Damon Albarn

Damon Albarn Ingin Dorong Lebih Banyak Musisi Merilis Karya Politis

  • By: NTP
  • Selasa, 23 April 2019
  • 286 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Dalam wawancara dengan BBC Radio 6 Music baru-baru ini, Damon Albarn ingin para musisi untuk menulis hal-hal yang lebih politis agar karya mereka lebih bermakna.

Selama beberapa bulan terakhir, Albarn memang nyaring berkomentar soal Brexit. Dia mengakui bahwa Blur menolak menggelar serangkaian konser besar untuk merayakan ulang tahun ke-25 album seminal, Parklife (1994) lantaran perpecahan sosial pasca-Brexit.

Menurut penuturan Albarn pada penyiar BBC Radio 6, Gemma Cairney, seniman dan musisi kini harus mengambil posisi yang lebih politis dalam karya mereka terutama menyoal Brexit. Pemungutan suara yang terjadi pada pertengahan 2016 ini terasa “sangat depresif” menurut Albarn.

“Memang masuk akal rasanya untuk tetap menjaga pertemanan dengan tetangga kita, saya rasa ini keputusan yang wajar.

Namun secara umum, (Brexit) menjadi alasan dan pintu gerbang bagi ide-ide busuk yang sekarang tengah dipelihara. Itulah tragedi Brexit yang sesungguhnya, kejadian ini membuka kotak Pandora,” ujar Albarn.

Beberapa saat kemudian, Cairney menuturkan bagaimana musik populer merespon beberapa kejadian politik kontemporer dengan mengambil posisi yang tegas.

“Memang saat ini musik membutuhkan sikap seperti itu. Musik selfie tidak punya masa depan. Apakah saya pernah membuat musik seperti itu? Mungkin saya mencoba dengan keras, tapi hati saya sepertinya mencegah saya menulis musik seperti itu dengan baik,” jelas Albarn.

Beberapa kali berkomentar menggunakan istilah musik selfie, Albarn agaknya berbicara tentang musik yang sangat cenderung mengupas tataran permukaan diri seseorang, alih-alih terhubung dengan masyarakat dan dunia luas.

Di tahun 2015 saat diwawancara NME, Albarn sempat mengomentari banyak musisi karena musik mereka tidak mengupas apa yang sedang terjadi di luar sana.

“Seperti inilah generasi selfie. Mereka cuma bicara omong kosong,” tutup.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
862 views
superbuzz
253 views
superbuzz
888 views
superbuzz
1516 views

G-Shock Ajak Kolaborasi Gorillaz