Che 'Cupumanik' Mengenang Dolores O'Riordan

  • By: GP
  • Rabu, 17 January 2018
  • 3568 Views
  • 3 Likes
  • 2 Shares

Mangkatnya sang vokalis The Cranberries, Dolores O’Riordan tentu meninggalkan duka yang mendalam bagi para penggemarnya. Nama grup alternative rock itu begitu berkibar kencang di dunia musik era 90-an. Mereka yang tumbuh besar di dekade tersebut tentu akrab dengan suara khas Dolores, tak terkecuali di Indonesia.

Salah satu yang merasa kehilangan adalah vokalis Cupumanik, Che. Lewat unggahan di akun Instagramnya, Che mengenang sang idolanya. Bahkan ia menulis sempat ‘membuka’ penampilan The Cranberries di Java Rockin’ Land 2011, dengan mengajak penonton mengumandangkan “Indonesia Raya”.

 

2011 @cupumanikband & @konspirasiband tampil di hari yg b’beda di festival Java Rockin Land. & pd 23 Juli stlh Cupumanik tampil, manager kami yg dulu ‘Reza Pahlevi’ panik mencari-cari sy: “Che, lo dicariin panitia, mrk minta lo nyanyiin Indonesia Raya sebelum Cranberries maen”. Saya digiring ke blkg panggung utama, di sana ada ‘Eq’ biduan ‘Humania’ yg juga sebagai panitia acara, dia bilang ke sy: “Che, sebelum nyanyi lo provokasi penonton u nyanyi Indonesia Raya yah, lo nyanyi bareng Heydi Vokalis Power Slaves & Sarah vokalis Cokelat”. Saya naik perlahan melalui tangga, & kaget ribuan kepala sudah berkerumun menunggu band Irlandia itu tampil. Sementara ‘Sarah’ sedang sibuk liat layar HP untuk ngintip lirik lagu kebangsaan. Sblm minus one musik ‘Indonesia Raya’ diputar, saya nengok ke sblh kiri panggung, semua personil Cranberries sudah berdiri siap tempur. Akhirnya kami bertiga menuju panggung menghadapi penonton, saya bilang: “Semua personil Cranberries sedang menyaksikan kita, apakah betul lagu kebangsaan kita punya kekuatan menyatukan?, jadi mari kita nyanyikan lagu Indonesia Raya ini dengan lantang sama-sama, dan kalahkan suara kami di atas panggung oleh suara kalian”. Dan pantai carnaval ancol bergetar karena ribuan orang secara massal menyanyikan lagu kebangsaan. Momen itu mengingatkan masa lalu, saya pernah membentuk band saat sekolah di SMA 39 Cijantung, bernama ‘PAPAY’ [ berasal dari nama wali kelas kami pak Yamin ], & kerap kali lolos audisi tampil di pensi SMA kami, krn memainkan lagu ‘Zombie’, saat itu saya gitaris, vokalis saya perempuan bernama Wisye. ‘Zombie’ lagu yg kuat & itu diakui oleh Dolores, saat wawancara: “Saya selalu suka band rock yang lebih keras, tapi mungkin saya terlalu banyak membawa band ini ke arah itu, Zombie adalah hal yang benar. Jika 'Zombie' lunak, tidak akan berdampak”. Buat saya, Dolores O'Riordan, adalah vokalis wanita yg dgn sempurna mengeluarkan nada bulat bernuansa genting sekaligus anggun, yg menonjolkan tradisi Irlandia, dengan suara serak kecil yang mengisyaratkan kemarahan secara indah. Band t’besar yg di ekspor Irlandia stlh U2 ini akan sulit meneruskan band, sosok Dolores t’lalu langka. Selamat jalan pulang ????????

A post shared by Che Cupumanik (@checupumanik) on

“The Cranberries itu berhasil menjual 5 juta eksemplar album kedua mereka, No Need to Argue, dan mereka pernah menikmati status Top 10 di Amerika Serikat dan peringkat No. 1 di sebagian besar Eropa. Cranberries telah membuktikan, bahwa mereka band terbesar yang diekspor Irlandia ke dunia, yang terbesar setelah U2,” ujar Che kepada SuperMusic.ID.

“Dolores O'Riordan adalah vokalis wanita yang dengan sempurna mengeluarkan nada bulat bernuansa genting sekaligus anggun, yang menonjolkan tradisi Irlandia, dengan suara serak kecil yang mengisyaratkan kemarahan secara indah. Sosok Dolores terlalu langka,” sambungnya.

Sama seperti remaja lainnya yang tumbuh di era 90-an, Che juga mengaku mengenal The Cranberries dari MTV circa 1993/1994. Bahkan saat bersekolah di SMA 39 Cijantung, ia sempat membentuk band membawakan The Cranberries. Che muda pun turut terinspirasi oleh Dolores, hingga membentuknya sampai seperti sekarang.

“Umur belasan tahun dia sudah berani bikin lirik lagu, itu menginspirasi saya untuk mulai menulis lirik, dan syair yang dia tulis mampu merekam zamannya.”

“Dolores bukan cuma penyanyi, sosoknya nyaris lengkap. Dia dalang sekaligus wayang di bandnya,” tutup Che.

0 COMMENTS

Info Terkait

supernoize
1061 views
supernoize
3091 views
superbuzz
3299 views
superbuzz
792 views