Coldplay Gelar Konser Live di TikTok, Dukung Red Rose Day

Coldplay Gelar Konser Live di TikTok, Dukung Red Rose Day

  • By:
  • Selasa, 8 June 2021
  • 64 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

TikTok benar-benar sudah menjadi platform yang dilirik oleh para musisi dunia untuk urusan promosi lagu, salah satunya Coldplay. Band asal Inggris tersebut belum lama ini menggunakan platform berbagi video tersebut untuk sebuah penampilan musik.

Ya, pada 24 Mei 2021, Coldplay menyanyikan empat lagu secara live di channel resmi mereka di TikTok. Dilansir NME, band britpop ini memainkan gig singkat yang disiarkan langsung dari London untuk mendukung Red Nose Day USA.

Adapun, Red Nose Day merupakan kampanye tahunan yang diselenggarakan untuk mengakhiri kemiskinan anak. Di akun YouTube Red Nose Day, sang vokalis Coldplay Chris Martin mengajak para penggemar Coldplay untuk hadir menyaksikan penampilan live mereka di TikTok.

Kami ingin Anda bergabung dengan kami untuk konser pertama kami di TikTok pada hari Senin, 24 Mei, untuk Red Rose Day. Mereka melakukan hal-hal luar biasa di seluruh dunia untuk menjaga anak-anak tetap aman, sehat, terdidik, dan berdaya. Kami sangat senang dapat mendukung pekerjaan mereka dengan pertunjukan ini," ujar Chris Martin.

Baca juga: 7 Lagu Coldplay yang Tak Lekang Oleh Zaman

Bukan kali ini saja Coldplay menunjukkan dukungan mereka untuk Red Nose Day, mereka sudah pernah melakukannya pada 2015 dengan Game of Thrones: The Musical. Sketsa komedi 12 menit dengan pemeran serial drama fantasi HBO yang telah ditonton lebih dari 35 juta kali di YouTube.

Nama besar Coldplay jelas menjadi simbiosis mutualisme bagi Red Nose Day dan TikTok. Di satu sisi, TikTok yang memiliki jutaan pengguna mendapat keuntungan akan "konser mini" Coldplay di platform mereka.

"Komunitas TikTok adalah penggemar berat Coldplay, dan kami ingin berterima kasih kepada band yang telah memilih kami untuk penampilan ini. Ini adalah kesempatan yang menarik bagi penonton global kami untuk mendengar dan menonton musik yang bagus, serta mengumpulkan uang untuk amal yang memberikan hasil yang baik bagi anak-anak di Amerika Serikat dan di seluruh dunia," kata Ole Obermann, kepala musik global di TikTok.

Alison Moore, CEO Comic Relief US berkata: “Saya sangat senang memiliki Coldplay untuk mendukung Red Nose Day 2021 dan memberikan pengalaman yang luar biasa ini kepada penggemar di seluruh dunia. Ini adalah kesempatan besar bagi Hari Hidung Merah untuk mengumpulkan dana yang sangat dibutuhkan untuk mengakhiri kemiskinan anak, dan untuk membuat terobosan baru dengan penggalangan dana TikTok pertama kami."

Kebetulan Coldplay pun sedang cukup ramai di TikTok setelah ratusan ribu pengguna TikTok menggunakan lagu terbaru mereka, Higher Power, untuk membuat konten. Menurut TikTok, lebih dari 123.000 kreasi telah dibuat di platform ini menggunakan lagu tersebut.

Lagu Higher Power sendiri dirilis dengan gimmick teka-teki misterius. Mereka juga sempat membawakan lagu tersebut secara live saat jadi opening act acara BRIT 2021 minggu lalu. Coldplay membuka upacara dengan penampilan meriah yang diawali dengan kembang api dan menampilkan hologram menari. Grup ini tampil di panggung perahu sungai yang dibangun secara khusus di Sungai Thames yang menghadap ke O2 Arena tempat penyelenggaraan penghargaan.

Lagu Higher Power resmi dirilis oleh Coldplay pada awal Mei lalu, tepatnya pada 7 Mei 2021. Kabar mengenai persiapan Coldplay dalam memperkenalkan lagu Higher Power sebenarnya sudah sempat diumumkan kala band band asal Inggris tersebut menceritakan tentang proyek musik terbaru berjudul Alien Radio pada akhir April lalu.

Dalam proses produksinya, lagu terbaru dari Coldplay ini didukung oleh kehadiran Max Martin sebagai produser. Reputasi Max Martin sebagai produser memang cukup besar. Dirinya dikenal sebagai salah satu produser pop terbaik di masa kini. Coldplay pun mengutarakan memuji keahlian yang dimiliki oleh Max Martin dalam memaksimalisasi potensi sebuah lagu. Dalam sebuah unggahan di media sosial, Coldplay menyanjung talenta yang dimiliki oleh Max Martin dan menyebutnya sebagai salah seorang yang memiliki keajaiban di seluruh jagat raya. Coldplay juga mengungkapkan bahwa sketsa awal Higher Power telah dibuat sejak awal tahun 2020.

Secara resmi, Higher Power sebagai sebuah lagu memang pertama kali diumumkan oleh Coldplay pada awal Mei lalu. Namun para penggemar barisan depan Coldplay sudah mulai menerka-nerka adanya proyek musik terbaru yang akan dirilis band asal Inggris tersebut sejak lama. 

Selain sibuk dalam menggarap lagu di masa pandemi, Coldplay juga cukup aktif menjalankan perannya untuk menyebarkan kebaikan di masa-masa sulit yang sedang dirasakan hampir di seluruh dunia saat ini. 

Salah satu langkah ini dilakukan Coldplay dengan cara ikut serta dalam inisiasi penggalangan dana yang membantu para pihak yang terdampak secara ekonomi akibat penyebaran virus Corona. Inisiasi penggalangan tersebut hadir dalam acara lelang yang dilakukan oleh Oxfam.

 

Image source: Shutterstock

0 COMMENTS