Daftar Lagu-lagu Non-Rock dari Band-band Rock

Daftar Lagu-lagu Non-Rock dari Band-band Rock

  • By:
  • Jumat, 27 November 2020
  • 789 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Band-band yang sudah memilih jalur musik rock atau punk, biasanya dikenal dengan lagu-lagu mereka yang beraliran keras--ciri khas dari sebuah band rock. Band-band ini melahirkan lagu-lagu yang sesuai dengan pasar pendengar mereka.

Namun, kreasi dan membuat karya tentu akan selalu menemui ruang untuk berkembang. Begitu pula yang terjadi pada band-band rock sehingga tak sedikit dari mereka menciptakan lagu yang tidak menunjukkan karakteristik mereka biasanya.

Ya, ada pula lagu-lagu non-rock yang diciptkan dan dinyanyikan oleh band-band rock. Siapa saja yang masuk ke dalam daftar ini, berikut Supermusic sudah merangkumnya untuk kamu.

Green Day: Espionage

Tidak ada lirik yang dinyanyikan oleh Green Day dalam lagu Espionage. Single ini merupakan lagu instrumental dengan durasi 3 menit 23 detik dan masuk sebagai trek keenam dari album Shenanigans (2002).

Meski hanya berisikan instrumental, single ini didapuk sebagai soundtrack dari film Austin Powers. Dalam single ini, menampilkan instrumen bertema mata-mata di mana seluruh suara gitarnya bergaya James Bond (agen mata-mata Inggris) dan terompet yang dimainkan oleh David Campbell.

Espionage merupakan lagu instrumental kedua dari Green Day setelah Last Ride In yang rilis pada 1997. Meski tidak bernuansa rock, single Espionage dari Green Day masuk ke dalam nominasi sebagai Best Rock Instrumental Performance di Grammy Awards 2000.

Queen: Bring Back That Leroy Brown

Muncul sebagai trek ke-11 dari album Sheer Heart Attack milik Queen di 1974, Bring Back That Leroy Brown adalah lagu yang penuh keceriaan. Ditulis sendiri oleh sang frontman, Freddy Mercury, single ini menampilkan dirinya yang bermain grand piano, serta beberapa overdub vokal.

Sementara itu, May memainkan bagian pada ukulele-banjo dan Deacon menampilkan suara double bass. Dengan materi musik ini, Queen menghadirkan karya yang seolah cocok untuk tema musik acara kartun.

Dengan irama yang menghentak seolah berada di lantai dansa, Bring Back That Leroy seolah menjadi pembuktian Queen bahwa mereka bisa menghibur para penggemarnya dalam genre apa pun yang mereka bisa mainkan.

Tom Petty: Louisiana Rain

Tom Petty adalah seorang musisi rock yang mendirikan band Tom Petty and the Heartbreakers pada 1976. Saat membentuk grup musik musik rock itu, Tom Petty pernah membuat lagu bernuansa non-rock berjudul Louisiana Rain.

Lagu tersebut masuk ke dalam album Damn the Torpedoes yang rilis pada 1979. Lagu ini lebih merupakan lagu country dengan Petty mengisahkan seorang pengelana yang lelah berkendara melintasi negara untuk melihat hidup membawanya ke arah mana.

Louisiana rain is falling at my feet

Baby I'm noticing the change as I move down the street

Louisiana rain is soaking through my shoes

I may never be the same when I reach Baton Rouge

Tom Petty- Honey Bee

Lagu non-rock dari band rock selanjutnya masih diisi oleh Tom Petty and the Heartbreakers. Memasuki era 90-an, Tom Petty mulai memperbarui kreativitasnya melalui album Wildflowers yang menjadi salah satu album terbaik yang pernah ia rilis.

Sebagian besar rekaman yang ada di album ini menunjukkan nuansa rock baru dari Tom Petty, namun ada sesuatu yang berbeda dari single Honey Bee. Riff utama pada lagu ini adalah salah satu riff baling blues yang pernah direkam band tersebut.

