Foto: theskinny.co.uk

0 COMMENTS