album debut jevin

Fleksibilitas Musik Elektronik di Album Debut Jevin Julian

  • By: NND
  • Selasa, 10 December 2019
  • 895 Views
  • 10 Likes
  • 39 Shares

Jevin Julian, seorang produser muda Tanah Air, hadir dengan kabar gembira. Pada Jumat, 6 Desember 2019, ia merilis album debut self-titled miliknya. Rilisan teranyar ini menaungi lead single bertajuk “BAJ”—sebuah trek yang digarap bersama long-time collaborator-nya, rapper Kara Chenoa.

Membahas album debutnya, nampak keluasan musik dan referensi Jevin yang tergambarkan dengan baik. Repertoar album ini diisi dengan lagu-lagu yang, meski masih masuk ke dalam halaman elektronik, hadir dengan ragam dan variasi yang segar. Rilisan yang “luas” ini terasa cocok sebagai debut karena mampu menampilkan fleksibilitas Jevin dalam bermusik—entah itu sebagai produser, arranger, ataupun songwriter. Apa yang ia sajikan melalui album ini berlaku sebagai sebuah “CV” yang pakem untuk menyikapi perkembangan kariernya dalam belantika musik Indonesia.

Perilisan album yang mendadak tak berarti semua yang disiapkan Jevin ini merupakan sebuah surprise. Mengisi keutuhan album debutnya, adalah sejumlah lagu yang sudah sempat diperdengarkan ke publik; di antara lain “Capone” yang menggaet barisan rima A. Nayaka, “No Clue” yang kembali dengan kolaborasi bersama Kara Chenoa, serta “Save Me, Poseidon”—sebuah trek bersama penyanyi-penulis lagu/produser Petra Sihombing. Lepas dari itu, ada pula beberapa nomor baru macam “Semu,” dan “Di Bawah Langit Oranye.”

Terkait dengan Petra, keduanya bahkan memiliki proyek duo yang sudah beberapa kali tampil di sejumlah panggung lokal, salah satunya adalah Hodgepodge Superfest kemarin.

Sang produser muda menggubah album ini sebagai gambaran yang cukup terus terang. Membahas latar di baliknya, Jevin merunut album ini beradasarkan “apa yang ingin disampaikan—hanya suasana hati saat itu dan tidak melalui banyak pertimbangan.”

Hal itulah yang direpresentasikan oleh cover art album ini: Seorang anak kecil yang bermain keyboard, di mana anak kecil cenderung melakukan segala sesuatu yang ia gemari tanpa dipertimbangkan.

Dengarkan keutuhan album debutnya, di bawah ini:

Feature photo: sumber

1 COMMENTS
  • cimoloriginal@gmail.com

    Sadis