Counter Intuitive Records: Label DIY Garapan Jake Sulzer

Counter Intuitive Records: Label DIY Garapan Jake Sulzer

  • By:
  • Sabtu, 15 May 2021
  • 120 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Dari antah berantah menjadi sesuatu dan memberi kontribusi, itu yang terjadi pada perjalanan Jake Sulzer mendirikan Counter Intuitive Records. Diawali dari langkah "coba-coba" menghubungi sebuah band untuk mengajak kerja sama, Jake Sulzer justru mampu mendirikan label rekaman indie sendiri.

Cerita dimulai ketika Jake Sulzer menghubungi sebuah band yang menyebarkan demo lagunya di web Reddit. Band tersebut bernama Bay Faction, kemudian Jake Sulzer menawari mereka untuk bekerja sama. Bay Faction menerima penawaran itu dan Counter Intuitive Records pun lahir pada 2015.

Jake Sulzer sendiri menemukan Bay Faction yang akhirnya berujung dengan lahirnya Counter Intuitive Records ketika usianya masih 25 tahun dan sedang menempuh semester akhir kuliah.

"Saya menemukan demo dari Bay Faction sekitar jam 3 pagi di Reddit. Saya menemukan mereka sebelum tertidur dan saya merasa mereka punya musik yang keren. Pada akhirnya mereka tertarik untuk bekerja sama dengan saya," kata Jake Sulzer di podcast Chad's Home.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Counter Intuitive (@cirecs)

Cukup kesulitan langkah Jake untuk memulai label rekaman sendiri karena tidak ada orang terdekat di lingkungannya yang pernah melakukan hal serupa. Titik cerah akhirnya datang ketika label indie bernama Asian Man Records memberi tips dan trik bagaimana memulai sebuah label rekaman.

"Saya melihat Asian Man Records menulis sesuatu di situs mereka seperti ini "email kami jika kalian ingin beberapa tips untuk memulai sebuah label rekaman". Lalu saya melakukannya, saya mengirim email kepada mereka," kata Jake Sulzer dilansir Getal Alternative.

"Mereka membalas dengan memberi tahu di mana tempat mereka untuk membeli jaket, berapa biayanya, di mana tempat mereka mencetak rekaman vinyl. Jawaban ini memberi saya banyak informasi dan saya mengambil banyak nasihat dari mereka untuk memulai label rekaman sendiri," jelasnya.

Saran dari Asian Man Records tidak berlaku efektif sepenuhnya karena Jake harus mengeluarkan uang dan waktu lebih banyak untuk pergi ke berbagai tempat. Akhirnya Jake Sulzer mendapatkan satu tempat di mana ia bisa memproduksi vinyl dan keperluan-keperluan lainnya.

Seiring waktu sistem yang dibuat Jake Sulzer untuk diterapkan di Counter Intutive Records berjalan dengan lancar sehingga mampu merekrut band-band lain. Di balik sistem dan kerja kerasnya, Jake sadar betul eksistensi labelnya tak akan bisa bertahan tanpa dukungan dari komunitas dan skena.

"Label ini tak akan bertahan tanpa dukungan komunitas. Mengadakan konser, melakukan tur. Pada dasarnya semua pertunjukan yang pernah saya lakukan dengan label adalah DIY. Jadi, tak mungkin tanpa jaringan orang dan saya benar-benar beruntung. Ini sangat bermanfaat dalam membantu band untuk menyebarkan jangkauan musik mereka," kata Jake.

Counter Intuitive Records semakin dikenal setelah merilis album debut band indie California, Mom Jeans. Nama Mom Jeans yang semakin besar, turut membuat label DIY Jake Sulzer berkembang.

"Rekaman pertama saya dari Bay Faction terjual habis dan saya sangat bangga akan itu. Kemudian saya sangat bangga ketika Mom Jeans semakin dikenal dan banyak mendapat tawaran tur dan tampil di panggung lebih besar. Ini hanya beberapa hal yang saya sendiri tak percaya bisa terjadi," ungkap Jake.

Kini Counter Intuitive memiliki belasan roster yang aktif melahirkan karya. Terdapat beberapa band indie yang cukup dikenal di skena musik macam Oldsoul, Prince Daddy, Bears in Trees, Picture Of Vernon, The Winter Passing, hingga Retirement Party.

Besar harapan Jake Sulzer untuk terus konsisten menjalankan label rekaman DIY miliknya dan melihat Counter Intuitive Records memberi kesempatan kepada band-band agar karya mereka didengar luas.

"Saya tidak tahu berapa banyak rilisan yang bisa saya buat. Saya berharap akan ada banyak, tetapi selama masing-masing adalah satu yang bisa saya pegang dan bangga menjadi bagian dari mewujudkannya ke dunia maka itu sukses dalam pikiran saya," ujarnya.

"Tujuan saya adalah terus memberikan kesempatan terbaik kepada band dan teman-teman saya. Saya ingin melihat sejauh mana segala sesuatu bisa berjalan," pungkasnya.

 

Image source: Instagram/Counter Intuitive Records (Cirecs)

0 COMMENTS