Daftar Lagu Nostalgia Barat Paling Sering Didengarkan di 2020

Daftar Lagu Nostalgia Barat Paling Sering Didengarkan di 2020

  • By:
  • Jumat, 8 January 2021
  • 132 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Lagu nostalgia barat ibarat magi bagi para penikmat musik. Tembang-tembang lawas dari para musisi veteran seperti selalu punya tempat untuk didengarkan kembali meski karya-karya mereka telah berusia lebih dari satu dekade bahkan lebih.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh salah satu platform pemutar musik digital ternama saat ini, Spotify, terdapat peningkatan signifikan terkait pendengar lagu nostalgia barat di tahun 2020. Ya, fenomena ini terjadi ketika tahun 2020 dipenuhi sederet kabar pilu khususnya soal pandemi COVID-19.

Spotify mengambil data jumlah pendengarnya lagu nostalgia barat dari 1-7 April 2020 lalu. Disebutkan bahwa ada peningkatan hingga 54% yang membuat playlist bertema lagu nostalgia barat. Serta peningkatan dalam pangsa mendengarkan musik dari tahun 50-an, 60-an, 70-an, dan 80-an.

Untuk mengetahui penyebab dari fenomena ini, Spotify mengambil pendapat dari David DiSalvo, seorang penulis ilmu perilaku dan penulis What Makes Your Brain Happy dan Why You Should Do the Opposite

"Nostalgia adalah kekuatan yang sangat kuat yang terkait dengan ingatan," katanya.

“Tapi itu memiliki cara untuk memberikan pandangan yang lebih indah pada ingatan kita. Saat kita mencium kue chocolate chip misalnya, itu adalah tautan ke ingatan yang membawa kita kembali ke tempat yang lebih stabil dan nyaman dalam hidup kita. Kita dapat mendiamkannya dalam pikiran kita dan merasakan tingkat dukungan yang sebagian besar dari kita tidak rasakan saat ini karena ada begitu banyak ketidakstabilan," jelasnya.

DiSalvo juga menjelaskan secara spesifik peran musik yang kuat khususnya tentang lagu nostalgia barat. “Musik, seperti bau, adalah salah satu hal yang memiliki akses langsung ke memori nostalgia langsung. Ini membawa Anda kembali ke tempat itu. Misalnya, semua orang dapat mengingat lagu tertentu yang mereka dengarkan selama ciuman pertama mereka."

Mungkin pendengar musik di Spotify mencoba menciptakan kembali momen-momen masa lalu mereka untuk menemukan kenyamanan, ketenangan, dan istirahat dari keseharian lewat lagu nostalgia barat.

Bukan hanya para pendengar musik yang merasakan getaran lagu nostalgia barat, para musisi pun merasakan hal serupa. Spotify mewawancarai Cyndi Lauper, penyanyi perempuan lawas asal Amerika Serikat, yang salah satu lagunya 'Girls Just Want to Have Fun' dari era 1980-an paling banyak diputar selama minggu awal April 2020.

“Musik menandai waktu bagi saya. Jadi ketika saya mendengar sebuah lagu, itu membawa saya kembali ke momen tepat pada waktunya. Itu juga membantu karena saya memiliki ingatan yang sangat baik, tetapi musik selalu menjadi bagian penting dalam hidup saya. Seperti kebanyakan, saya punya soundtrack. Rekaman pemeran Broadway The King & I dan Funny Girl membawa saya kembali ke masa ketika saya berusia 5 tahun dan baru menemukan suara dan kecintaan saya pada musik," ujar Cindy.

“Musik tahun 80-an sangat melodik. Itu adalah benang merah dan mengapa musik dari tahun 80-an sangat bagus. Saya tahu bagi saya, niat saya adalah membuat musik yang ingin didengarkan orang selama bertahun-tahun, selama beberapa dekade dan dekade, lama setelah saya pergi,” jelasnya tentang kemungkinan alasan mengapa musik 1980-an banyak didengarkan kembali.

Berdasarkan data yang dihimpun, Spotify membagi kalsifikasi lagu nostalgia barat yang banyak diputar sepanjang 2020 ke dalam medio 1950-an, 1960-an, 1970-an, 1990-an hingga 2000-an. Berikut lagu nostalgia barat yang banyak didengarkan dari penjabaran Spotify.

Lagu Nostalgia Barat 1950-an

Lagu nostalgia barat 1950-an paling banyak didengar adalah Put Your Head on My Shoulder dari Paul Anka. Tembang ini milik Paul Anka, seorang penyanyi asal Kanada yang dirilis pada 1959. Lagu ini beberapa kali menjadi populer setelah dibawakan ulang oleh musisi lain seperti The Lettermen pada 1968.

Lagu nostalgia barat 1950-an selanjutnya ada single dari Johnny Cash berjudul I Walk the Line. Single ini menjadi lagu pertama Johnny Cash yang mampu memuncaki tangga lagu Billboard di masanya dan menempati posisi ke-17 di tangga lagu pop Amerika Serikat.

Lagu Nostalgia Barat 1960-an

Berlanjut ke lagu nostalgia barat yang paling banyak diputar dari era 60-an ada tembang milik The Beatles, Here Come the Sun. Lagu ini dirilis pada September 1969 dan masuk ke dalam album studio ke-12 The Beatles bertajuk Abbey Road.

Lagu nostalgia barat era 60-an berikutnya adalah Feeling Good dari Nina Simone. Lagu ini masuk ke dalam album Nina Simone pada 1965 bertajuk I Put a Spell on You. Lagu ini sangat populer hingga dibawakan ulang oleh musisi-musisi kenamaan macam Michael Buble, Black Cat Bones, hingga George Michael.

Lagu Nostalgia Barat 1970-an

Daftar lagu nostalgia barat selanjutnya paling sering didengar selama 2020 adalah single Don't Stop Me Now dari veteran unit rock Queen. Lagu ini merupakan nomor dari album ketujuh Queen bertajuk Jazz yang dirilis pada 1978.

Lagu Nostalgia Barat 1980-an

Menuju medio 1980-an, lagu nostalgia barat banyak didengarkan selama 2020. Mulai dari lagu milik AC/DC Black in Black hingga Livin On A Prayer dari Bon Jovi. Dua grup musik tersebut memang merajai tangga lagu di era keemasan mereka dan hingga sekarang lagu-lagu mereka masih sering didengarkan.

Lagu Nostalgia Barat 1990-an

Sementara dari era 1990-an, lagu nostalgia barat yang banyak didengarkan cukup beragam. Salah satunya adalah tembang Oasis berjudul Wonderwall, kemudian ada lagu kenamaan milik grup vokal Backstreet Boys, I Want It That Way.

Lagu Nostalgia Barat 2000-an

Berlanjut untuk lagu nostalgia barat di era 2000-an, single dari rapper Amerika Serikat, Eminem, berjudul Lose Yourself masuk ke dalam daftar ini. Ada juga hits dari Beyonce berjudul Halo yang menjadi lagu nostalgia barat paling sering didengarkan di 2020.

0 COMMENTS