Deap Vally Siap Rilis EP Kedua di Tahun yang Sama

Deap Vally Siap Rilis EP Kedua di Tahun yang Sama

  • By:
  • Senin, 3 May 2021
  • 32 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tahun lalu berhasil merilis album ketiganya, Deap Lips, di tahun ini juga Deap Vally kembali dengan menghantarkan karya-karya baru melalui EP Digital Dream. Namun mereka tidak berhenti di situ. Di tahun yang sama, Deap Vally memiliki rencana untuk kembali merilis EP dalam waktu dekat. EP yang akan rilis di bulan Juni mendatang menjadi satu-satunya karya Deap Vally yang rilis di tahun yang sama dengan karya sebelumnya. Deap Vally meyakinkan bahwa mereka mencoba untuk menghadirkan kesan spesial pada EP berjudul American Cockroach, baik secara teknis maupun konsepnya. Kabar yang diumumkan pada awal April lalu ini juga dilakukan bersamaan dengan rilisnya single terbaru dari Deap Vally, Give Me A Sign.

Give Me A Sign merupakan single pertama yang dirilis oleh Deap Vally untuk menyambut EP American Cockroach. Total, Deap Vally telah menyiapkan 4 buah track untuk EP terbarunya. Deap Vally juga kembali melakukan tren positif yang sebelumnya hadir di penggarapan mini album Digital Dream, yaitu kolaborasi. Sebelumnya Deap Vally melakukan kolaborasi bersama KT Tunstall, Peaches, Jamie Hince dari The Kills, dan Jenny Lee dari Warpaint untuk proses penggarapan mini album Digital Dream. Kali ini, untuk EP American Cockroach, Deap Vally mengajak kolaborasi Jennie Vee dari Eagles of Death Metal dan Ayse Hassan pemain bass untuk Savages. 

Deap Vally mengungkapkan bahwa materi yang ada di dalam EP American Cockroach sebetulnya merupakan karya-karya mereka yang sempat dibuat beberapa tahun lalu dan baru direkam dan kembali disesuaikan dengan keseluruhan konsep EP tersebut. Deap Vally juga menyatakan, kolaborasi yang dilakukan bersama Jennie Vee dan Ayse Hassan juga menambah warna tersendiri yang memenuhi wadah representasi dari keseluruhan karyanya. Mulai dari lagu-lagu yang datang membawa cerita pribadi maupun juga sebagai alat kritik yang satir. Deap Vally juga menambahkan bahwa lagu-lagu yang tersedia di EP American Cockroach tersebut sengaja dibuat untuk orang-orang yang selalu dianggap lemah dan mereka yang selalu berusaha sekuat tenaga namun tunduk dengan hukum alam yang terjadi di lingkungannya. Begitu pula dengan lagu Give Me A Sign yang baru dirilis oleh Deap Vally.

Vokalis Deap Vally, Lindsey Troy mengungkapkan bahwa lagu barunya, Give Me A Sign, merupakan lagu yang cukup memiliki kesan mendalam kepada dirinya. Vokalis Deap Vally tersebut mengakui bahwa lagu tersebut berasal dari pengalaman pribadi yang mendalam. Cerita dari lagu Give Me A Sign mengaku pada suatu momen spesifik yang terjadi pada hidupnya. Bagi kalian yang penasaran maksud di balik lagu tersebut, bisa dengarkan di bawah ya, Superfriends.

Proses pengerjaan EP American Cockroach juga dibantu oleh Josiah Mazzaschi. Josiah merupakan seorang produser yang cukup memiliki hubungan dekat dengan Deap Vally. Pasalnya, Josiah Mazzaschi merupakan sosok yang membantu Deap Vally merekam demo mereka untuk pertama kali di tahun 2012. Untuk proyek EP American Cockroach, Josiah Mazzaschi juga memberikan beberapa saran yang mampu menghadirkan elemen-elemen megah ke dalam lagu-lagu baru milik Deap Vally. Josiah Mazzaschi menyarakan agar proses rekaman EP American Cockroach juga dilengkapi dengan instrumentalisasi dari optigan atau optical organ yang mampu menghadirkan nuansa dramatis dan melankolis dari lagu baru milk Deap Vally.

Sejak pertama kali dibentuk di tahun 2011, Deap Vally belum sempat mengubah formasi di dalamnya. Sejak pertama, Deap Vally dimotori oleh Lindsey Troy dan Julie Edwards. Keduanya dikenal sebagai musisi multi instrumentalist yang bertalenta di kawasan San Francisco Valley. Meskipun berada di skena musik yang beririsan, ternyata kedua motor bagi Deap Vally tersebut baru pertama kali bertemu di sebuah kelas menyulam. Sebuah latar belakang yang cukup jauh dari profesi yang mereka lakukan sebagai musisi.

Di tahun 2012 setelah merekam demo yang dibantu oleh Josiah Mazzaschi, akhirnya Deap Vally mendapatkan bantuan dari Ark Recordings. Bersama Ark Recordings, Deap Vally merilis single perdana mereka Gonna Make My Own Money dan di waktu yang sama dengan perilisan single tersebut, Deap Vally sedang mulai tampil di skena musik alternative rock London. Dengan single perdana yang cukup mendapatkan respon bagus dan etos kerja yang dimiliki oleh Deap Vally, akhirnya band besutan Lindsey Troy dan Julie Edwards tersebut mendapatkan perhatian dari Island Records dan memutuskan bergabung bersama perusahaan rekaman tersebut. Kabar tersebut juga pertama kali diumumkan ketika Deap Vally sedang mengisi panggung Reading and Leeds Festival tahun 2012. Setelah jadwal tur rampung, Deap Vally pun resmi merilis single perdananya bersama Island Records berjudul End Of The World. Single tersebut sengaja dirilis secara perdana dan eksklusif melalui program radio milik Zane Lowe yang cukup populer di BBC Radio 1. Mendapatkan respon yang baik, BBC mengundang Deap Vally untuk menjadi salah satu pengisi acara BBC Radio Rocks Week di tahun 2012 yang disiarkan secara live di Maida Vale Studios.

Sebagai band asal Amerika Serikat, Deap Vally cukup jadi dikenal di skena musik Inggris dan memiliki hubungan yang cukup baik bersama para penggiatnya. Di tahun 2012 sendiri, Deap Vally sempat menjadi supporting act untuk tur konser yang dilangsungkan oleh The Vaccines dan sempat menjadi pembuka untuk konser Muse di Finlandia, Jerman, dan kawasan Baltik. Di akhir tahun 2013, Deap Vally resmi merilis album perdananya Sistrionix di bawah naungan Island Records.

Image courtesy of Deap Vally

0 COMMENTS