Daftar Band Rock dengan Total Personel Terbanyak

Daftar Band Rock dengan Total Personel Terbanyak

  • By:
  • Rabu, 17 February 2021
  • 781 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Menentukan jumlah personel dalam sebuah band termasuk band rock menjadi hal awal yang mesti direncanakan. Membentuk band termasuk band rock dengan skreatif mungkin menjadi hak masing-masing dari pendiri band.

Terkadang skema empat personel tidak cukup untuk sebuah band rock, jadi banyak musisi memutuskan untuk menambahkan jumlah lineup mereka. Kami menyiapkan daftar band rock yang memiliki jumlah anggota sangat besar secara bersamaan.

Sangat sedikit band yang bersatu selama beberapa dekade dengan hanya anggota asli mereka - U2 dan Aerosmith adalah dua yang terlintas dalam pikiran, tetapi tidak banyak yang lainnya.

Namun, beberapa band rock tampaknya telah bertindak berani dengan berganti-ganti personel selama bertahun-tahun. Dalam beberapa kasus, ada band rock yang harus mengganti rekan band mereka yang telah meninggal.

Daftar di bawah ini menampilkan band-band rock klasik yang mengalami perubahan paling banyak sepanjang karier mereka. Ingatlah bahwa jumlahnya sedikit bisa diperdebatkan karena sebagian besar band ini juga memiliki artis tamu yang melakukan tur bersama mereka atau mungkin telah merekam dalam sebuah album. Para musisi itu tidak termasuk - kami mencoba hanya menghitung jumlah orang yang benar-benar menjadi "anggota" band, bukan hanya mereka yang muncul di studio atau dalam tur tertentu sebagai tamu sementara.

AC/DC

Seperti yang diketahui semua orang, AC/DC secara tragis kehilangan Bon Scott pada tahun 1980 karena kematiannya yang terlalu dini, dan kemudian Malcolm Young pensiun pada tahun 2014 sebelum kematiannya karena penyebab terkait demensia pada tahun 2017.

Namun, perubahan lineup awal band rock veteran ini berkontribusi pada perjalanan mereka. Faktanya bahwa sekarang, Angus Young adalah satu-satunya anggota asli di band rock itu.

Kendati begitu, dengan total anggota sebanyak 20 orang selama berkarier, AC/DC mampu tetap eksis dan belum lama ini kembali merilis album studio bertajuk Power Up. Di album ini, AC/DC kembali diperkuat oleh vokalis Brian Johnson yang comeback usai masalah pita suaranya bisa diatasi.

King Crimson

Band rock dengan personel terbanyak berikutnya adalah band rock progressive adalah Inggris, King Crimson. King Crimson telah ada sejak 1968, selalu dengan gitaris Robert Fripp di pucuk pimpinan. Perubahan line-up sebanyak 22 kali personel sepertinya tidak pernah mempengaruhi pujian terhadap band rock ini, meskipun siaran radio zaman kiwari sudah jarang mengikuti mereka. Anggota terkenal lainnya dari band rock ini termasuk Adrian Belew, John Wetton, Bill Bruford, Greg Lake, Mel Collins dan Tony Levin.

The Mothers Of Invention

Band rock dengan jumlah anggota personel terbanyak selanjutnya adalah The Mothers Of Invention, sebuah band rock asal California Amerika Serikat yang berdiri pada 1964. Band yang cikal bakal berdirinya berasal dari Frank Zappa ini mengalami pergantian personel yang sangat sering, bahkan untuk satu tur atau menggarap sebuah album.

Tercatat bahwa ada 36 musisi berbeda yang pernah memperkuat The Mothers Of Invention selama 10 tahun perjalanan karier mereka atau hingga rilisnya album terakhir band rock lawas ini yaitu Bongo Fury pada 1975.

I'm From Barcelona

Satu lagi band rock indie yang punya anggota personel sangat banyak, I'm From Barcelona. Meski mengusung nama dari salah satu kota di Spanyol itu, band rock tersebut sebetulnya berasal dari Swedia dan memiliki anggota tetap sebanyak 28 orang (sumber lain menyebut terdiri dari 29 orang).

Band rock ini berdiri sejak 2005 dan diawali oleh Emanuel Lundgren yang terus menulis lagu hingga akhirnya direkam. Hanya beberapa pekan berselang, sebuah mini album (EP) berhasil dilahirkan dan dibawakan oleh 29 personel band dalam pertunjukan langsung pada Agustus 2005.

Broken Social Scene

Daftar band dengan personel terbanyak berikutnya adalah unit rock indie asal Kanada, Broken Social Scene. Awalnya band ini dibentuk oleh Kevin Drew dan Brendan Canning pada 1999. Semenjak itu, Broken Social Scene berkembang menjadi lebih besar. Menurut Indie88, anggotanya saja mendapat 19 hingga 25 orang.

Whitesnake

Band rock lawas kembali mengisi daftar band rock dengan total personel terbanyak. Ya, kali ini Whitesnake yang begitu populer di era 80-an itu tercatat memiliki 41 musisi yang pernah berada di band mereka.

Dibentuk pada 1978 oleh mantan anggota Deep Purple, David Coverdale, yang merupakan satu-satunya personel Whitesnake paling konsisten. Meski tercatat punya 41 personel 

yang pernah berada di band mereka, Whitesnake telah menjual lebih dari 20 juta rekaman.

Santana

Band rock kali ini total tercatat sudah pernah diperkuat 68 anggota personel. Ya, band rock veteran Santana yang telah menjual lebih dari 100 juta album di seluruh dunia sejak pembentukan mereka pada tahun 1966 di San Francisco Amerika Serikat.

Satu-satunya anggota band rock ini yang konsisten adalah frontman mereka yaitu Carlos Santana. Enam anggota inti yang merekam tiga album pertama Santana dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1998.

0 COMMENTS