manta vutura human

Human, Album Debut Mantra Vutura yang Kaya Sound

  • By: NND
  • Rabu, 11 December 2019
  • 1860 Views
  • 12 Likes
  • 11 Shares

Setelah sebelumnya berhasil merilis mini album/EP Solar Labyrinth di tahun 2017, duo elektronik Mantra Vutura baru-baru ini kembali ke radar di akhir 2019 ini. Jelas saja, mereka hadir menyajikan rilisan baru yang tedengar sekarang lebih matang. Pada 25 Oktober lalu, Tristan dan Zakari merilis album debut berjudul Human.

Sebagai sebuah album perdana, Human mengemas sederet kolaborasi. Kolaborasi-kolaborasi yang dilancarkan oleh Mantra Vutura inilah justru yang menjadi nilai plus dari keutuhan debut mereka.

Tak buang waktu-waktu untuk basa-basi, album ini langsung dibuka dengan beberapa amunisi andalan mereka. Contohnya adalah trek “Moonlight” yang menerima umpan vokal dari Bam Mastro (Elephant Kind). Nomor lain adalah lagu keenam di repertoar Human, “Biar”, yang dirancang dengan aransemen jazz kental bersama Danilla.

Kedua lagu itu, secara mendasar, mampu merepresentasikan kekuatan Human sebagai sebuah kesatuan karya yang bertema 7 Virtues (antithesis dari 7 Deadly Sins). Human menjadi sebuah ruang kolaborasi di mana semua yang terlibat bisa menang. Semua senang, jadinya.

Berkolaborasi di dalam konteks musik memang penuh resiko. Berkolaborasi dengan lima musisi? Lebih sulit lagi, dan risikonya pun lebih tinggi.

Namun, peluncuran Human bak sebuah taruhan yang berhasil dimenangkan. Referensi luas Tristan dan Zakaria menjadi resep “kemenangan” album Human, elemen yang mampu menarik garis tengah agar semua elemen sesuai porsinya sembari menjauh dari tendensi “membosankan.”   

Selain Danilla dan Bam Mastro, rekan satu label mereka, Luise Najib, seorang singer-songwriter baru asal kota Gudeg, juga dilibatkan dalam menyusun “In Your Eyes”. “Peace of Mind” yang duduk di urutan kedelapan, tampil dengan warna vokal Agatha Pricilla. Selain itu, vokalis Stars & Rabbit, Elda Suryani juga hadir mengisi vokal di “Bank of River.”

Intinya, album Human berhasil mendapuk ragam pendekatan di dalamnya, dan mampu menyalurkan “keriuhan” dengan tepat melalui kolaborasi bersama sederet musisi tamu. Di sisi lain, album ini juga menampilkan juga kobolehan Tristan dan Zakari sebagai duo yang menggarap musik dengan kecenderungan forward-thinking.

Dengarkan Human di bawah ini:

1 COMMENTS
  • cimoloriginal@gmail.com

    Sukses