dam dam pop

Dam Dam Pop!, Kolaborasi Bangkutaman dan Harlan Boer yang Manis

  • By: NND
  • Kamis, 20 August 2020
  • 797 Views
  • 3 Likes
  • 0 Shares

Apa jadinya jika dua nama musik kultusan milik kota Jakarta bersatu? Yang kalian dapatkan adalah sebuah kolaborasi apik. Itu yang terjadi ketika Bangkutaman, yang diisi oleh Wahyu Acum dan kawan-kawan, bersatu dengan mantan personil C’mon Lennon, Harlan Boer. Kolaborasi keduanya menghadirkan Dam Dam Pop!, sebuah proyek yang juga sudah berhasil menelurkan album tujuh track.

Merekam jejak, Dam Dam Pop! terbentuk dari inisiasi Harlan Boer untuk gelaran tahunan Cassette Store Day 2019. Ide itu pun disambut baik oleh trio yang sekarang diisi oleh Acum (vokal-gitar), Mada (bass), dan Utam (dram). Bahkan, Dam Dam Pop! menjadi proyek kolaborasi Bangkutaman pertama yang hadir dalam format rekaman. Singkat cerita, di tahun 2019 kemarin, mereka merilis mini album dalam format kaset. Sekarang, mereka kembali dengan wujud yang lebih matang.

Kala itu, hanya selang beberapa hari menuju gelaran CSD, Harlan dan Bangkutaman berinisiasi melalui sesi jamming di studio. Hasilnya direkam ke dalam kaset untuk gelaran annual tersebut, membuahkan tiga lagu orisinal dan dua lagu cover. Kali ini Bangkutaman yang terakhir merlilis album 10 tahun lalu, masuk dapur rekaman bersama Harlan Boer dan memasak tujuh nomor yang mengisi repertoar album debut self-titled proyek kolaborasi ini.

Hasilnya pun terbilang menyegarkan, dengan perpaduan powerpop 70-an dan alternative era 90-an yang mengalir keras di nadinya, Dam Dam Pop! terdengar simpel, namun disaat yang bersamaan, berhasil menampilkan kecantikannya secara tepat dan akurat.

Aman dikatakan bahwa album Dam Dam Pop! menjadi sebuah kolaborasi yang pada dasarnya tidak diharapkan oleh khalayak musik lokal, namun dibutuhkan; terutama di masa-masa penuh keresahan seperti ini. Paduan artistik Harlan Boer dan Bangkutaman berkelindan manis dan saling mendukung, menghasilkan sebuah rilisan yang tidak patut dilewatkan begitu saja.

Adapun Pandji Dharma (Sirati Dharma) dari Palm House yang didapuk sebagai sound engineer, serta Ratta Bill (Bedchamber) pada pengerjaan artwork untuk album ini. Sudah mendarat di layanan streaming semenjak tanggal 6 Agustus 2020 kemarin, kalian bisa langsung mendengarkannya. Selamat menikmati!

 
0 COMMENTS