Deretan Rocker yang Pernah Mencicipi Kerasnya Dunia Militer

  • By: NTP
  • Kamis, 9 November 2017
  • 5313 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Pada periode seperti sekarang, mendengar kabar bahwa seorang musisi pernah atau tengah menjadi tentara adalah hal aneh. Mungkin di beberapa negara seperti Korea Selatan, yang masih memberlakukan wajib militer, musisi atau selebritas pop sekaligus tentara adalah hal lazim.

[bacajuga]

Beberapa musisi rock mungkin terlihat tangguh di panggung, sebagian kecil lagi di antara mereka ternyata mendapat pendidikan yang membuat mereka tangguh. Sebagian lainnya ingin mendapat pengalaman baru karena bosan dengan kehidupan rumahan. Berikut adalah beberapa musisi rock yang pernah mengangkat senjata, sebelum akhirnya mengangkat instrumen musik.

1. Maynard James Keenan (Tool dan A Perfect Circle)

Keenan sempat menjadi anggota militer di awal 80-an, bersamaan dengan penambahan nama ‘Maynard’ di depan namanya. Vokalis eksentrik ini mendaftar sebagai anggota militer sebelum ia masuk Kendall College of Art and Design, Grand Rapids, Michigan dan memulai Tool.

Saat mendaftar masuk militer, Keenan menganggap dunia sudah dalam keadaan yang cukup damai. Pada periode itu Amerika Serikat belum terlibat Perang Teluk. Keenan mengaku dalam wawancara dengan Rolling Stone AS bahwa AS hanya terlibat dalam konflik Grenada saat ia mendaftar. Pandangannya soal militer pun kini telah bergeser.

“Saya tidak yakin bisa menyarankan siapapun untuk menjadi anggota militer di masa ini. Bagi beberapa orang mungkin hasilnya bagus. Ini memang sulit, karena hal-hal itu yang saya cari, disiplin, keterhubungan, rasa rentan dan menggantungkan hidup ke tangan anggota lain, teman atau kolega. Perkembangan penting ini muncul saat kita dihancurkan dan dibangun lagi dari nol.”

“Namun, saya tidak tahu apakah menjadi perpanjangan tangan untuk dominasi global juga termasuk di dalamnya. Soal ini perasaan saya bercampur aduk,” papar Keenan.

2. Jason Mark Everman (Nirvana dan Soundgarden)

Everman adalah salah satu dari sedikit orang yang bisa mengklaim diri sebagai gitaris Nirvana, bassis Soundgarden dan tentara Army Ranger serta Green Beret. Ia bergabung dengan Nirvana pada Februari 1989 dan terdaftar di album Bleach sebagai gitaris kedua. Namanya disebut karena telah membayar sebagian rekaman album tersebut, walau permainannya tidak termuat di Bleach. Soundgarden kemudian jadi rumah keduanya pada awal 1990, sebagai pengganti sementara bassis Hiro Yamamoto.

Hanya sempat merekam satu lagu (cover “Come Together” di EP Loudest Love), pada September 1994 Everman memutuskan untuk menjadi tentara karena terinspirasi oleh Benvenuto Cellini, seorang seniman, filsuf dan pejuang di abad pencerahan. Everman tergabung dalam batalion 2nd Ranger kemudian Special Forces, ia ditempatkan di Afghanistan dan Irak.

3. Jerry Garcia (The Grateful Dead)

Vokalis-gitaris badung ini menjadi anggota militer pada usia 17 tahun sambil menyusupkan gitarnya. Pada wawancara dengan Rolling Stone AS, ia mengaku ingin menjelajahi tempat baru karena kondisi rumah yang kacau dan tidak betah berada di sekolah. Saat itu, Garcia mengaku satu-satunya pilihan adalah menjadi anggota militer.

“Saat saya masuk sebagai tentara, saya tak lagi bicara pada keluarga saya. Mereka bahkan tidak tahu setelah saya keluar dari militer. Saya tidak mau membicarakan hal ini pada siapapun, saya juga tidak mau dihubungkan dengan mereka. Saya hanya ingin bersenang-senang, saya tidak ingin bekerja atau menjadi mahasiswa. Tidak ada yang memaksa saya. Keluarga saya juga akhirnya tahu bahwa saya baik-baik saja,” ucap Garcia.

4. Jimi Hendrix

Siapa sangka bahwa gitaris ikonis ini pernah menjadi tentara? Walau hanya sebentar, Hendrix pernah bergabung dengan tentara AS. Berkas keanggotaan Hendrix dari National Personnel Records Center di St. Louis, menunjukkan bahwa ia memang tidak cocok memegang senjata. Menurut sersan atasannya, Louis Hoekstra, kebiasaan Hendrix memainkan gitar saat waktu istirahat menghambat kemampuannya sebagai tentara.

“Ini adalah salah satu kesalahannya, karena pikirannya tidak bisa berfungsi saat bertugas dan ia terus-terusan memikirkan soal gitarnya,” ujar Hoekstra.

5. Elvis Presley

Raja rock n’ roll ini aktif menjadi anggota militer selama dua tahun di penghujung dekade 50-an. Ia tengah menuju puncak kesuksesan saat memutuskan untuk menjadi tentara. Presley dikenal menolak untuk diperlakukan secara khusus saat menjadi anggota militer. Pada tahun 1960, Presley mendapatkan gelar sersan dan dibebastugaskan secara terhormat tak lama kemudian.

“Elvis benar-benar serius. Ia pintar dan melaksanakan tugasnya dengan baik. Ia merasa menjadi bagian dari kami, ia peduli terhadap kami. Rasa hormat dan keakraban yang ia berikan dibalas setimpal oleh orang-orang di sekitarnya. Beberapa kali, saya melihat elemen kepemimpinan di diri Elvis yang membuat saya berpikir, bahwa ia bisa saja memimpin tentara ke dalam pertempuran, sama seperti musiknya yang sanggup membuat jutaan anak muda mengidolakannya,” jelas pemimpin pletonnya, William J. Taylor.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
481 views
supericon
1291 views
superbuzz
7413 views