Brothers In Rock: 8 Band Rock Indonesia Beranggotakan Kakak Beradik

  • By: OGP
  • Selasa, 8 August 2017
  • 7748 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Di dalam bermusik, aspek chemistry tentu jadi hal vital yang turut menentukan sejauh mana sebuah kelompok musik berlayar jauh. Tak ayal hal tersebut jadi salah satu resep utama sukses bagi keutuhan sebuah band. Tanpa adanya kesolidan yang kokoh, mustahil sebuah band mampu menjaga asa bercokol di tengah derasnya persaingan di belantara industri musik.

Band seumpama keluarga. Berbagi proses komitmen serta kepercayaan, tentu jadi hal wajib yang dilakukan oleh antar personel. Normalnya sebuah kelompok musik merupakan kolektif yang terdiri atas sekumpulan orang-orang yang memiliki gagasan dan misi yang sama. Namun lebih menyenangkan kalau bisa digeluti bersama saudara sedarah sendiri.

[bacajuga]

Umumnya unit musik yang dihuni oleh pasangan bersaudara akan memiliki dua kepala untuk bisa menyatukan anggota lainnya di dalam band. Beberapa unit rock kaliber seperti The Beach Boys, The Allman Brothers hingga Oasis adalah contoh serentetan kelompok musik yang sukses serta populer dalam genrenya masing-masing. Mereka pun membuktikan kalau duet kakak adik di dalam sebuah band mampu mewariskan karya mumpuni. Sama halnya dengan mancanegara, di nusantara pun banyak melahirkan deretan band rock berpersonelkan kakak adik yang mampu menyuguhkan kualitas.

Simak deretan band Indonesia berpersonelkan kakak adik terkeren versi SuperMusic.ID. Di antara daftar di bawah ini, adakah band favorit kamu?

1. Koes Plus

Salah satu band legendaris dari bumi nusantara ini terbentuk di tahun 1969 sebagai kelanjutan dari grup bernama Koes Bersaudara. Mereka dimotori oleh kakak beradik Tony, Yon, dan Yok Koeswoyo. Famili Koes berasal dari arek-arek di tanah Tuban, Jawa Timur. Kakak beradik tersebut merupakan salah anak dari sembilan bersaudara pasangan R Koeswojo (Raden Koeswoyo) dan Rr. Atmini.

Selama menjalani karier di belantika musik nusantara, Koes Plus telah melepas karya tak kurang dari 100 album dan pencapaian hingga 1000 tembang yang sudah diciptakan. Di Indonesia sendiri, tak ada satupun kelompok musik yang mampu menyamai atau melebihi Koes Plus dalam urusan produktifitas dalam berkarya musik. Bahkan mereka juga mencatatkan nama di Museum Rekor Indonesia sebagai band terproduktif.

2. The Tielman Brothers

Sesuai dengan namanya, The Tielman Brothers merupakan sekumpulan saudara kandung yang tergabung di dalam sebuah band rock n roll berpengaruh. Mereka adalah putra-putra dari keluarga mantan serdadu KNIL, Herman Tielman asal Kupang. Digawangi oleh Andi Tielman (vokal/gitar) diikuti oleh saudara-saudara sedarah lainnya seperti: Reggy Tielman (gitar), Ponthon Tielman (bass), Loulou Tielman (drum) dan Jane Tielman (vokal).

The Tielman Brothers berhasil merengkuh panggung internasional pada dekade 50-an. Andi dan saudara-saudaranya pun dianggap sebagai salah satu pionir rock n’ roll di negeri kincir angin Belanda. Kala itu, mereka juga mampu menembus pasar musik Eropa. Aksi panggung mereka pun dianggap atraktif dan selalu menghibur penonton. Sang pentolan, Andi Tielman konon juga dipercaya telah mempopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang badan maupun kepala jauh sebelum Jimi Hendrix, Jimmy Page, hingga Ritche Blackmore.

3. Panbers

Panbers merupakan akronim dari Pandjaitan bersaudara. Kelompok musik kebanggaan asal Kota Surabaya itu telah dibentuk sejak tahun 1969 silam. Terdiri dari empat kakak beradik kandung putra-putra dari Drs. J.M.M. Pandjaitan, S.H, dengan Bosani S.O. Sitompul. Mereka adalah Benny Panjaitan (vokal/gitar), Hans Panjaitan (gitar), Doan Panjaitan (bass/kibord), dan Asido Panjaitan (drum).

Kesuksesan Panbers di industri musik juga merupakan salah satu tonggak awal kebangkitan kelompok musik di Indonesia yang kala itu masih didominasi oleh jajaran solois. Dipengaruhi oleh Koes Bersaudara yang kerap kali ditasbihkan sebagai perintis rock di tahun 60-an, sama halnya di dekade selanjutnya, Panbers juga dianggap jadi panutan bermusik kawula muda saat itu. Album pertama mereka juga meledak, nama Panbers pun kian cemerlang di segala penjuru nusantara.

