Boston Rayakan Patti Smith Day Bentuk Penghargaan untuk Musisi Wanita Setelah ‘Riot Grrrl Day’

  • By: LS
  • Minggu, 11 October 2015
  • 2114 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Kalau mau menilik peringatan hari nasional di Indonesia, ragamnya kebanyakan meliputi hal beraroma hari besar keagamaan, sosial, lingkungan, kepahlawanan, pendidikan, kesehatan dan pendidikan. Kita pun mesti cukup bersyukur dengan adanya peringatan Hari Buku Nasional (17 Mei), Hari Film Nasional (30 Maret) dan tentu Hari Musik Nasional (9 Maret).

Ya, hari nasional yang resmi ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia dirasa memiliki kesan ‘kering’ bagi kaum muda. Bahkan insan kreatif dari kaum pecinta musik memiliki pergerakan sendiri untuk membuat Record Store Day di beberapa kota besar Indonesia.

Keadaan ini berbeda dengan yang dilakukan Pemerintah Kota Boston, ketika mereka menetapkan 9 April sebagai Hari Riot Grrrl dan kini 10 Oktober sebagai Hari Patti Smith. Musisi mana yang mendapatkan kehormatan seperti ini di Indonesia? Ada kah Hari Koes Plus, God Bless atau hari lain yang diperingati untuk merayakan pengaruh musisi besar terhadap industri musik Tanah Air? Well… kita cuma punya Hari Musik.

Meski Patti Smith lahir di Chicago dan menghabiskan separuh masa hidupnya di New York, Walikota Boston Marty Walsh menganggap Smith memberikan pengaruh besar pada masyarakat Boston. “Nona Smith telah mendapatkan perhatian Bostonians dimulai dari pertunjukannya di The Jazz Workshop/Paul’s Mall, Boston, pada tahun 1976,” ujar Walsh.

Dalam deklarasi peresmian Hari Patti Smith, Walsh pun mengemukakan Smith merupakan salah satu tokoh yang berhasil membunuh stereotip women in rock music. Smith menunjukkan intelektualitas dan kreativitas lewat perpaduan musik rock dan puisi mistikal yang diusungnya dalam skena musik Amerika pertengahan tahun 1970-an.

Hari Riot Grrrl dan sekarang Hari Patti Smith? Mengapa mereka begitu menghargai para musisi wanita? Yeah, ini bukan hal janggal, mengingat Boston merupakan salah satu kota yang concern terhadap kesetaraan gender.

Foto: gettyimages.com, seattlemusicinsider.com, theguardian.com

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
522 views

Bikini Kill Gelar Reuni Singkat

superbuzz
1012 views
superbuzz
1606 views
superbuzz
1451 views
superbuzz
7225 views
supericon
4906 views

Patti Smith The Godmother of Punk