Dave Lombardo Prihatin dengan Drummer Muda Zaman Sekarang

  • By: NTP
  • Minggu, 5 November 2017
  • 5029 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Dave Lombardo menyatakan prihatin atas ketergantungan drummer muda pada teknologi untuk membuat penampilan mereka terdengar sempurna, baik di panggung maupun studio.

Penabuh drum yang sudah malang-melintang bersama Slayer, Suicidal Tendencies dan Dead Cross ini menyatakan rasa prihatinnya dalam wawancara di program SixX Strings, WZLX FM, pada 19 Oktober lalu.

[bacajuga]

“Saya rasa lebih baik untuk tidak menggunakan segala kemudahan itu dengan komputer. Jangan gunakan Beat Detective (pemotong ketukan di dalam perangkat lunak Pro-Tools) jika kamu ingin menolong drummer. Suruh dia pergi ke ruang latihan, berlatih dengan metronom, ambil metronomnya, dan suruh ia rekaman seperti biasa.”

“Mereka justru datang dan merekam beberapa bar, kemudian menyuruh teknisi untuk memperbaiki rekaman mereka. Jika seorang drummer datang membawa masalah ini, sebagai teknisi saya akan merasa frustrasi,” ujar Lombardo.

Ia merasa kasihan terhadap para musisi yang melakukan overproducing dan gagal menampilkan kualitas serupa di panggung. Menurut Lombardo, kemajuan teknologi telah mengubah cara orang memproduksi dan mendengarkan musik.

“Saat saya mendengarkan album di umur enam hingga sepuluh tahun, era 70-an, kita bisa mengetahui yang mana suara bass, snare dan hi-hat drum.”

“Ada juga bass gitar, gitar elektrik dan vokal. Jadi kita bisa membedakan beberapa bagian dan instrumen berbeda, bunyi ini organik, kita bisa mendengar apa yang dilakukan sang drummer. Banyak drummer di speed metal, thrash metal sekarang yang menggunakan trigger, akhirnya kita hanya mendengarkan hal itu. Mereka yang sekarang sedang tumbuh dewasa tidak tahu bahwa selama ini mereka telah mendengarkan trigger. Jadi mereka merasa tidak cocok mendengar sound drum yang mereka setel. Saya pikir ini yang terjadi. Ada perbedaan persepsi antara produksi musik yang sebenarnya dan apa yang mereka dengarkan. Bagi saya hal ini membingungkan para pendengar,” pungkas Lombardo.

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
2866 views
superbuzz
1236 views
superbuzz
1426 views
superbuzz
1380 views