“Chaos & Order”, Keseriusan Scaller dalam Menggarap Album Baru

“Chaos & Order”, Keseriusan Scaller dalam Menggarap Album Baru

  • By:
  • Minggu, 9 May 2021
  • 87 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Setelah kurang lebih mencapai satu tahun selepas merilis single The Unknown, kini Scaller kembali hadir mengenalkan lagu terbarunya berjudul Chaos & Order pada awal April lalu. Lahirnya single Chaos & Order ini jadi pelengkap rangkaian yang dilakukan oleh Scaller dalam menyusun album barunya yang bakal dirlis dalam waktu dekat. Selain The Unknown dan Chaos & Order, sebelumnya Scaller sempat membuka rangkaian pertama dalam menyambut prosesi album kedua melalui lagu berjudul North Star yang sempat rilis pada pertengahan tahun 2019 lalu.

Menceritakan tentang lagu Chaos & Order, Scaller menjelaskan bahwa lagu baru dari mereka tersebut merupakan sebuah medium yang membawa kisah perjalanan Reney Karamoy dan Stella Gareth sepanjang tahun 2020. Chaos & Order dianggap sebagai wadah yang menampung segala bentuk refleksi dan penerimaan diri yang dilakukan oleh kedua anggota Scaller. Untuk proses rekamannya sendiri, Scaller dibantu oleh kehadiran Housman Pranoto yang mengisi drum pada track Chaos & Order. Sedangkan untuk proses mastering lagu baru ini, Scaller melibatkan Brian Lucey dari Magic Garden Mastering di Los Angeles, Amerika Serikat. 

Kualitas Brian Lucey sebagai teknisi audio memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang membuat Scaller memutuskan untuk menggunakan jasanya dalam menyempurnakan kualitas audio dari single Chaos & Order. Brian Lucey merupakan seorang mastering engineer yang pernah menangani lagu-lagu karya musisi mancanegara, seperti Arctic Monkeys, The Black Keys, dan Chet Faker. Selain itu, kualitas dan keahliannya juga sudah diakui oleh industri musik internasional berkat penghargaan Grammy Awards yang diterima oleh Brian Lucey. Chaos & Order juga bukan kali pertama Scaller dan Brian Lucey bekerja sama. Scaller pun sempat mengajak Brian Lucey untuk membantu proses lahirnya album perdana Scaller berjudul Senses di tahun 2017.

Berbicara mengenai rangkaian sebelumnya, The Unknown, Scaller merilis single tersebut bertepatan dengan hari pertama di tahun 2020. Single tersebut tidak hanya bersifat sebagai pembuka tahun baru bagi Scaller. The Unknown juga merupakan sebuah proses perjalanan hidup yang dilakukan oleh kedua anggota Scaller. Perjalanan yang dilakukan Scaller dalan lagu The Unknown fokus kepada pencarian makna dari setiap karya yang pernah dibuat oleh Mereka, berikut juga dengan The Unknown. Dalam proses rekamannya, Scaller juga berperan sebagai produser untuk lagu The Unknown ini dan Gerard Rumintjap didaulat sebagai teknisi audio yang meliputi proses recording, mixing, dan mastering.

Saat pertama kali keluar di tahun 2020, beberapa pihak media dan kritikus musik Tanah Air cukup memberikan respon baik terhadap karya baru Scaller. Reney Karamoy dan Stella Gareth memberikan hal baru dengan hasil eksplorasi musik mereka yang kini lebih terasa kental paduan suara sintetis dengan instrumen konvensional yang dimainkan oleh Reney Karamoy dan Stella Gareth. Hasil eksplorasi musik tersebut juga dianggap sebagai sebuah formula yang cukup tepat dalam memadukan karakteristik musik Scaller yang penuh energi.

Setelah merilis album perdananya, Scaller pun terlihat aktif untuk tampil di atas panggung. Bahkan di tahun 2019, Scaller sempat menggelar tur konser ke Singapura. Konser tersebut diberi judul Scaller Singapore Tour 2019. Keberhasilan Scaller melakukan tur konser di Singapura tersebut dibantu oleh Music Matters Live yang merupakan sebuah festival musik independen di Singapura yang mengundang berbagai macam musisi mancanegara dengan latar belakang genre yang beragam.

Image courtesy of Scaller

0 COMMENTS