mad madmen

Petualangan Abstrak Mad Madmen dalam Lagu Baru, ‘B.K.B/Kalamazoo’


  • By: NND
  • Senin, 31 August 2020
  • 274 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Adalah Mad Madmen, trio asal Jakarta yang diisi oleh Kalam Mahardika (gitar, voc), Marvin Muhammad (bass, voc), dan Thareq Satria Lubuk (drum) yang kembali dengan single baru bertajuk “B.K.B/Kalamazoo”. Kali ini ketiganya merangkul Gracia Andrea (vokal latar) dalam penggarapan lagu barunya, yang direncakanan akan turut mengisi repertoar debut album mereka.

Lagu anyar ini sudah tersedia di kanal streaming musik sejak tanggal 28 Agustus 2020 kemarin, dengarkan di bawah ini:

Lagu ini menjadi karya pertama Mad Madmen yang tidak melibatkan Kalam dalam proses penulisan lirik. “Biasanya Marvin akan meminta pertimbangan terkait lirik lagu, namun pada saat lagu digarap, dia mengirimkan demo utuh, tak hanya instrumentasi saja, namun juga lengkap dengan lirik,” tutur Kalam.

“B.K.B/Kalamazoo” mengambil inspirasi dari grup King Crimson asal Inggris. Adapun skema lirik terbilang abstrak, dan penggunaan lirik “Bicker” pada bagian break yang memperkuat referensi King Crimson layaknya lagu “Elephant Talk” milik nama besar kancah prog-rock itu.

Ringkas kata, lagu ini dimaksudkan sebagai sebuah renungan atau kontemplasi diri. Meski lirik awal terkesan tidak masuk akal melalui skema penulisan rima abstrak “Bonnaroo-Kangaroo-Kalamazoo-Ballyhoo-Kalamazoo” yang menampilkan suasana kacau; tiba di chorus, lirik yang diangkat berisikan “saran dan dukungan terhadap orang yang mengalami masalah atau beban pikiran,” dilansir dari rilisan pers.

Rumusan loud-quiet-loud diterapkan dalam penggarapan aransemennya, meminjam dari grup alt-rock kenamaan Amerika, The Pixies. Transisi verse menujur chorus jadi sorotan, menampilkan perubahan mood yang menarik. “Time signature-nya tidak berubah, hanya saja tempo memang perlahan menjadi semakin pelan dari verse dan pre-chorus menuju chorus. Kemudian ada rehat sejenak lalu interlude singkat menandakan lagu kembali ke tempo awal,” papar Marvin yang menulis lagunya.

 

 

Terkait judul lagu, kata “B.K.B” sendiri diambil dari restoran bebek tempat mereka biasa berkumpul. “Ketika masih ada kegiatan atau acara musik, biasanya kami akan makan di cabang Fatmawati-nya setelah acara. Sampai-sampai ada candaan dari kami, bahwa tujuan Mad Madmen bermusik adalah untuk cukup tenar agar foto kami bisa dipajang di dinding restoran. Sebelum itu, kami belum boleh berhenti,” Ucap Thareq.

“B.K.B/Kalamazoo” direkam di ALS Studio dengan Refo Ramadhan sebagai operator studio. Adapun Harchuka Setiadi dari Great Wave Studios yang didapuk untuk mengerjakan proses mixing dan mastering-nya.

 
0 COMMENTS