Contoh Musik Rock Indonesia 2000an yang Masih Tetap Populer

Contoh Musik Rock Indonesia 2000an yang Masih Tetap Populer

  • By:
  • Jumat, 30 April 2021
  • 141 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Musik rock memiliki sejarah panjang dalam kisah perjalanannya di industri musik global, sehingga ada banyak contoh musik rock yang bisa dijadikan referensi oleh orang-orang.

Musik rock sendiri bukan genre yang simpel, karena memiliki banyak sekali sub genre yang saling bersilang dan melahirkan genre-genre baru yang—hingga sekarang—masih terus berkembang dan berevolusi. Ini sesuai dengan karakteristik musik yang serupa dengan kultur. Mereka akan terus berubah seiring berjalannya kehidupan manusia yang mendorong perkembangan zaman.

Selain itu, contoh musik rock juga sudah hadir dan tersemat dalam kebudayaan kita sedari dulu. Berawal dari kultur musik rhythm and blues kulit hitam era tahun 1920-30 an, wujud musik rock sendiri hadir secara nyata melalui pergerakan rock’n’roll pada tahun 1940-50an hingga akhirnya masuk ke Indonesia.

Ada beberapa tokoh penting yang mempopulerkan musik rock di Tanah Air hingga akhirnya bisa berkembang hingga sekarang. Contoh musik rock pun terus mengalami perkembangan hingga memasuki era 2000an dan masa kiwari.

Musik rock 2000an yang diproduksi oleh musisi lokal mampu teramplifikasi secara baik berkat peran berbagai macam media saat masa perilisannya. Sekarang, peran layanan streaming musik dan situs-situs video hosting jadi alternatif untuk tetap menjaga lagu rock 2000an tetap langgeng didengarkan.

Contoh Musik Rock: NTRL "Sorry"

NTRL merupakan salah satu nama dari genre punk rock yang berhasil mencapai kesuksesan mainstream. Pencapaian tersebut salah satunya bisa mereka raih melalui single berjudul Sorry.

Sebagai salah satu contoh musik rock 2000an, Sorry merupakan sebuah single yang NTRL rilis yang diambil dari album Putih di tahun 2005. Merujuk ke dalam daftar Spotify, contoh lagu rock 2000an satu ini menempati posisi teratas di dalam profilnya dengan angka putar sebanyak lebih dari 800 ribu. Lagu Sorry juga kembali NTRL rilis ulang untuk masuk ke dalam album XXV yang dirilis pada tahun 2018.

Contoh Musik Rock: Dewa 19 "Separuh Nafas"

Dewa 19 seringkali melahirkan hits melalui karya-karya yang mereka rilis, misalnya lagu Separuh Nafas, yang masuk ke dalam nomor di album Bintang Lima. Contoh musik rock ini adalah salah satu hits dari album tersebut selain "Roman Picisan", "Dua Sejoli", "Risalah Hati", "Cemburu", dan "Lagu Cinta".

Lagu bernuansa ballad rock ini bahkan menjadi salah satu contoh musik rock 2000an yang masih populer hingga saat ini. Album Bintang Lima sendiri tercatat terjual hingga 1,7 keping.

Contoh Musik Rock: Padi "Menanti Sebuah Jawaban"

Padi pernah sangat berjaya di industri musik Indonesia, salah satu karya yang makin mengantarkan mereka makin tenar adalah lagu Menanti Sebuah Jawaban. Contoh musik rock ini merupakan single pembuka dari album keempat Padi yang dirilis pada Mei 2005.

Contoh Musik Rock: Sheila On 7 "Seberapa Pantas"

Grup band asal Yogyakarta ini dikenal sebagai band dengan lagu yang bisa mewakili perasaan para pendengarnya. Salah satu contoh musik rock dari Sheila On 7 yang masih banyak didengarkan sampai sekarang adalah Seberapa Pantas. Contoh musik rock ini menceritakan seseorang yang sudah mengejar habis-habisan, tapi tidak dilirik oleh gebetannya. 

Contoh Musik Rock: Rocket Rockers "Ingin Hilang Ingatan"

Perjalanan Rocket Rockers di industri musik Tanah Air cukup panjang, lebih dari dua dekade berkarya salah satu lagu mereka yang berasal dari album Better Season rilisan 2008 yaitu Ingin Hilang Ingatan menjadi contoh musik rock 2000an yang masih populer hingga sekarang.

Contoh Musik Rock: Closehead “Berdiri Teman”

Bergerak di skena punk rock, Closehead pernah meraih sukses besar di era 2000an melalui single bertajuk Berdiri Teman. Contoh musik rock ini kebetulan menjadi ramai kembali setelah di tahun 2020 lalu dibawakan kembali oleh Closehead. Ya, Closehead yang sempat menghilang dari peredaran, menemukan tapal batas pada Maret 2020 ketika mereka mengumumkan kembali dengan formasi personel lamanya, Ijan dan Lam-lam beserta personel lain selepas bongkar pasang, Randy dan Igo.

0 COMMENTS