Chase Bliss Audio: Pedal Garapan Joel Korte, Dipakai John Mayer hingga Radiohead

Chase Bliss Audio: Pedal Garapan Joel Korte, Dipakai John Mayer hingga Radiohead

  • By:
  • Jumat, 14 May 2021
  • 117 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Ketika berada di persimpangan hidup, Joel Korte akhirnya berani mengambil keputusan untuk mendirikan perusahaan sendiri bernama Chase Bliss Audio. Butuh pengorbanan dan tragedi personal bagi Joel Korte untuk membangun mimpi-mimpinya di sana.

Sebelum lebih jauh membahas asal usulnya, Chase Bliss Audio merupakan perusahaan yang berbasis di Minnesota, Amerika Serikat, yang fokus membuat prosesor audio elektrik atau sering dikenal dengan pedal efek.

Brand buatan Joel Korte ini sudah punya reputasi mentereng di kalangan musisi dan pelaku musik dunia karena memiliki pedal efek dengan fungsi lengkap. Karena alasan ini, banyak musisi dan produser sering menggunakan efek Chase Bliss Audio tidak hanya pada gitar, melainkan juga pada instrumen lirik lainnya juga di mikrofon.

Kecintaan Joel Korte pada gitar sudah muncul sejak 1999 ketika usianya 15 tahun. Ketika itu ia sudah tertarik juga dengan proses merekam. Joel Korte lantas memutuskan masuk ke jurusan teknik kelistrikan untuk menjawab rasa penasarannya pada cara kerja pedal efek gitar.

Di 2007 kecelakaan yang menewaskan saudaranya, Chase, mengubah hidup Joel Korte. Trauma mendalam membuatnya terpuruk hampir 2 tahun dan menjadi gagap. Setelah melewati masa sulit itu, Joel Korte bangkit dengan berkuliah di jurusan Ahli Bahasa Patologi dan keluar dari pekerjaannya sebagai engineering.

Joel Korte yang kembali bersekolah, juga membutuhkan uang sehingga bekerja paruh waktu di ZVEX Effects berkat ilmu kelistrikan yang dimilikinya. Pengalaman bekerja di perusahaan pedal efek akhirnya membuat Joel Korte berani mengambil keputusan mendirikan Chase Bliss Audio pada 2013.

"Saat itu adalah keputusan yang sulit. Saya bekerja untuk ZVEX Effects total sekitar lima tahun, paruh waktu untuk tahun pertama, penuh waktu untuk tiga tahun berikutnya dan kontrak kerja tahun terakhir. Di 2012 saya ingin melanjutkan studi pascasarjana, saya perlu bekerja untuk menyelesaikan gelar masternya," kata Joel Korte kepada Vintage King.

"Saya pikir saya mungkin akan bekerja sebagai terapis wicara penuh waktu dan memiliki perusahaan pedal kecil untuk bersenang-senang, karena saya tertarik untuk mengembangkan ide-ide saya sendiri. Sepertinya saat yang tepat untuk beralih dari ZVEX, tetapi masih sangat sulit," jelasnya.

Akhirnya Joel Korte meraih gelar master, sambil bekerja paruh waktu sebagai terapis wicara dan part-time di ZVEX, juga mulai merintis produk untuk Chase Bliss Audio. Produk pertama Chase Bliss Audio lantas dirilis pada 13 Desember 2013 dengan nama Warped Vinyl.

Baca juga: Horizon Devices: Pedal untuk Gitaris Metal dan Rock 

Pemilihan Chase Bliss Audio sebagai nama perusahaan dipilih Joel karena berkaitan erat dengan saudaranya. "Salah satu prinsip dari saudara saya berasal dari folsuf Joseph Campbell: "Follow your bliss (ikuti kebahagiaan kalian)". tika saya memulai perusahaan, saya pikir "Chase Bliss" akan menjadi nama yang baik karena menggabungkan nilai-nilai saudara saya dan juga namanya."

Memilih untuk mengikuti mimpinya, seperti yang dilakukan saudaranya, Joel Korte menciptakan dua pedal yang luar biasa untuk didengar seluruh dunia, Wombtone dan Warped Vinyl, pada awal berdirinya Chase Bliss Audio.

Setelah dua pedal itu, Chase Bliss Audio telah memproduksi pedal effect lain yang tak kalah istimewa antara lain phaser pedal Wombtone (2014), pedal Gravitas (2015), flanger pedal Spectre (2015), delay pedal Tonal Recall (2016), pedal Brothers (2017), kemudian di 2018 mereka merilis pedal delay harmonisasi Thermae, juga pedal analog Condor.

Beberapa musisi ternama dunia sudah menjajal kualitas pedal dari Chase Bliss Audio di antaranya gitaris Radiohead, Ed O'Brien. Kerja sama dengan Radiohead sendiri disebut Joel punya arti tersendiri karena band ini punya memori kuat untuk Joel dan saudaranya.

Selain O'Brien dari Radiohead, pedal efek Chase Bliss Audio juga digunakan oleh solois kenamaan, John Mayer. Ia bahkan sudah menggunakan beberapa pedal Chase Bliss, tetapi Warped Vinyl HiFi telah menjadi andalannya untuk memainkan aksi panggung baru-baru ini. Joel dan John Mayer bahkan sempat bertemu di sela-sela turnya pada 2019

 

Image source: Vintage King, Chase Bliss Audio

0 COMMENTS