ALBUM REVIEW: Dinosaur JR – Give A Glimpse of What Yer Not

  • By: ERA
  • Jumat, 23 September 2016
  • 1512 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

DINOSAUR JR – GIVE A GLIMPSE OF WHAT YER NOT

(8 / 10)

Sejak reuni tahun 2005 dengan formasi klasik J Mascis, Murph dan Lou Barlow, band asal Amherst, Massachusetts ini seperti menemukan dorongan kreatifitas untuk lebih produktif. Album studio ke-11 Give a Glimpse of What Yer Not adalah album ke-4 setelah mereka reuni hampir satu dekade lalu. Formasi solid yang telah membuat album lebih banyak dari inkarnasi pertama mereka.

Tidak seperti album periode awal yang lebih emosional dan agresif, Dinosaur Jr semakin dewasa dengan proses kerja kolektif (Lou Barlow selalu mendapat porsi 2 lagu dalam repertoire setiap album), seperti di album ini. Walau tidak banyak mengubah formula trademark mereka (Jangly pop yang dibungkus distorsi tebal dan vokal slacker J Mascis), tiap album memililiki highlight yang berbeda.

Hal istimewa rilisan ini ada di materi yang terdengar lebih mudah diakses. Kalo kita bongkar tiap lapisan instrumen di beberapa lagu, kita akan menemukan akord melodi pop catchy sebagai kerangkanya (di single pertama “Tiny, I Told Everyone” atau “Lost All Day”). Di track “Knocked Around”, tempo bahkan diturunkan menjadi balada dengan Mascis bernyanyi dalam nada falsetto, walaupun kembali dikebut pada bagian belakang lagu.

Di antara keseluruhan repertoire album, kita bisa membedakan mana track milik Lou Barlow (selain bagian vokal tentunya). Barlow tampak menumpahkan lirik kontemplasi lewat track “Love Is” dengan pengaruh 60s folk ala The Byrds atau The Mamas & The Papas. Kedewasaan Mascis sebagai penulis lagu utama juga terasa di lagu “Mirror” dan “Be a Part”.

Lewat track pembuka “Goin Down” dan “I Walk for Miles”, tak diragukan lagi kalau Dinosaur Jr tidak melupakan identitas utama mereka sebagai band Noise Rock berisik yang membantu kelahiran genre Grunge dua dekade lalu. Secara keseluruhan, Give A Glimpse of What Yer Not kembali menunjukkan kepercayaan diri dan kompetensi mereka sebagai band Rock. 

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
49 views
supernoize
817 views
supershow
350 views
superbuzz
306 views
superbuzz
615 views
superbuzz
1205 views