coldplay

Coldplay Rayakan 20 Tahun Album Debut ‘Parachutes’

  • By: NND
  • Senin, 13 July 2020
  • 1478 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Grup alt-rock/pop kenamaan asal Inggris, Coldplay sedang merayakan momen monumental dalam karirnya. Album debut Parachutes mereka, medarat pada tanggal 10 Juli 2000, genap berusia 20 tahun beberapa hari lalu.

Merayakannya, grup yang dikepalai oleh frontman Chris Martin ini pun mengemas ulang empat video klip single album perdana itu secara high definition (HD) yang tentu menampilkan kualitas suara dan visual yang jauh lebih baik.

Adalah track “Shiver”, “Trouble”, “Don’t Panic”, dan tentunya, “Yellow” yang kedapatan treatment remastered HD ini, memberikan sisi yang lebih “tajam” bagi karya-karya definitf Coldplay yang hingga sekarang masih mendapatkan jam terbang di kalangan fans dan pecinta musik secara umum.

“Kita memutuskan untuk merayakan 20 tahunan Parachutes dengan memoles video-video ini menggunakan sentuhan HD,” tulis mereka di deskripsi playlist YouTube resmi yang menampung empat video klip itu. Dengarkan di sini:

Merekam jejak, Parachutes sendiri berhasil menyabet banyak penghargaan dan mengantar grup asal London ini menjadi superstar dekade 2000-an awal. Singkat kata, Parachutes jadi titik monumental bagi kuintet asal London ini di tahun 2000 silam. Ia sukses menjadi album berpredikat platinum, dan menjaring jumlah penjualan yang impresif hingga di Amerika sekalipun. Tak hanya itu, sederet penghargaan pun berhasil disabet olehnya, salah satu yang paling bergengsi adalah Grammy untuk kategori Best Alternative Music Album.

Mereka mulai mereka album Parachutes pada tahun 1999. Sebelum rilis ke pasaran, Coldplay sempat merilis EP bertitel The Blue Room di tahun tersebut, yang setelahnya lepas, langsung disusul dengan proses pengarapan album debut mereka ini. Di telinga kritikus musik, Parachutes pun berlaku baik, berhasil mengamankan review positif dari media-media besar macam NME, Pitchfork, Rolling Stone, dan Allmusic.

 

“Yellow” selaku single ketiga milik album ini, menjadi salah satu track, jika tidak yang paling tersohor dari keutuhan diskografi Coldplay. Berbicara diskografinya, Chris Martin cs. sudah merilis total delapan album; Everyday Life menjadi yang teranyar, rilis akhir tahun lalu, tepatnya pada tanggal 22 November 2019.

Nikmati kembali pengalaman Parachutes kalian melalui empat video klip HD dari single-single album debut ini. Simak keempat videonya langsung di channel YouTube resmi milik Coldplay.

Masih seputar perayaan 20 tahun Parachutes, band yang resmi didirikan di tahun 1996 ini juga menggungah sebuah cuplikan take one dari video klip “Yelllow” yang belum pernah dikemukakan sebelumnya, Klip singkat itu diunggah mereka via TikTok, memberikan backstory terkait adegan “pinggir pantai” di klip resmi lagu tersebut.

@coldplay

Take 1 of the Yellow video (never seen before) ##Coldplay ##Parachutes

♬ original sound - coldplay

Pernah punya memori spesial terkait album ini? Coba bagikan cerita-cerita kalian, di kolom komentar di bawah, ya!

0 COMMENTS