Dr. Scientist: Pedal Anti Mainstream Buatan Ryan Clarke

Dr. Scientist: Pedal Anti Mainstream Buatan Ryan Clarke

  • By:
  • Rabu, 16 June 2021
  • 119 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Bosan dengan kehidupan kerja di ladang minyak, Ryan Clarke akhirnya memutuskan untuk keluar dari zona nyaman itu pada 2003. Sejak saat itu, Ryan mulai merangkai jalan baru sebagai seorang pembuat pedal efek gitar yang pada akhirnya melahirkan Dr. Scientist Sounds.

Di awal setelah keluar dari pekerjaan itu, Ryan Clarke sempat mengambil program pendidikan 2 tahun di bidang Teknologi Rekayasa Elektronik. Langkah ini dilakukan untuk membayar keinginannya dalam mempelajari soal audio. Ryan sering mengotak-atik komponen di luar kegiatan sekolah dan kebetulan saat itu ia sedang gemar bermain gitar.

Dengan bantuan Tanya Bach sebagai desain grafis, Ryan mulai bereksperimen membuat pedal gitar di ruang bawah tanah rumahnya yang berlokasi di Okanagan Valley, British Columbia, Kanada. Pada 2005 Ryan mulai membuat prototipe pedal gitar yang dia inginkan, kemudian langkah selanjutnya adalah membuat desain gambar pada pedal gitar tersebut yang dilakukan oleh Bach.

Sejak memulai dengan sungguh-sungguh pada tahun 2006, Clarke dan Bach telah mengirimkan hampir 750 pedal buatan tangan dari laboratorium bawah tanah mereka dalam batch yang cermat sekitar dua lusin per pesanan. Toko musik di kota-kota yang jauh seperti London dan New York, dan negara-negara seperti Denmark dan Norwegia.

Baca juga: Horizon Devices: Pedal untuk Gitaris Metal dan Rock

Dalam perjalanannya, Ryan Clarke dan Bach akhirnya dibantu oleh Bryan Kulba yang bertanggung jawab untuk mengurusi logistik dan menjawab email dan pertanyaan layanan pelanggan. Bryan Kulba kini tak masuk di formasi teraktual Dr. Scientist Pedal, Ryan Clarke dan Tanya Bach sekarang dibantu oleh Neil Graham sebagai desain, assembly, dan programming.

Salah satu produk terbaru Dr. Scientist adalah Dusk, sebuah filter analog yang dikontrol secara digital. Jadi, secara keseluruhan Dr. Scientist disebut sering menghasilkan pedal yang tidak biasa dan berbeda dari buatan perusahaan pedal lain.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Dr. Scientist Pedals (@drscientistsounds)

"Dusk adalah pedal filter akses rendah multi-mode baru kami, yaitu filter analog resonansi 24dB / oktaf yang dikontrol oleh mikro untuk fitur digital yang kuat. Tujuan kami dengannya adalah menggabungkan semua cara paling keren untuk menggunakan filter dalam satu kotak kecil. Ada mode manual di mana Anda mengontrol filter dengan kenop atau pedal ekspresi atau tegangan kontrol atau MIDI, ada mode amplop di mana filter merespons dinamika sinyal input, dan ada mode LFO di mana filter digerakkan dengan 6 bentuk gelombang yang berbeda," ujar Ryan dilansir Vargitar.

“Ada saklar kaki kedua yang memiliki kegunaan berbeda bergantung pada modenya. Semua fitur digital dapat diakses dengan MIDI termasuk sistem preset, jam MIDI, subdivisi LFO, dan pengganda. Ini sangat mudah digunakan, dalam kandang ukuran kecil yang bagus, terlihat sangat keren, dan hanya berharga $ 199 USD di toko-toko."

"Kami mencoba menghadirkan suara dan / atau fitur yang tidak umum, terkadang menyenangkan bagi kami untuk menjadi aneh. Neil dan saya suka bereksperimen dengan pemrograman dan sirkuit banyak bermain-main dan melihat apa yang terjadi, kami selalu memiliki rasa petualangan dengan pekerjaan desain kami. Kami adalah sejenis bisnis kecil khusus dan kami mencoba mengisi ceruk pasar pedal dengan penawaran kami," kata Ryan.

Kini Dr. Scientist memiliki beberapa jenis pedal yang dibuat dalam kemasan kecil untuk memicu kreativitas kalian diantaranya Dusk, The Atmosphere, BitQuest, Frazz Dazzler, The dan Elements.

Pedal efek buatan Ryan Clarke kini sudah dikenal luas, ia menyebut salah satu momen paling berkesan adalah pedal buatannya digunakan oleh gitaris Rage Against The Machine, Tom Morello. 

"Saya telah terpesona beberapa kali pada tahun lalu, katanya seseorang melihat foto Tom Morello mencoba pedal Atmosfer, itu gila. Dan ada foto David Duchovny duduk di depan pedalboard yang bertuliskan BitQuest, yang hampir membuat saya jatuh dari kursi. Favorit saya hanyalah orang-orang di Instagram dan Facebook yang menunjukkan foto pedalboard mereka, itu selalu merupakan kehormatan besar dan sangat saya hargai," ujar Ryan Clarke.

 

Image source: Instagram/Dr.Scientist Pedals

0 COMMENTS