clipse jesus is king

Clipse Reuni di Album Baru Kanye West

  • By: NND
  • Selasa, 29 October 2019
  • 407 Views
  • 10 Likes
  • 8 Shares

Selain menjadi sensasi dengan sendirinya, album baru dari Kanye West, Jesus Is King juga membuka ruang diskusi baru—atau lama, justru—bagi para pegiat hip-hop oldschool.

Bagaimana tidak? Ada reuni Clipse dalam album terbaru itu.

Bagi yang tidak tahu, Clipse adalah grup duo rap yang dibentuk pada tahun 1992 silam oleh dua rapper Thornton bersaudara, Pusha T dan No Malice. Keduanya terafiliasi grup The Neptunes (Pharrell Williams dan Chad Hugo) dan bekerja sama mengandalkan produksi dari mereka.

Clipse berhasil merilis tiga keping studio album sepanjang karirnya. Diskografi mereka dilengkapi dengan Lord Willin’ (2002), Hell Hath No Fury (2006), dan Till the Casket Drops (2009).

Meski sempat beredar rumor di tahun 2013 terkait perilisan album keempat mereka dengan menggiring Kanye dan Pharrell sebagai produsernya, album tersebut tak kunjung hadir. Justru, duo kakak-beradik ini kemudian resmi menamatkan Clipse pada tahun 2014.

Kembali ke Jesus Is King, album kesembilan dan yang anyar dari Kanye ini sudah resmi mengudara kemarin, tanggal 25 Oktober 2019. Merumahi 11 trek yang bersih tanpa umpatan dan hanya berkisar 27 menit, album tersebut mengantongi sebuah lagu bertajuk “Use This Gospel” yang duduk di nomor ke-10. Dalam trek itu, Pusha T dan No Malice digaet berkolaborasi bersama Kenny G. Dengan kata lain—reuni Clipse.

Melalui lagu tersebut, Clipse kembali berbagi spotlight setelah sekitar 10 tahun menggarap album terakhir mereka di tahun 2009.

Pusha T angkat bicara terkait perasaannya setelah bekerja bersama kakaknya dalam satu ruang kreatif yang sama—itu, dan bagaimana hubungan mereka turut serta mendorong dna membantu proses penulisannya. Semua ini ia utarakan dalam sebuah sesi wawancara dengan pihak Vulture saat hari rilis Jesus Is King.

“Saya itu adiknya, man. Jadi, saya sangat senang—saya tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata!” paparnya.

Ia kemudian menlajutkan bahwa tema album baru Kanye ini merefleksikan betul posisi di mana kakaknya, No Malice sedang berpijak. “Dia menjalin hubungan yang lebih erat ketimbang saya (dengan Kanye) dalam album ini. Tidak ada rasa yang lebih hebat dari pada memiliki seorang pejuang di samping kalian saat sedang berkarya.”

Sudahkah kalian mendengar album terbaru dari Kanye West ini? Selain itu, menurut kalian mampukan Clipse reuni? Dengarkan “Use This Gospel”—lagu dalam Jesus Is King yang menyertakan Clipse dan Kenny G, di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
47 views
superbuzz
31 views
superbuzz
66 views
superbuzz
106 views