4. PAS Band

Kota Bandung acap kali dianggap sebagai salah satu zona penghasil bibit-bibit band berkualitas di Indonesia. Di antara banyak band yang dihasilkan tentu nama PAS Band selalu jadi garda terdepan. Peta musik rock jadi terkesan lebih modern dan dinamis sejak digaungkan oleh unit rock alternatif tersebut di awal-awal era 90-an.

Namun tak banyak yang tahu kalau ternyata terdapat personel kakak adik di dalam kubu PAS Band. Mereka adalah sang gitaris yang dikenal dengan nama panggung Bengbeng dan bassis dengan nama Tresno. Duo saudara bernama asli Bambang Sutejo dan Bambang Sutrisno itu, merupakan personel asli sekaligus pendiri PAS Band. Bersama Yukie, Sandy, dan Richard Mutter, mereka tetap konsisten jadi band berpengaruh sekaligus veteran di lanskap rock tanah air.

5. /rif

Selain PAS Band, tak sah rasanya jika tak memasukkan nama /rif ke dalam daftar band Kota Kembang paling berpengaruh. Namun sama halnya dengan PAS Band, kubu /rif juga memiliki personel yang merupakan saudara kandung. Tak lain dan tak bukan sang frontman sekaligus vokalis Andy yang merupakan kakak dari penabuh drum Magi.

Keduanya sepakat membentuk /rif di tahun 1992 lalu. Hingga sampai kini /rif pun masih ditasbihkan sebagai salah satu penampil rock terbaik di nusantara. Album penuh perdana mereka berjudul Radja (1997) meledak di pasaran sekaligus jadi gong penanda musik Indonesia kini telah berevolusi di tangan seperti band sejawat seperti Slank, Dewa, hingga Padi. Kesuksesan album pertama pun berlanjut di opus selanjutnya seperti Salami (1998) dan Nikmati Aja (2000).

6. Koil

Di daftar selanjutnya terdapat nama Koil. Aliansi rock cadas asal Bandung itu dibentuk oleh duo kakak beradik Julius Aryo Verdijantoro alias Otong dan Donnijantoro alias Doni pada tahun 1993 lalu. Di ranah rock independen, nama Koil pun cukup disegani. Selain memiliki basis fans yang loyal, mereka juga kerap mempertunjukkan atraksi panggung ‘gila’ seperti membakar set instrumen yang ada di atas panggung.

Hingga kini Koil masih aktif di belantika musik, Meski jarang menelurkan album penuh, sampai saat ini Koil masih sesekali mengadakan gig intim bersama para penggemarnya. Selama berkarier di jagat musik, Koil telah melepaskan tiga album penuh, yaitu Koil (1996), Megaloblast (2001), dan Blacklight Shines On (2007).

7. The Sidhartas

Sosok Bimbim adalah pentolan sekaligus pendiri dari band rock legendaris Slank. Kendati figurnya telah melekat sebagai penabuh drum Slank, namun tak lantas membuat dirinya tak ingin untuk sekadar meninggalkan zona nyaman. Bimbim bersama sang adik Massto mendirikan band famili bernama The Sidhartas.

Berbeda dengan Slank yang kental dengan kental dengan nuansa rock n’ roll, The Sidhartas lebih lekat dengan musik punk. Bermula dari obrolan di meja makan di kala sarapan pagi, bersama Massto, serta kedua keponakannya Awa Sandiogo dan Firas Rachun, Bimbim tercetus ide membentuk band keluarga bernama The Sidhartas, yang terinspirasi dari nama sang Ayah Sidharta M. Soemarno. Sejauh ini Bimbim dkk telah melesakkan satu album penuh berjudul Move On yang rilis tahun 2016 lalu.

8. The Experience Brothers

Di jalur musik independen tanah air, nama The Experience Brothers cukup disegani di dalamnya. Band rock asal Bekasi ini sebelumnya hanya beranggotakan dua orang personel kakak beradik Bram Saladdin (vokal/gitar) dan Daud Sarassin (drum). Meski hanya disuguhi oleh dua instrumen inti, tak lantas membuat band ini kehilangan daya gedor di depan kerumunan para penonton.

The Experience Brothers mampu menjejali baik raungan psikedelik, blues dan rock n roll jadi satu paket suguhan yang menarik. Selama berkarier mereka telah menceploskan tiga album yaitu Summer of Love (2008), Eye Contact (2010) dan From the Deepest Growl (2013). Namun setahun lalu, sang kakak Daud resmi mengundurkan diri dari band yang turut membesarkan namanya itu.

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
1195 views
superbuzz
1042 views
superbuzz
2689 views
superbuzz
1932 views

5 Reuni Band Rock Terlaris

superbuzz
2908 views
superbuzz
3158 views

5 Album Rock Kontroversial