Brent Faiyaz Gandeng Jorja Smith di Single Baru Sonder

Brent Faiyaz Gandeng Jorja Smith di Single Baru Sonder

  • By:
  • Minggu, 2 May 2021
  • 45 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Setelah menandai tahun 2021 dengan merilis single baru bertajuk Gravity, Brent Faiyaz, melanjutkan kesibukannya di tahun ini dengan berbagai proyek kolaborasi dengan musisi kenamaan lain. Terbaru, penyanyi berusia 25 tahun tersebut berkolaborasi dengan penyanyi wanita asal Inggris, Jorja Smith.

Kolaborasi ini tidak dilakukan Brent Faiyaz seorang diri, melainkan dilakukan dengan menggandeng proyek musiknya bersama produser Atu dan Dpat yaitu Sonder. Kolaborasi itu melahirkan single baru berjudul Nobody But You yang bertemakan tentang perpisahan emosional.

Single ini merupakan lanjutan dari single teraktual Brent Faiyaz yang dirilis pada Februari lalu berjudul Show U Off. Selain mengeluarkan single baru, Brent Faiyaz juga dikabarkan sedang menggarap album keduanya.

Baca juga: Jorja Smith Hadirkan Amalgamasi Elemen Musik di Single Barunya

Album debut Brent Faiyaz sendiri dirilis pada Oktober 2017 dengan tajuk Sonder Son melalui label Lost Kids. Sebelum merilis album debut, Brent Faiyaz memulai karier bermusiknya dengan merilis extended plays (EP) secara berkala dimulai dari EP debut bertajuk Black Child pada 2013.

Nama Brent Faiyaz semakin dikenal setelah merilis EP bertajuk Fuck the World pada Februari 2020. EP ini mampu menduduki posisi ke-20 di US Billboard 200. Salah satu lagu yang bikin namnya kian tenar adalah single berjudul Dead Man Walking yang dilepas pada September 2020 dan viral di TikTok.

Dilaporkan NME, album kedua Brent Faiyaz nantinya akan diberi tajuk Make it Out Alive. Berbeda dengan proses pembuatan EP atau mixtape, dalam membuat album Brent Faiyaz lebih dulu mempersiapkan nama alih-alih mengumpulkan materi musiknya.

"Jika saya memiliki koleksi lagu untuk EP atau mixtape, saya membuat narasinya setelahnya; tapi biasanya dengan album, saya punya konsep dan nama dulu,” kata Brent Faiyaz.

"Ketika saya mengerjakan 'Fuck The World', saya bepergian ke mana-mana, hanya menghabiskan waktu. Seluruh proses mengerjakan rekaman itu, saya merasa omong kosong. Tapi sekarang, saya di rumah, saya berolahraga, makan lebih sehat, membaca buku. Membuat ‘Make it Out Alive’ akan menjadi cerminan dari semua itu,” jelasnya.

Sementara itu, Jorja Smith juga cukup sibuk di tahun 2021. Penyanyi berusia 23 tahun tersebut merilis single berjudul Addicted pada Januari lalu. Lagu ini berfokus pada menginginkan perhatian penuh dari seseorang yang tidak memberi cukup (atau siapa pun) pada saat yang seharusnya.

Jorja Smith menghadirkan perpaduan R&B sebagai basis genre yang dipilihnya dengan sentuhan musik jazz yang menghadirkan dinamika berbeda. Dalam menggabungkan keduanya, Jorja Smith juga sedikit menyisipkan unsur ballad dengan nuansa yang sedikit kelam dan terdengar personal.

Elemen jazz memang bukan jadi hal baru yang dilakukan Jorja Smith dalam menggarap single Addicted. Sebelumnya di tahun 2020, Jorja Smith sempat melakukan kolaborasi bersama Blue Note. Blue Note merupakan sebuah label rekaman jazz yang diakui dunia.

Kembali ke single Addicted yang rilis di tahun 2021, Jorja Smith juga melengkapi aransemen lagunya dengan penulisan lirik yang kuat untuk mengaksentuasi karakter vokal yang dimilikinya. Bercerita tentang seseorang yang ingin selalu mendapatkan perhatian, pemilihan diksi yang dilakukan oleh Jorja Smith berpadu apik dengan ritme musik yang dibangun. 

Menurut beberapa pihak, lagu terbaru dari Jorja Smith ini terdengar sangat berbeda dengan karya-karya sebelumnya yang dikenal lebih upbeat dengan semangat akan perayaan. Menanggapi hal tersebut, Jorja Smith hanya membalas komentar tersebut dengan menyatakan bahwa dirinya hanya ingin melakukan apa yang disukai.

 

Image source: Instagram/Brent Faiyaz

0 COMMENTS