CONVERGE: Dokumentasikan Rilisan Ikonisnya Dalam Bentuk Album Live

  • By: NTP
  • Rabu, 18 January 2017
  • 2026 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Bicara soal inovasi dan kegilaan berkreasi di kancah musik hardcore/metal, Converge tentu jadi nama yang tak mungkin luput dari pembahasan. Status Converge sebagai pionir dalam peta musik hardcore/metal dibangun di atas album ikonik Jane Doe (2000). Berisikan materi yang mendobrak batas hardcore dan metal sekaligus mendefinisikan sound mathcore hingga kini, pengaruh Jane Doe tidak terbantahkan.

Vokalis Converge, Jacob Bannon, dalam salah satu wawancara di tahun 2016 bahkan menyatakan bahwa Jane Doe adalah album di mana karakter kolektif Converge akhirnya mulai terbentuk.

“Harus diingat bahwa kami hanyalah remaja ketika band ini berdiri. Kami tumbuh secara kreatif dan melalui pendewasaan di dalam band ini,” ujar Bannon. Jane Doe menurut Bannon adalah titik penting bagi Converge, karena di saat bersamaan, band seperti Botch dan Coalesce pun mulai membentuk sound yang khas di kancah hardcore.

Sebagai album yang berpengaruh di scene hardcore/metal, berbagai lagu Jane Doe menjadi langganan pengisi set-set panggung Converge. Album spesial ini pun akhirnya dibawakan seluruhnya di panggung Roadburn Festival 2016 di Tillburg, Belanda. Kuartet asal Salem, Massachusetts, ini kemudian meneruskan tradisi merilis album dari rekaman penampilan tersebut, seperti yang dilakukan Slayer dengan Still Reigning atau Pink Floyd dengan Is There Anybody Out There?

Album berjudul Jane Live tersebut memuat 12 lagu dengan urutan serupa seperti Jane Doe. Sampul ikonik Jane Doe juga diterjemahkan ulang oleh lima seniman dan ilustrator. Sementara nama-nama seperti Florian Bertmer, John Baizley (vokalis Baroness), Randy Ortiz, Thomas Hooper mengisi sampul format CD, hanya Ashley Rose Couture mengerjakan sampul piringan hitam. Album ini sudah bisa dipesan melalui label milik Bannon, Deathwish Inc. dan akan dirilis pada tanggal 24 Februari.

Converge juga sudah merilis cuplikan dari Jane Live di laman Soundcloud resmi Deathwish Inc., yaitu lagu penutup berdurasi 13 menit berjudul “Jane Doe.”

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
552 views
supershow
832 views
superbuzz
948 views
superbuzz
2080 views
superbuzz
1215 views
supershow
1423 views