Down For Life

Down For Life Merespons Pandemi dengan Single ‘Apokaliptika’

  • By: NND
  • Senin, 1 June 2020
  • 2396 Views
  • 3 Likes
  • 2 Shares

Sebagai sebuah respons terkait situasi dunia yang dilanda pandemi, unit metal kawakan asal kota Solo, Down For Life, merilis sebuah lagu baru berjudul “Apokaliptika” via Blackandje Records pada tanggal 31 Mei 2020 kemarin. Simak video liriknya di bawah ini:

Mengutip siaran pers yang diterima SUPERMUSIC, “Single kedua ini menjadi semacam pembuka dari kotak pandora album keempat Down For Life. Bersiaplah menyambut perubahan peradaban bersama ‘Apokaliptika’.”

Lagu baru ini menyusul perilisan sebelumnya, yakni “Mantra Berhala” di tahun 2019 kemarin. Dikatakan bahwa kedua single ini akan “menjadi bagian dari album keempat yang rencananya akan rilis di tahun 2020 ini.” Meski begitu, proses rekaman harus terhambat karena pembatasan terkait pandemi.

Berbicara lagu baru mereka, “Apokaliptika” awalnya sudah mulai direkam semenjak bulan Oktober 2019 di Darktone Studio Jakarta TImur. Aslinya bertajuk “Dead Shall Rise”, judul lagunya pun diubah untuk lebih relevan dengan kondisi yang ada. Stephanus Adjie mengusulkan untuk “merubah judul dan lirik dalam bahasa indonesia agar lebih relevan,” terangnya. Alhasil, rekaman vokal baru kembali digarap pada Maret 2020 silam.

Halaman aransemen dari “Apokaliptika” diisi oleh Rio Baskara yang dibantu juga oleh Isa Mahendrajati, Muhammad ‘Abdul’ Latief, dan Ahman ‘Jojo’ Ashar, serta Mattheus Amadeus Aditirtono. Proses mixing dikerjakan oleh Adria Sarvianto, yang merangkap produser bersama vokalis Stephanus Adjie. Adapula Benitho Siahaan yang mengerjakan proses mastering-nya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

APOKALIPTIKA Ini adalah himne kami dalam pandemi covid-19 dan menyambut New Normal. Video liriknya sudah dirilis di saluran youtube @blackandje . Lagu ini adalah single kedua setelah "Mantra Bentala" yang akan ada di album keempat yang akan dirilis @blackandjerecords . Sebelumnya berjudul "Dead Shall Rise" kemudian di rubah aransemen dan liriknya sesuai situasi sekarang. Rekaman dilakukan di Dark Tones Studio. @adria.sarvianto kembali memegang kendali mixing dan dimastering @bennythosiahaan . Artwork dikerjakan oleh @jahlogomes dan video oleh @keretabadja . . Tautan video ada di bio . Selamat datang di normal baru.. APOKALIPTIKA! . #downforlife #pasukanbabineraka #blackandjerecords #apokaliptika #dfl4 #metalband #metalhead

A post shared by down for life (@downforlifesolo) on

Pada single berdurasi lima menit 40 detik ini, Down For Life melanjutkan eksplorasi sound yang hadir pada lagu sebelumnya. Mereka meracik sound modern metal yang dipadu dengan karakteristik yang sudah matang. Aransemen digiring lebih heavy melalui balutan blasting drum nan rapat, riff gitar cadas, dan variasi vokal growl dan scream yang mencakar.

“Apokaliptika” dikemas ke dalam video lirik garapan tim visual asal Purwokerto, Kerta Badja, yang menggunakan visualisasi dari Jahlo Gomes--seniman asal Solo yang juga turun tangan menggarap artwork-nya. Selain itu, dengan meluncurnya single ini, Down For Life juga membuka koleksi merch baru yang dipersembahkan oleh labelnya, Blackandje Records. Segera amankan, Superfriends!

0 COMMENTS