TURN IT AROUND: Dokumenter Komunitas Punk 924 Gilman Street

  • By: NTP
  • Rabu, 31 May 2017
  • 3417 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Turn It Around: The Story of East Bay Punk adalah film dokumenter yang menampilkan sejarah komunitas punk di Bay Area, California selama 30 tahun terakhir, khususnya kemunculan kolektif 924 Gilman Street di Berkeley.  

[bacajuga]

Film ini mengisahkan sejarah perkembangan komunitas dan kancah musik punk Bay Area dimulai di San Francisco di era 70-an akhir oleh beberapa band seperti Avengers dan Dead Kennedys. Komunitas ini kemudian menyebar ke daerah Berkeley, Oakland dan daerah pinggiran di era 80-an. Tentunya masa keemasan kancah tersebut jatuh di era 90-an, di mana muncul band-band punk seperti Operation Ivy (yang nantinya bertransformasi menjadi Rancid), The Offspring, AFI, Jawbreaker, dan tentunya Green Day—yang sempat dimusuhi karena dianggap ‘sell out’.

Turn It Around: The Story of East Bay Punk diproduseri dan disutradarai oleh Corbett Redford, sementara kursi produser eksekutif diduduki oleh ketiga personel Green Day. Film dokumenter ini juga akan dinarasikan oleh Iggy Pop.

Film yang tayang di San Francisco Documentary Film Festival ke-16 pada 31 Mei lalu itu juga ditampilkan di beberapa panggung Green Day pada rangkaian tur Revolution Radio World di AS.

Peluncuran dokumenter ini juga akan ditayangkan di serangkaian teater kota New York, akhir Juli mendatang, serta Los Angeles pada pertengahan September. Trailer resmi Turn It Around: The Story of East Bay Punk pun telah dirilis 25 Mei lalu.

“Suatu hari Billie Joe bertanya pada saya apakah saya bisa mencari beberapa rekaman penampilan lama Green Day. Saya kemudian mencari rekaman itu dengan menemui beberapa teman yang mengoleksi rekaman tersebut selama bertahun-tahun.”

“Kemudian saya memberikan rekaman penampilan Green Day sebanyak 20 atau 30 dalam sebuah hard drive, kebanyakan direkam di pesta rumahan, sebuah klab kecil, semacam itu,” jelas sang sutradara Redford.

Bille Joe Armstrong (Green Day), Noodles (The Offspring), Kirk Hammett (Metallica), Jello Biafra (Dead Kennedys), Kathleen Hanna (Bikini Kill, Le Tigre), dan Tim Armstrong (Operation Ivy, Rancid) tampil di dokumenter tersebut. Trailer film ini juga menampilkan ‘kekacauan’ yang sering terjadi di 924 Gilman Street, seperti pesta confetti atau balapan sepeda roda tiga.

Turn It Around adalah kesempatan bagi kami untuk menceritakan kisah komunitas punk East Bay, ini adalah kancah yang sakral bagi saya, Mike, Tré, dan banyak pihak lain yang berada di sana, mereka yang membantu membentuk genre ini. Kami bangga bisa menampilkan sejarah gerakan ini, dan berharap film ini bisa menginspirasi banyak orang untuk menciptakan musik dan membangun komunitas artistik mereka sendiri,” jelas Billie Joe Armstrong lewat siaran pers.

Tonton trailer Turn It Around: The Story of East Bay Punk di bawah ini:

0 COMMENTS

Info Terkait

supernoize
791 views
superbuzz
240 views
superbuzz
453 views
superbuzz
1171 views