mysapce

Database Baru Sajikan Restorasi Lagu-Lagu Hilang MySpace

  • By: NND
  • Kamis, 2 July 2020
  • 18096 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Anak-anak 90-an mungkin sedang senang-senangnya sekarang. Selain kembalinya Beavis and Butt-Head, kabar baru juga datang dari MySpace.

Di awal tahun 2000an, MySpace dikenal sebagai salah satu platform promosi musik paling promenin yang penting bagi perkembangan karir banyak band dan musisi. Maka, saat MySpace mengumukan bahwa arsip lagu mereka dari tahun 2003-2015 tidak sengaja terhapus, banyak yang kecewa.

Sebulan setelah kabar buruk itu, banyak lagu yang diunggah circa 2008-2010 berhasil terselamatkan. Sekarang, database baru telah hadir untuk membantu para pendengar musik menemukan kembali musik-musik mereka yang sempat hilang itu.

Merekam jejak, menghilangnya banyak lagu yang diunggah ke MySpace berawal dari proyek migrasi server, yang kemudian berimplikasi pada terhapusnya beberapa item dalam arsip mereka. Restorasinya pun mulai dijalankan oleh sekelompok akademisi yang mempelajari jaringan-jaringan musik, yang sempat menggungah lagu-lagu format mp3 dari MySpace pada tahun 2008 hingga 2010.

Sekumpulan file yang berhasil direstorasi itu disusun dalam sebuah daftar baru. Namun, semua file-nya memiliki nama yang sama, yakni “MySpace’s CDN” (content delivery network). Sekarang, database yang memiliki fungsi search sudah dikemukakan, sehingga kalian bisa mulai mencari musik-musik MySpace yang dulunya hilang menggunakan nama lagu atau artist-nya.

 

 

“Dari tahun 2003 hingga 2012, MySpace merupakan tempat bagi band untuk mengunggah lagu mereka,” tulis statement dari pihak yang merilis database baru ini--dilansir dari Altpress. “Di tahun 2018, ia kehilangan banyak file akibat migrasi server. The Internet Archive telah berusaha turun tangan dan membatu merestorasi koleksi yang hilang, dan telah berhasil menampung mereka dalam sajian yang searchable. Selamat menikmati.”

Lagu-lagu dari Never Shout Never, Panic! At The Disco, Paramore, My Chemical Romance, Bring Me The Horizon dan Blink-182 merupakan yang terkena imbas dari kehilangan data MySpace kala itu. Sekarang, lagu-lagu mereka dapat kalian nikmati kembali di database baru ini.

0 COMMENTS