David Lee Roth

David Lee Roth Dedikasikan Lagu untuk Eddie Van Halen

  • By:
  • Sabtu, 28 November 2020
  • 424 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tribute untuk mendiang Eddie Van Halen masih terus mengalir khususnya dari jagat musik. Salah satunya adalah kolega Eddie saat berada di band Van Halen, David Lee Roth. Pria berusia 66 tahun tersebut mempersembahkan lagu khusus yang didedikasikan untuk Eddie Van Halen.

Lagu itu berjudul Somewhere Over the Rainbow Bar and Grill yang diunggah ke akun YouTube David Lee Roth pada Jumat (30/10/2020), atau sekitar tiga minggu selepas Eddie Van Halen dinyatakan meninggal usai bertarung melawan kanker lidah yang dideritanya sejak tahun 2000.

"Hey Ed, aku akan sangat merindukan dirimu. Sampai bertemu kembali di dunia yang lain," tulis David Lee Roth dalam ilustrasi lagu Somewhere Over the Rainbow Bar and Grill.

Lagu tersebut disebut-sebut berasal dari album yang belum pernah dirilis oleh David Lee Roth. Dikatakan bahwa Somewhere Over the Rainbow Bar and Grill ditulis oleh David Lee Roth dan gitarisnya, John 5, pada 2014.

Sementara itu, Rainbow Bar and Grill merupakan sebuah klub legendaris di Hollywood Sunset Strip yang pada tahun 1970-an sering dikunjungi oleh para bintang ternama seperti Keith Moon, John Lennon, Alice Cooper, Ringo Starr, Micky Dolenz, hingga Harry Nilsson.

Lagu Somewhere Over the Rainbow Bar and Grill dibawakan David Lee Roth dengan hanya iringan gitar akustik yang ceria dan sangat pop. Lagu tersebut berisikan lirik-lirik yang mengenang masa muda David Lee Roth bersama Eddie Van Halen, dan merujuk pada masa awal terbentuknya Van Halen yang saat itu berjuang mendapatkan kontrak rekaman.

David Lee Roth secara cerdas dan jenaka membawakan lirik-lirik nostalgik, sebuah cara darinya untuk merekam setiap fragmen yang pernah dilewati David Lee Roth bersama Eddie Van Halen. Lewat lagu ini, pendengarnya akan bisa merasakan kedekatan yang begitu intim antara David Lee Roth dengan Eddie Van Halen.

Lirik Lagu Somewhere Over the Rainbow Bar and Grill dari David Lee Roth untuk Mendiang Eddie Van Halen:

Workin' the corners

When the record deal happened

And the week before I found out

I was sleepin' on the floor

With my new best gal

In a very very empty house

Wrong kind of non-conformist

That's the case and always be

In a sleeping bag front of the fireplace

My girlfriend and me

Somewhere over the rainbow bar and grill

Well I never knew me a better time

And I guess I'll never will

Somewhere over the rainbow bar and grill

Some say they was happy then

Me, I'm happy still

Down at the local canteen

You know the smell of fresh sawdust

When they first throw it on the floor

You hear a rockin' little rhythm

From inside the rhythm kitchen

As you're walkin' past the canteen door

120 degrees, the good times spreading like humanity

And here's what I found out

This one belongs in the book or it oughta be

We'll do a shot as we sail out

The authority's implored us

And it happened frequently

In a sleeping bad front of the fireplace

Your girlfriend and me

Somewhere over the rainbow bar and grill

It's a damn good story

And there's still more to tell

Somewhere over the rainbow bar and grill

You say times they ain't got better

Maybe they still will

We know all the punchlines

But we still laugh like hell

One thing never changes

Still can't afford the bill

Wrong kind of non-conformist

That's the case and always be

In a sleeping bag front of the fireplace

Your girlfriend and me

Somewhere over the rainbow bar and grill

Well I never knew me a better time

And I guess I'll never will

Somewhere over the rainbow bar and grill

Some say they was happy then

Me, I'm happy still.

David Lee Roth, Eddie Van Halen, dan Van Halen

Pada awal karier bermusiknya, David Lee Roth masih menjadi penyanyi solo dan bergabung dengan band rock bernama Red Ball Jet's. Di lain sisi, Alex dan Eddie Van Halen tergabung dalam band Mammoth dan sering menyewa sound system dari Red Ball Jet's dengan harga 10 dolar AS per malam.

David Lee Roth lantas bergabung dengan band Alex dan Eddie Van Halen di Mammoth, kemudian pada 1974 mereka resmi berganti nama menjadi Van Halen. Bergabung dengan mereka kemudian ada Michael Anthony sebagai pengisi posisi bass.

Di awal berjalan bersama Van Halen, David Lee Roth dan kolega sering bermain di klub-klub dan pesta kebun. Titik di mana mereka mulai menancapkan eksistensi sebagai band rock kenaman hadir pada 1978 saat merilis album perdana bertajuk nama band mereka sendiri.

Namun, setelah merilis album kelima dan melewati perjalanan perjuangan dan kesuksesan lebih dari satu dekade, David Lee Roth memutuskan hengkang dari Van Halen pada 1984. Perbedaan pendapat soal kreativitas disebut-sebut menjadi alasan utama kepergiannya saat itu.

Posisinya lantas digantikan oleh Sammy Hagar. Namun, karier Hagar berakhir di 1996 atau satu tahun setelah mereka menggelar tur Balance. Konflik yang terjadi dengan Eddie disebut-sebut sebagai alasan Hagar keluar.

Van Halen tetap melanjutkan karier bermusik mereka dengan menggandeng Gary Cherone di 1996. Berbagai kesuksesan masih mereka raih meski berganti vokalis, bahkan mereka mampu merilis album Van Halen III dan lagu mereka berjudul ‘Without You’ memuncaki nomor urut pertama pada Billboard Mainstream Rock Charts pada 1998.

Akan tetapi, kesuksesan itu kudu terhenti pada 1999 ketika Van Halen memutuskan vakum dari dunia musik yang diikuti dengan keluarnya Cherone. Selama empat tahun rehat dari hingar bingar dunia hiburan, Van Halen memberi kejutan pada 2003 ketika Hagar kembali bergabung sebagai vokalis.

Hanya dua tahun reuni dengan Hagar karena dia keluar pada akhir 2005. Namun, para penggemar Van Halen kembali dibuat bungah karena band favorit mereka kembali diisi oleh suara khas dari David Lee Roth Roth pada 2006. David Lee Roth sempat melakukan tur bersama Van Halen pada 2015 yaitu Tokyo Dome Live in Concert dan tur Amerika Utara.

0 COMMENTS