Cerita di Balik Logo Band Ternama dan Ikonis

Cerita di Balik Logo Band Ternama dan Ikonis

  • By:
  • Selasa, 6 July 2021
  • 464 Views
  • 1 Likes
  • 2 Shares

Identitas sebuah band bukan hanya dilihat dan dikenal dari namanya saja, logo band juga nyatanya menjadi hal penting yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Bahkan, sebuah bisa dikenal tak hanya lewat sajian musik berkualitas atau karya-karya masterpiece-nya, tetapi juga bisa lebih dikenal hanya dengan melihat logo band tersebut.

Tak salah jika kalangan penikmat musik beranggapan logo merupakan salah satu elemen yang membuat brand tersebut terus diingat banyak orang. Dengan kata lain, logo band sudah menjadi alat branding yang sangat efektif serta jadi hal yang paling esensial dalam memaparkan eksistensi sebuah band.

Oleh karena itu, tak sedikit musisi-musisi yang memanfaatkan logo band mereka untuk menjadi pundi-pundi uang melalui merchandise. Logo band yang ikonis di industri musik seringkali memiliki desain yang eye catching, berani, dan mudah diingat awam. 

Logo Band AC/DC

Penikmat musik cadas kecil kemungkinan tak mengenal band metal asal Australia ini. Untuk logo AC/DC sendiri, pertama kali diperkenalkan pada 1977. Logo band ini diciptakan oleh desainer ternama Gerard Huerta dengan bantuan art director Atlantic Records Bob Defrin.

Logo band ikonis tersebut muncul perdana untuk album AC/DC, Let There Be Rock (1977), versi internasional. Logo band dengan gambar petir di bagian tengah tergabung dalam nama AC/DC, diambil dari motif petir pada album debut sebelumnya, High Voltage (1976).

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jeremy Johnson (@colour.out.of.space)

Logo Band Black Flag

Sebagai salah satu band yang ikut meramaikan skena punk rock di era 70-an, Black Flag punya sejarah perjalanan yang panjang, termasuk juga dengan logo band mereka. Logo band mereka yang begitu ikonis itu dengan mudah bisa dikenali meski hanya sekilas.

Ya, logo band Black Flag berupa 4 garis hitam yang tak sejajar itu dibuat oleh saudara sang gitaris Greg Ginn, Raymond Pettibon. Sebenarnya, logo ini adalah bendera yang berkibar karena angin lalu dibentuk seperti potongan-potongan balok hitam dan merepresentasikan riak dari movement mereka.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Led Zeppelin (@ledzeppelin)

Logo Band Led Zeppelin

Logo band Led Zeppelin berupa empt simbol ikoniknya merupakan gagasan dari Jimmy Page. Empat logo di bawah tulisan Led Zeppelin tersebut merupakan lambang kerpibadian dari setiap personel band tersebut. Sementara itu, untuk logo band bertuliskan Led Zeppelin adalah coretan tangan yang dirancang oleh desainer Aubrey Powell, yang awalnya bagian dari artwork untuk album Houses of the Holy (1973).

Logo Band Rolling Stones

Soal logo band yang paling dikenal atau mudah dikenali, logo band milik The Rolling Stones bisa masuk ke dalam daftar teratas. Logo bergambar bibir dengan juluran lidah itu dibuat oleh John Pasche pada tahun 1971 dan menjadi sangat tenar hingga kini. Konon, logo tersebut terinspirasi dari bibir sang vokalis, Mick Jagger. Namun, dilansir dari What Culture, logo ikonik tersebut sebenarnya terinspirasi dari salah satu Dewi umat Hindu, Kali.

Logo Band Misfits

Logo band berupa tengkorak yang dimiliki oleh unit horor punk, Misfits, jadi salah satu logo band yang paling fenomenal dan sering digunakan dalam desain merchandise hingga sejumlah clothing line. Logo ini sendiri pertama kali digagas oleh founder band Misfits, Glenn Danzig, dan digunakan pertama kali untuk single mereka yang berjudul Horror Business.

Setelah diusut, inspirasi untuk membuat logo band ini adalah tengkorak dari film horor klasik besutan Fred C. Brannon dan William Witney, bertajuk The Crimson Ghost (1946). Logo band ini cukup merepresentasikan semua hal tentang Misfits dan kemudian diadaptasi sebagai signature image mereka.

Logo Band Metallica

Metallica juga tak ketinggalan punya logo band yang tidak kalah legendarisnya dengan nama mereka itu sendiri. Logo band dari Metallica ini dibuat pada tahun 1981 oleh sang vokalis James Hetfield, logo ini telah digunakan Metallica sejak album debut andalan mereka, Kill ‘Em All (1983).

Dari awalnya membuat skesta lewat coretan di atas tisu, Hetfield tetap memaksakan diri untuk menyelesaikannya ketimbang menggunakan jasa desainer. Sampai saat ini, Metallica masih konsisten menggunakan logo andalannya tersebut.

 

Image source: shutterstock

0 COMMENTS