David Ellefson ‘Megadeth’: Bassist Band Metal Mesti Bermain Cerdas

  • By: LS
  • Senin, 5 October 2015
  • 4215 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Untuk mendapatkan suara khas dari komposisi musisi, semua instrumen jelas harus memiliki peran. Bukan jadi sekadar pengiring atau kalah hebat dengan suara instrumen lain. Dalam musik manapun selalu begitu, termasuk metal. Suara gitar dan drum menjadi elemen khas yang membuat seorang pemain bass memutar otak. Sekadar jadi pengiring dan penjaga tempo? Hell no! Seorang bassist mesti ambil peran besar dalam komposisi musik. David Ellefson dari Megadeth pun masih berusaha melakukan hal ini.

“Hal tersulit adalah untuk mendapatkan suara yang pas dalam band, karena suara gitar dipandang besar, mereka sangat keras; drum sekarang juga keras dan penuh tenaga, hal ini dimulai nampaknya karena rekaman awal Iron Maiden dan Vinnie Paul juga produksi dari Pantera. Man, the drums just got huge, you know,” cetus Ellefson dalam wawancara bersama Top Guitar, sebuah media dari Polandia.

Ellefson mewanti-wanti seorang bassist harus bermain dan menciptakan suara yang cukup ‘huge’ untuk komposisi musik metal, “Jadi, untuk mendapatkan sound yang menjadi bagian besar dari semua itu; itu tergantung dari not yang kalian mainkan, karena metal, kita menciptakan suara yang besar”.

Ellefson biasa bermain dengan pick hampir sepanjang karirnya, karena hal ini membantunya mendapatkan sound yang ia inginkan. Gaya bermain itu membuat Ellefson mendapatkan banyak kritik dari banyak orang. Ellefson pun sadar itu bagian dari proses dan ia bakal menemukan apa yang menjadi ciri khasnya.“Itu sebabnya saya sangat suka waktu melihat Kyle Sanders dari Hellyeah memainkan bass dengan jari dan menghasilkan tone yang luar biasa.”

Mendapatkan posisi setara dengan gitaris, vokalis serta pemain instrumen lain dalam band adalah hal terpenting buat Ellefson. Untuk apa berada dalam sebuah band kalau ternyata permainan kita tidak memberikan pengaruh besar dalam sound yang dihasilkan? “Mereka dari Meshuggah pun bisa menghasilkan suara bass yang besar dan keren. Mereka punya posisi yang nyata dalam sebuah band. Untuk saya, saya rasa itu hal terpenting – untuk benar-benar mendapatkan posisi dalam komposisi,” tutur Ellefson.

Foto: yellmagazine.com, changinghands.com, savingcountrymusic.com

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
380 views
supericon
1179 views

Flea: The Crazy Bassist

supergears
1343 views
supershow
987 views