powfu death bed

Menilik Musik Powfu dan Popularitas Lagu Hitsnya, ‘death bed (coffee for your head)’

  • By: NND
  • Senin, 22 June 2020
  • 192 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Warga Tik-Tok tentu sudah pernah dengar lagu milik musisi muda Powfu bertitel “death bed (coffee for you head)” ft. Beabadoobee. Awalnya diunggah di Soundcloud, lagu simpel inipun menjadi hits di jagad aplikasi Tik-Tok; terutama berkat lirik, aransemen, dan sample yang manis.

Bernama asli Isaiah Faber, lagu yang tulang punggungnya berasal dari track “Coffee” milik Beabadoobee inipun bernasib sama dengan sejumlah lagu jebolan Tik-Tok lainnya. Ia mampu menjadi sensasi baru bdalam beberapa bulan terakhir ini, memanjat banyak tangga lagu global macam Billboard Hot 100.

Hasilnya juga cukup memuaskan, setidaknya bagi Powfu sendiri. Berkat populartias dari lagu hits-nya itu, sang musisi berhasil digaet kontrak oleh label rekaman kenamaan, Columbia Records. Rilisan teranyarnya, EP Poems of the Past, rilis pada tanggal 29 Mei 2020 silam via label tersebut--menjadi EP pertama dari total lima EP yang mengisi diskgrafinya.

Musik Powfu bermain dalam lapangan lo-fi hip-hop, dengan estetika dan karakter musik yang fokus mengupas nuansa “indie pop” diatas beats hip-hop generik. Rap game-nya pun simpel dan jujur, biasa dilepas di atas petikan gitar. Tidak spesial memang, namun itulah yang mungkin menjadi daya tarik seorang Powfu; musik yang jujur yang mampu berlaku baik bagi banyak telinga--relateable, warm, dan friendly.

Semua karakter itupun dapat dijumpai dalam lagu hits-nya, “death bed”. Sample lagu Beabadoobee tak banyak dirubah, hanya pitch control agar memberikan kesan yang lebih “sample”. Selebihnya, Powfu merapal rap-nya secara mellow, terkadang menyempatkan “bernaynyi” sembari rapping di atas aransemennya yang terdengar intim itu.

Selain karena musik yang ear friendly dan memiliki pesona arus utama, ia juga menjadi template di Tik-Tok. Meski sebelumnya sudah menjadi terkenal di jagad YouTube, barulah ketika diterima komunitas Tik-Tok lagu inipun memulai perjalannnya gelombang musik arus utama.

Meski begitu, YouTube menjadi titik awal karir seorang Powfu. Melansur Stereogum, sang musisi asal Kanada itu mengaku kerap terinspirasi dari berbagai channel lo-fi hip-hop, salah satunya adalah ChilledCow sebagai yang paling ternama, dengan siaran live non-stop “beats to relax/study to”-nya itu.

Tak hanya YouTube, ia juga aktif di kancah soundcloud, menambahkan daftar-daftar “soundcloud rapper” yang menjadi ladang subur bagi masa depan rap dalam satu dekade terakhir ini. Aksi-aksi baru seperti Lil Peed, XXXTentacion, hingga Juice WRLD; semua itu berawal dari Soundcloud. Kehadiran Powfu seakan kembali menggarisbawahi karakter musik Soundcloud rapper, seperti sesepuh-sesepuhnya yang sudah lebih dulu mendunia itu.

 

 

Singkat kata, resep yang sepadan dengan selera kontemporer hingga, musik yang simpel dan jujur, serta dorongan-dorongan aplikasi dan platform modern, menjadikan Powfu dan hits-nya, “death bed (coffee for your head)” sebagai sebuah sensasi baru yang “manis”. Bagaimana pendapat kalian tentang lagu tersbeut? Tulis di kolom komentar, di bawah ini!

0 COMMENTS