Burna Boy Rilis Single Pertama di tahun 2021, “Kilometre”

Burna Boy Rilis Single Pertama di tahun 2021, “Kilometre”

  • By:
  • Selasa, 25 May 2021
  • 77 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Di tahun 2021, rapper asal Nigeria, Burna Boy lebih sering terlihat aktif dalam berbagai inisiasi proyek musik kolaborasi. Tahun ini saja sudah dua single kolaborasi Burna Boy yang resmi dirilis. Pertama single bersama Sia berjudul Hey Boy dan juga single berjudul Loved by You bersama Justin Bieber untuk album Justice. Setelah puas dengan karya-karya kolaboratifnya tersebut, di awal Mei lalu akhirnya Burna Boy merilis materi musik solo perdananya di tahun 2021. Materi tersebut rilis dalam format video klip single berjudul Kilometre

Secara milestone, single ini cukup terbilang spesial bagi Burna Boy. pasalnya, single Kilometre ini dirilis setelah Burna Boy berhasil memenangkan penghargaan di Grammy Awards 2021. Di ajang Grammy Awards 2021, Burna Boy mendapatkan penghargaan sebagai pemenang kategori Best Global Music Album berjudul Twice As Tall yang rilis pada tahun 2020. Oleh karena itu, lahirnya single Kilometre jadi penting sebagai pembuka lembaran baru perjalanan karier Burna Boy setelah merampungkan proyek musik sebelumnya di Twice As Tall. Selain itu, Burna Boy juga menjadikan single Kilometre sebagai penanda kariernya. Pasalnya, diakui oleh Burna Boy lagu ini dibuat untuk mengingatkan dirinya tentang apa saja yang telah terjadi kepada dirinya selama kariernya dimulai sejak 10 tahun yang lalu, dari 2011 hingga 2021.

Dalam menggarap lagu terbarunya, Burna Boy bekerja sama dengan Chopstix sebagai produser. Selain itu, Burna Boy juga mengajak Clarence Peters sebagai sutradara untuk video klip Kilometre. Video klip tersebut menampilkan nuansa yang sarat akan kemewahan. Burna Boy terlihat bermain golf dengan setelan baju yang relatif umum. Namun ada sedikit keunikan yang tersaji pada video klip tersebut. Burna Boy tidak bermain golf di atas lapangan, melainkan di atas mobil truk. Tidak hanya golf, dalam video klip tersebut juga terlihat beberapa aktivitas gaya hidup jet set lainnya yang identik dengan kehidupan seorang rapper. Kehidupan tersebut dianggap sebagai bentuk pencapaian yang telah berhasil Burna Boy dapatkan sepanjang menjalani karier sebagai rapper

Perihal gaya hidup eksesif, tampaknya Burna Boy seakan ditakdirkan untuk mendapatkan kesuksesan sebagai seorang musisi. Di tahun 2013, Burna Boy berhasil merilis album perdananya berjudul L.I.F.E.. Album tersebut dirancang atas dasar dari album mixtape Burna Boy di tahun 2011 berjudul Burn Identity. Album perdana dari Burna Boy tersebut masih dirilis secara lokal di Nigeria. Meskipun begitu, album perdana Burna Boy tersebut berhasil terjual hingga 40.000 ribu keping. Bahkan master dari album tersebut dibeli oleh Uba Pacific dengan harga mencapai 10 juta dolar Nigeria. Dari album perdananya, Burna Boy berhasil merilis 5 buah single, yaitu Like to Party, Tonight, Always Love You, Run My Race, dan Yawa Dey. dalam proses penggarapan album perdananya, Burna Boy dibantu oleh Leriq sebagai produser. Sang musisi menjelaskan bahwa karya perdananya tersebut cukup dipengaruhi oleh musik-musik dari Fela Kuti, King Sunny Ade, dan Bob Marley. Agar memaksimalkan eksplorasi musik yang dibutuhkan, Burna Boy juga dibantu oleh kolaborator untuk aspek musikal, seperti 2face Idibia, M.I, Timaya, Olamide, Reminisce and Wizkid. Secara global, album perdana Burna Boy cukup diakui oleh penikmat musik secara luas karena terbukti berhasil mencapai posisi 7 untuk tangga album Billboard di genre reggae.

Di tahun 2014, Burna Boy memutuskan untuk keluar dari Aristokrat Records dan mendirikan Spaceship Entertainment. Selanjutnya, Burna Boy melanjutkan kariernya dengan merilis album keduanya berjudul On A Spaceship di tahun 2015. Di tahun yang sama, Burna Boy kembali dengan merilis EP perdananya berjudul Redemption yang berisi 7 buah track. EP perdana Burna Boy tersebut juga dirilis secara eksklusif di ranah online melalui Noisey. Di awal tahun 2018, Burna Boy mendapatkan kesempatan untuk hadir sebagai kolaborator lintas genre. Burna Boy mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam single Sunshine Riptide milik Fall Out Boy. single tersebut diambil dari album ketujuh Fall Out Boy berjudul Mania Tidak lama setelah itu, Burna Boy langsung merilis album ketiganya berjudul Outside.

Album ketiga dari Burna Boy ini menawarkan elemen musik yang berbeda dari karya-karya sebelumnya namun masih berasal dari akar yang sama. Elemen musik yang memengaruhi album ketiga Burna Boy ini antara lain adalah afrobeats, dancehall, reggae, dan road rap. Album ini juga jadi album perdana milik Burna Boy yang diisi oleh kehadiran musisi Inggris sebagai kolaborator. Total ada 6 single yang dirilis oleh Burna Boy untuk album ketiganya ini, yaitu Rock Your Body, Streets of Africa, Koni Baje, Sekkle Down, Heaven's Gate, dan Ye. Di kampung halaman Burna Boy di Nigeria, album ketiga karya sang rapper ini mendapatkan apresiasi yang cukup besar. Salah satu pembuktian tersebut hadir dalam bentuk penghargaan yang diberikan oleh Nigeria Entertainment Awards sebagai pemenang kategori Album of the Year di tahun 2018. Untuk chart album Billboard sendiri, album ini juga menghadirkan kenaikan terhadap milestone dari Burna Boy. sebelumnya berada di peringkat 7 dengan album pertama, album ketiga Burna Boy ini berhasil mendapat peringkat 3 di chart reggae Billboard.

Burna Boy tidak hanya dianggap sebagai musisi besar di Nigeria saja. Inggris pun seakan jadi rumah kedua bagi Burna Boy. Pasalnya, pada tahun 2018, Burna Boy sempat membuat konser dalam skala yang besar di O2 Brixton London dan berhasil laku terjual seluruh tiketnya.

Image courtesy of Joshua Malcolm / Pitchfork

0 COMMENTS