Che ‘Cupumanik’ Rilis Single Kolaboratif Bernuansa Patriotisme

  • By: OGP
  • Minggu, 5 August 2018
  • 1329 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Musisi grunge asal Bandung, Che Cupumanik baru saja melepas single kolaboratif anyar berjudul “Agen Perubahan”. Lagu ini diambil dari album kompilasi Kebersamaan yang dilepas oleh kolektif musik bernama I.Ki (Indonesia Kita). Album yang diluncurkan dalam rangka penyambutan HUT RI ini sudah bisa didengar melalui berbagai layanan streaming musik pilihan seperti Spotify, Apple Music, iTunes, Deezer, serta JOOX.

Tak cuma Che Cupumanik, pada single enerjik “Agen Perubahan” ini muncul beberapa kolaborator seperti Riffy Putri, Emmy Tobing, dan Boym (Seurieus, Superboy) di wilayah vokal. Sementara itu pada departemen instrumen, terdapat drummer Rama Moektio untuk memperkuat beat bertenaga ala Stone Temple Pilots, lalu Leonardo Maitimu pada bassis, serta John Paul Ivan dan Yoel Perry mengisi padu instrumen gitar. Dan terakhir ada Estu, sang kibordis.

“Saya sudah bisa membayangkan, jika bicara kebangsaan akan merujuk pada gerakan nasionalisme dan patriotisme. Tapi saya ingin gerakan yang nyata, aksi nyata bukan sekedar teori atau pidato, tapi ajakan keterlibatan dan responsif pada kondisi sosial, juga memberi sumbangsih pada negara bukan sekedar kritik,” ujar Che dilansir melalui siaran pers yang diterima SuperMusic.

“Jika bicara kemanusiaan, itu sangat tepat. Karena lagu ‘Agen Perubahan’, lirik itu saya tulis pada saat kondisi negara sedang dilanda teror banjir darah atas nama agama, yang menodai kemanusiaan, juga kasus korupsi yang tak pernah surut, karena itu saat bicara kemanusiaan, kita harus bicara rasa empati yang kian pudar.”

Di album kompilasi Kebersamaan, bakal memuat repertoar bertema nasionalisme sebanyak 11 track padat. Selain Che, deretan musisi-musisi lintas zaman juga turut menyumbang karya. Di antaranya ada Renny Djajoesman, Bonita, Ita Purnamasari, Mel Shandy, Ermy Kullit, Trison Manurung, Damon Koeswoyo, hingga Iga Massardi. Bila ditotal ada sekitar 60 musisi tanah air yang berkontribusi.

I.Ki (Indonesia Kita) merupakan komunitas lintas genre dan lintas generasi yang diketuai oleh penyanyi senior, Renny Djajoesman. Album kompilasi Kebersamaan diproduksi oleh DSS Music, dan diproduseri eksklusif oleh Donny Hardono.

Tonton video klipnya di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait

supernoize
2938 views
supernoize
6866 views
superbuzz
3471 views
supernoize
11772 views