Disebut Fans Abal-abal Metallica, Artis TikTok Zaria Bungkam Cemoohan

Disebut Fans Abal-abal Metallica, Artis TikTok Zaria Bungkam Cemoohan

  • By:
  • Sabtu, 23 January 2021
  • 152 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Pengujung tahun 2020 sempat diwarnai dengan ribut-ribut para pengguna TikTok. Penyebabnya adalah salah satu seleb TikTok atau artis TikTok bernama Zaria yang mendapat serangan berbentuk cemoohoan dari para netizen.

Hal ini bermula ketika artis TikTok tersebut mengunggah sebuah video dengan mengenakan baju bertuliskan album studio kedua milik band heavy metal veteran dan kenamaan dunia, Metallica, Ride the Lightning. Justru pilihan berpakaian artis TikTok itu yang bikin polemik.

Metallica sendiri adalah raksasa dunia metal yang tak terbantahkan, pengaruh mereka di dunia fashion juga cukup luas. Ikon media sosial dan selebritis dunia termasuk Kim Kardashian dan Kendall Jenner sering mengenakan kaos Metallica yang bikin loyalis metal mempertanyakan pengetahuan mereka tentang band dan kualifikasi mereka untuk mewakili genre tersebut.

Dan itulah yang dihadapi artis TikTok Zaria akhir-akhir ini. Penyanyi dan penari R&B/hip hop itu menerima penolakan dari beberapa pengguna platform media sosial ini setelah mengenakan T-shirt Ride The Lightning dalam video terbaru. Salah satu pengguna lantas menantang artis TikTok ini untuk "menyebutkan tiga lagu Metallica".

Tak sedikit pula para pengguna TikTok meragukan bahwa Zaria benar-benar menyukai Metallica atau setidaknya mengikuti genre musik keras ini. Namun, baru-baru ini pula artis TikTok tersebut memberi tanggapan yang bikin bungkam orang-orang yang mencemooh dan meragukan dirinya sebagai fans garis keras Metallica.

"Benarkah? Hanya tiga lagu (Metallica)? Bagaimana kalau saya memainkannya lagu itu dengan gitar untuk Anda?," kata Zaria dalam balasan di video TikTok-nya.

Artis TikTok ini kemudian mengambil gitarnya untuk kemudian memainkan rip dari hits-hits Metallica seperti 'Master of Puppets' dan 'Enter Sandman' bersama dengan beberapa permainan jari di gitarnya yang mematikan di single 'One'. Permainan gitar Zaria terlihat sangat rapi dan teratur ini menjadi cara dirinya untuk menanggapi pertanyaan yang merendahkan apakah dia adalah artis TikTok yang "pura-pura" menyukai Metallica.

"Media sosial tidak menunjukkan dengan baik dan benar tentang diri seseorang secara lengkap. Saya adalah penggemar berat Metallica dan saya tumbuh dengan bermain gitar. Hanya karena saya menyanyikan musik R&B, bukan berarti saya tidak bisa menyukai musik metal," ujar artis TikTok itu dalam lanjutan videonya.

Artis TikTok yang juga aktif membuat lagu sendiri ini tidak berhenti sampai di situ. Pada video selanjut menampilkan Zaria bermain gitar dari lagu 'One' serta segmen dari 'tallica klasik' lainnya termasuk 'Battery', 'The Unforgiven' dan 'To Live Is To Die'. Artis TikTok ini mampu memainkan semua hits tersebut dengan ciamik.

Dalam sebuah video yang diposting kemarin, artis TikTok itu berterima kasih kepada para pengikutnya atas dukungannya setelah video artis TikTok tersebut ditulis oleh berbagai media musik luar negeri.

"Lebih dari seminggu yang lalu saya memposting video yang telah mengubah hidup saya," katanya. “Saya tidak pernah menyangka videonya akan meledak, tapi pada dasarnya yang terjadi, saya mengenakan kemeja Metallica dan beberapa orang berkata, 'Sebutkan tiga lagu Metallica,” ujar si artis TikTok ini.

“Jadi, jelas saya adalah penggemar berat Metallica dan tujuan saya sekarang adalah membuat band melihatnya,” tambah artis TikTok ini meminta pengikutnya untuk menandai band tersebut di media sosial.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ZARIA (@zariasmusic)

Fenomena kaus band metal sendiri memang menjadi tren fashion bagi segelintir selebriti dunia. Tak heran sederet selebriti-selebriti papan atas mulai dari Kim Kardashian, Justin Bieber, Gigi Hadid, sampai Paris Jackson sering kedapatan mengenakan kaus band-band metal. Dan yang paling sering dikenakan tentu adalah kaus milik pesohor thrash metal seperti Metallica.

Sebelum artis TikTok seperti Zaria, artinya tren mengenakan baju Metallica sudah ramai di kalangan pesohor. Namun, artis TikTok Zaria mendapatkan cemoohan yang cukup keras dari para pengguna platform itu.

Fenomena ini sendiri pernah ditanggapi oleh solois Anne Erin Clark alias St. Vincent yang mengaku geram dengan fenomena tersebut. Ia menganggap kalangan ‘hipster’ itu tak mengerti apa-apa tentang band yang nampang di kaus mereka. Baginya, para hipster itu seolah-olah mengenakannya atas nama fashion belaka. Melalui akun media sosial resminya, St. Vincent pun menyindir para hipster yang disebutnya itu sebagai ‘fashion kid’.

“Aku ingin menjadi tipe orang brengsek, yang menganggap seorang ‘fashion kid’ yang mengenakan sebuah kaus vintage Metallica dan sangat yakin bahwa mereka mampu menyanyikan setidaknya satu lagu dari album Ride the Lightning,” sindirnya melalui Twitter, dikutip melalui Metal Injection.

Di tahun 2015 lalu, mega bintang Justin Bieber sempat di-bully oleh kalangan metalhead dunia. Mereka menganggap Bieber tak pantas mengenakan kaus Metallica. Menanggapi hal tersebut, vokalis Metallica, James Hetfield malah memuji Bieber lantaran baginya penyanyi pop idola remaja itu sebagai sosok yang bertalenta. Bahkan ia memasukkan hal tersebut sebagai salah satu momen favorit Hetfield di tahun 2015.

0 COMMENTS