Dave Grohl

Dave Grohl Mengenang Masa Peralihan dari Nirvana ke Foo Fighters

  • By: YAS
  • Senin, 6 July 2020
  • 1013 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Tanggal 4 Juli 2020 merupakan hari yang spesial bagi Dave Grohl. Pria yang kini dikenal sebagai pentolan dari grup rock Foo Fighters ini, pada 25 tahun silam merilis album self-titled bersama Foo Fighters yang hingga hari ini mengubah nasibnya, dari seorang drummer begundal di Nirvana, menjadi vokalis sekaligus gitaris karismatik bersama Foo Fighters.

Dalam sebuah sesi wawancara bersama Matt Wilkinson dari Apple Music, Dave mengenang masa-masa awal peralihannya dari Nirvana ke Foo Fighters. Menurutnya, berada di belakang set kala itu dan kini menjadi yang terdepan di sebuah unit rock raksasa, rasanya campur aduk dan membutuhkan nyali yang besar.

"Semua ini membutuhkan waktu yang lama untuk saya. Maksud saya, ketika saya memasuki panggung, 'Hey, Oke, ayo selesaikan'. Tapi itu sekarang, berbeda dengan puluhan tahun lalu, bahkan dalam sesi wawancara sekalipun, saya sering merasa gugup.

Saya merasa tidak nyaman, dan saya menyadarinya. Saya merasa seperti tidak biasa berada di depan seperti itu dan bahkan saya tidak ingin melihat wawancara-wawawancara saya sendiri di saat itu," ungkapnya.

Tidak hanya pergantian posisi yang membuat Dave Grohl merasa tertekan. Perlakuan dari para penggemar Nirvana dan media kepada dirinya saat berada di Foo Fighters pun turut membuatnya cukup kebingungan kala itu.

"Ada beberapa wartawan yang saat itu bertanya, 'Kenapa kamu berani bermain musik lagi setelah bersama Nirvana ?', saya merasa, 'Ya apalagi yang harus saya lakukan?'" ujarnya lagi.

Saat memulai Foo Fighters, Dave Grohl merasa mereka harus berangkat dari bawah lagi, tepat seperti apa yang ia lakukan di Nirvana. Daripada menjadi band pembuka untuk konser-konser mewah, Dave lebih menginginkan untuk kembali ke van dan menggelar tur sederhana yang menurutnya lebih nyaman.

"Dalam melakukan tur promo atau wawancara bersama media, kami mencoba sesederhana itu karena semuanya terasa begitu menakutkan. Saya tahu bahwa saya sedang berjalan di level yang lebih tinggi saat itu, saya tahu saya akan diamati sebegitunya dan saya sadar bahwa akan muncul berbagai perbandingan," kenang Dave Grohl.

0 COMMENTS