Dirilis Lagi, Album '...And Justice For All' dari Metallica Tetap Tak Di-Mix Ulang

  • By: NTP
  • Minggu, 4 March 2018
  • 1945 Views
  • 2 Likes
  • 2 Shares

Menuju perilisan ulang …And Justice For All (1988) edisi ulang tahun ke-30, Metallica dikabarkan tidak berkeinginan melakukan remix untuk album tersebut. Mix album perdana Metallica selepas kematian Cliff Burton ini dikenal bermasalah, terutama sound bass, walau memiliki materi berkualitas.

Tahun lalu, James Hetfield mengatakan mix …And Justice For All membutuhkan lebih banyak bass. Saking bermasalahnya mix album ini, produser album Flemming Rasmussen sudah meminta maaf, sementara sound engineer Toby Wright menyatakan ia akan melakukan mix ulang.

Walau demikian, salah satu sound engineer album ini, Steve Thompson menyatakan Metallica tak berminat melakukan remix dan ingin mempertahankan mix asli album ini. Pengakuan ini datang saat Thompson bertamu di podcast Talk Toomey: The Metal Nexus Podcast.

“Saya hanya mengerjakan edisi ulang tahun …And Justice For All. Saya hanya mengirim beberapa foto dan materi sisa rekaman, tapi mereka tidak ingin melakukan remix. Mereka ingin mempertahankan mix asli.”

“Mereka mungkin saja melakukan remaster atau sejenisnya, tapi langkah itu tidak akan banyak berpengaruh. Sejujurnya, saya tidak yakin multitrack album itu bisa diselamatkan. Trek drum Lars saja memuat 5 juta penyuntingan. Jadi saat kita membuka peti master tape-nya akan ada 50 juta bagian tape tersebar di dalamnya,” jelas Thompson.

Metallica sudah merelakan mix buruk …And Justice For All, sementara Thompson mengaku sudah kebal kritik karena sebagian besar pendengar berasumsi mix itu adalah kesalahannya. Tahun lalu, Lars Ulrich juga mengaku bersalah telah memperburuk kualitas mix album ini.

Konon bunyi bass (yang dimainkan oleh Jason Newsted, bassis baru yang menggantikan Burton) di album keempat Metallica itu begitu pelan lantaran Lars Ulrich memintanya sedemikian rupa untuk menghormati Burton, walau kemudian rumor itu disangkal oleh Ulrich dan James Hetfield.

0 COMMENTS

Info Terkait

supershow
0 views
superbuzz
160 views
superbuzz
676 views
superbuzz
1092 views
superbuzz
588 views