drill

Drill: Rap Keras dan Lirik Lugas, Dari Chi City Hingga UK

  • By: NND
  • Rabu, 24 June 2020
  • 428 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Banyak menyumbang musisi berbakat dalam kancah musik hip-hop, Chicago memang dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki skena musik yang menarik. Di sirkuit rap, ia tidak ketinggalan dengan kota-kota besar lain macam Los Angeles dan New York. Butuh bukti? Kanye West, Chance the Rapper, Twista, Common--itulah beberapa nama yang muncul dari Chi City alias Chicago.

Namun di awal dekade 2010, Chicago tidak saja membanggakan beberapa rapper muda berbakat yang muncul dari balik gedung-gedungnya, ia juga hadir dengan sebuah subgenre baru. Pernah dengar istilah musik “drill”? Sebagai subgenre dari trap, ia menjadi jawaban Chicago atas musik yang lahir di Atlanta, Amerika itu. Musik drill awalnya diprakarsai oleh beberapa rapper muda seperti Chief Keef dan Young Chop. Sekarang, drill sudah cukup mendunia, tumbuh subur pula di benua seberang, tepatnya di Britania Raya.

Musik drill berasal dari bagian selatan kota Chicago. Konten lirik yang gelap, bertema kekerasan, tak jarang juga bernada nihilis--satukan semua itu lalu bungkus dalam beat berinjeksi trap, begitulah jadinya gambaran kasar musik drill. Perkembangannya hadir di tengah tahun 2012, digerakan oleh para pelopornya seperti Chief Keef, Young Chop, Lil Durk, Lil Reese, Fredo Santana dan lain sebagainya.

Musisi-musisi muda ini mulanya berhasil menjaring pengikut lokal, yang dari sana ikut membangun presence mereka di dunia maya. Datang bersamaan, adalah sorotan media dan kontrak-kontrak dari label besar. Alhasil? Drill pun turut mendunia. Kita diberikan gambaran jelas terkait crime life Chicago melalui karya-karya awal musik drill ketika melejit di awal dekade kemarin.

Membedah lebih dalam; drill memang dekat dengan kriminalitas. Selain itu, pemain-pemainnya mayoritas anak muda. Terlihat jelas bahwa subgenre ini merupakan sebuah produk budaya yang lahir dari situasi-situasi kekacauan di kota. Berbeda dengan hip-hop yang dikenal luas, penyampaian rima di musik drill tidak pakai basa-basi, liriknya terus terang tanpa metafora. Barangkali, musik drill menegaskan realita; dan karena realita yang ada dan dirasakan oleh para penggeraknya itu begitu keras, mereka enggan memoles parasnya.

Merujuk hal tersebut, mencoba merangkum drill dengan sekedar mengotaki jajakan musik dan palet lirik agaknya dapat membuat kita tersesat. Drill, sama seperti hip-hop pada umumnya, lahir dari sebuah budaya. At the end of the day, ketika hendak menakar karakter drill yang asli, ia merupakan akumulasi dari budaya kekerasan dan kriminalitas selatan Chicago. Di sanalah jiwa drill sesungguhnya berada, bukan sekedar lirik lugas dan banger beat 70-80 BPM.

Di lain sisi, apa yang mulanya merupakan jawaban dari Chi City atas musik trap Atlanta, dijawab pula oleh remaja-remaja Britania Raya, lebih tepatnya di ibukota Inggris, yakni London--South London. Dunia juga mengenal UK drill, yang memang terinspirasi dari musik asal Chicago ini, dengan tema lirik yang kurang lebih sama.

Pembedanya ialah UK drill mengambil inspirasi dari road rap, subgenre rap gangster ala British yang terkenal lebih dulu sebelum datangnya invasi musik drill dari Chicago. Perkembangan UK drill pun digiring ke arah yang berbeda. Sekarang, UK drill kerap memiliki elemen-elemen musik grime dan UK garage yang memang merupakan produk asli Britania Raya. Penasaran? Coba dalami karya-karya dari crew rap 67, adapula #87, Ghetto Boys (bukan trio Geto Boys asal Amerika), Silwood Nation, Block 6 dan lain sebagainya.

Debut dari Brian Imannuel alias Rich Brian, "Dat $tick", juga bernuansa drill lho.

Jadi, apakah kalian tertarik dengan subgenre ini? Apa pendapat kalian tentang musik drill dan perkembangnnya? Pantau terus SUPERMUSIC untuk artikel-artikel menarik lainnya tentang musik drill, trap, dan hip-hop.

0 COMMENTS