Stone Temple Pilots- My Second Albums

Daftar lagu non-rock dari band rock selanjutnya hadir dari Stone Temple Pilots. Pada awal kemunculannya, band ini menunjukkan jati diri sebagai band bergenre alternatif. Namun, mereka mendapat banyak kritik karena musik mereka dianggap lebih selaras dengan rock klasik tahun 70-an.

Single My Second Album dianggap sebagai karya Stone Temple Pilots paling melenceng dari genre alternatif. Mereka membuat materi musik dari lagu ini seperti terdengar layaknya lagu blues, alih-alih menunjukkan sisi rekaman hard rock.

Usut punya usut, Stone Temple Pilots berupaya untuk membuat lelucon dengan mengejek tekanan yang mereka dapatkan ketika menggarap album kedua. Hal ini ditunjukkan dalam single Lounge Fly di mana lirik mereka menunjukkan tekanan selama penggarapan album kedua.

It's ok, it's ok, ok relieve me

Pins in me, pins in me, in me you kill me

The lounge fly, the lounge fly

The fly you bring me

I think I'm free but the dogs they won't release me

Don't have a nickel or a dollar but you feed me

My bottle's empty but you always refuel me

I feel I'm sinking but you won't let me drown me

I wanna fuck I wanna fuck but do you need me.

Van Halen: Big Bad Bill

Daftar lagu non-rock dari band rock berikutnya adalah Big Bad Bill dari Van Halen. Single ini merupakan trek ke-10 dari album studio kelima Van Halen, Diver Down, yang rilis pada 1982.

Setelah melahirkan karya-karya musik rock hebat pada awal 80-an, Van Halen harus merilis album Diver Down, sebagai album yang disebut mendiang Eddie Van Halen adalah pekerjaan yang terburu-buru. Setengah dari rekaman album ini merupakan lagu cover, dan dianggap sebagai album lucu-lucuan dari Van Halen.

Big Bad Bill (Is Sweet William Now) sendiri adalah lagu lawas yang diciptakan pada 1924 oleh Milton Ager dan Jack Yellen. Lagu ini sempat dinyanyikan oleh beberapa penyanyi lawas seperti Billy Murray, Emmet Muller, Margaret Young, Peggy Lee, hingga Lein Redbone.

Alih-alih menampilkan unsur rock, lagu Big Bad Bill yang di-cover oleh Van Halen menunjukkan bahwa gaya jazz-pop dari Van Halen benar-benar ada. Ada kisah menarik dari pembuatan lagu ini yang dikisahkan oleh Eddie Van Halen.

"Semua ini ide dari David Le Roth (vokalis Van Halen) yang mendengarkan lagu Big Bad Bill lewat radio. Dia merekam lagu itu dan memainkannya kepada kami. Lagu ini memiliki banyak chord, aku tidak bisa mengingatnya," kisah Eddie Van Halen.

"Aku memainkan lagu ini bersama Ayah, ada Mike (Michael Anthony) juga di sana memainkan bass gitar akustik. Ayahku sudah lama tidak bermain gitar karena dia kehilangan jari tengah tangan kirinya. Tapi, dia kembali mengingat masa lalu di mana dia merokok, bermain musik jazz, dan sebagainya. Dia memainkan persis seperti yang kami inginkan."

The Beatles: Eleanor Rigby

Daftar lagu non-rock dari band rock berikutnya menghadirkan The Beatles lewat single Eleanor Rigby. Lagu ini merupakan bagian dari album studio ketujuh The Beatles, Revolver, yang rilis pada 1966.

Lagu ini berkisah tentang kesepian yang ditulis oleh Harrison, Starr, dan Lennon. Di lagu ini, hanya Lennon dan Harrison yang mengiringi suara Paul McCartney dengan harmoni, sementara personel Beatles lainnya tidak memainkan instrumen.

0 COMMENTS