Direct Hit

Direct Hit Warnai Tahun 2020 dengan Rangkaian Single Baru

  • By:
  • Kamis, 24 December 2020
  • 1651 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Terbentuk di tahun 2007, band pop punk asal Milwaukee, Amerika Serikat, bernama Direct Hit ini sudah lama tidak terdengar kabarnya. Sejak terakhir kali merilis album di tahun 2018 berjudul Crown of Nothing, Direct Hit seakan hilang bagai ditelan bumi. Namun siapa sangka, di tahun 2020 ini, Direct Hit akhirnya muncul kembali ke permukaan dengan memperkenalkan karya baru mereka. 

Setelah dua tahun tidak hadir dengan karya baru, Direct Hit kembali di tahun 2020 dengan merilis beberapa single terbaru. Rangkaian single ini masih memiliki kualitas demo. Namun, Jika hal tersebut datang dari Direct Hit, tampaknya bukan jadi masalah bagi pendengarnya. Pasalnya, band pop punk asal Amerika Serikat ini cukup menilai serius rekaman demo mereka. Di tahun 2020 ini, Direct Hit resmi merilis empat buah single demo, di antaranya adalah Always, Wasteland, dan Have You Seen It? yang sudah bisa dinikmati melalui platform musik digital dan sebuah single berjudul Never Gonna Die yang hingga saat ini hanya tersedia melalui akun Bandcamp Direct Hit. 

Perilisan rangkaian single demo terbaru dari Direct Hit ini juga jadi tanda untuk karya-karya yang dirilis dalam formasi terkini, yang saat ini diisi oleh Nick Woods, Devon Kay, Joram Zbichorski, Maura Weaver, dan Logan Stang. Meskipun masih berada di situs Bandcamp resmi mereka, Direct Hit juga tetap memberi opsi kepada para penggemarnya untuk mendapatkan lagu Never Gonna Die Secara cuma-cuma.

Terbentuk di tahun 2007, ide tentang hadirnya Direct Hit di kancah permusikan punk rock ini berasal dari Nick Woods yang kala itu sedang bosan untuk terus bermain musik beraliran indie rock bersama bandnya terdahulu, The Box Social. Idenya tidak hanya berhenti untuk membuat band pop punk saja, namun Nick Woods menginginkan Direct Hit memiliki kontinuitas karya layaknya sebuah buku komik. Hal tersebut dapat terealisasi oleh Direct Hit melalui rangkaian EP yang diberi nomor 1 hingga 5 dan berhasil dirilis dalam rentang waktu 2008 hingga 2010. Format rilisan yang dikeluarkan oleh Direct Hit kala itu masih terbilang cukup baru dan berhasil menarik perhatian banyak orang. Rangkaian lima buah mini album yang dirilis oleh Direct Hit juga dapat diunduh secara gratis dan menjadi trik untuk memikat banyak pendengar dalam masa-masa awal pembentukannya. 

Perjalanan karier Direct Hit dilanjutkan dengan mereka memilih untuk bekerja sama di bawah naungan Kind of Like Records. Di tahun 2011 bersama Kind of Like Records, Direct Hit akhirnya merilis album perdana mereka berjudul Domesplitter. Dalam pembuatan album ini, Direct Hit mengajak kolaborasi para pendengarnya. Kolaborasi yang dilakukan oleh Direct Hit bersama para penikmat musiknya tersebut hadir dalam bentuk pilihan lagu yang akhirnya mereka rekam ulang untuk masuk ke dalam album perdana dari Direct Hit.

Seusai merilis album perdananya, di rentang tahun 2011 hingga 2014, Direct Hit kembali merilis rangkaian mini album. Kali ini, rangkaian mini album yang dirilis oleh Direct Hit dirancang ke dalam sebuah versi album split. Untuk konsep kreatifnya kali ini, Direct Hit mengundang nama-nama seperti Tit Patrol, Jetty Boys, Hold Tight, The Haverchucks, Braver, dan The Priceduifkes. Di tengah-tengah perilisan mini album split bersama para musisi skena punk lainnya, Direct Hit juga sempat merilis album keduanya di tahun 2013. Kali ini, Direct Hit merilis album ketiga tersebut di bawah naungan Red Scare Industries dengan judul Brainless God. Konsep unik masih menghampiri Direct Hit dalam perumusan tema album keduanya. Direct Hit mengusung tema tentang hari-hari akhir saat dunia hancur akibat bencana nuklir. Bahkan dalam tema tersebut, Direct Hit juga memasukkan unsur kultus tentang penyembah setan yang membuat album tersebut terdengar aneh namun memiliki daya tarik tersendiri. Terbukti album kedua dari Direct Hit tersebut berhasil masuk ke dalam 20 album punk terbaik versi media Punk News.

Popularitas yang didapatkan oleh Direct Hit melalui media Punk News pun akhirnya membuat nama mereka semakin dikenal. Terutama di kota asal mereka, Milwaukee. Direct Hit sempat masuk ke dalam daftar musisi yang perlu diawasi pergerakannya versi Milwaukee Journal Sentinel. Direct Hit juga pernah tampil menjadi bintang tamu untuk sebuah acara talk show televisi Amerika Serikat, Last Call with Carson Daly.

Keunikan yang dimiliki Direct Hit juga membawa mereka semakin dikenal di lingkungan musisi punk rock yang lebih dulu berhasil menembus pasar musik internasional. Tidak jarang Direct Hit didaulat sebagai band pembuka untuk konser-konser garapan Blink-182, NOFX, Rise Against, A Wilhelm Scream, Dillinger Four, Good Riddance, The Suicide Machines, Off With Their Heads, The Flatliners, Pears, Mixtapes, Cheap Girls, Red City Radio, Masked Intruder, Smoking Popes, dan Guerilla Poubelle.

Popularitas yang semakin besar dan juga kepribadian Direct Hit yang digemari oleh para musisi senior akhirnya membuka kesempatan lain bagi band pop punk satu ini. Di tahun 2016, Direct Hit berhasil mendapatkan sebuah kontrak kerja sama dengan salah satu label punk rock yang cukup dihormati di skena mereka, Fat Wreck Records. Memaksimalkan kesempatan tersebut, Direct Hit langsung menggunakan momentum tersebut untuk merilis album keempat mereka yang berjudul Wasted Mind di tahun yang sama untuk perusahaan rekaman milik Fat Mike dari NOFX tersebut. Direct Hit melanjutkan kerja sama tersebut dengan merilis album kelima mereka Crown of Nothing di tahun 2018.

0 COMMENTS